Gconf-Cleaner=Pembersih Settingan Gconf di Ubuntu

Gconf-Cleaner adalah salah satu tools yang terdapat di Ubuntu Linux yang berfungsi untuk membersihkan settingan di Gconf-Editor yang sudah tak lagi berguna serta tak diperlukan lagi oleh sistem. Dengan menghapus settingan yang tak berguna tersebut akan menjadikan sistem menjadi ringan karena kontennya terpangkas serta menjadi bersih.

Untuk mengetahui mana settingan Gconf  yang tidak berguna maka kita bisa tahu dengan menggunakan tool ini, cukup dengan klik Forward pada aplikasi Gconf-cleanernya maka akan langsung tampak pada detailnya.

Untuk memiliki aplikasi ini cukup dengan mengetik command berikut serta Ubuntunya terkoneksi dengan internet

sudo apt-get install gconf-cleaner

lalu enter & jangan lupa is passwordnya.

Untuk membuka apliksi Gconf-editor ini kita bisa buka pada aplikasi>peralatan sistem>Gconf Cleaner. Untuk selanjutnya silahkan jelajahi sendiri yak ;) .

Akhir kata selamat mencoba serta terima kasih ;)

Membuat tampilan Ubuntu Lucid seperti Blankon Sajadah

Dapat informasi dari Om Dedy Hariyadi via Facebook tentang rilisnya Blankon Sajadah yang disertai dengan tangkapan layarnya membuat saya kesengsem. Dengan hanya melihat tangkapan layar Blankon Sajadah saat itu  saya ingin sekali memiliki tampilan seperti itu karena ada gambar mesjid pada wallpapernya. Selain itu Blankon edisi Sajadah ini juga memiliki tema yang kalem & elegan, pas banget deh dengan selera saya ;) .

Tampilan Ubuntu Sajadah saya ;)

 

Setelah mencari info ke sana & ke sini akhirnya saya baru nemu tentang cara membuat tampilan Ubuntu menjadi seperti Blankon Sajadah dari waroeng-ubuntu.blogspot.com. Dari cara yang dipaparkan oleh blog sahabat saya tersebut intinya yaitu kita menambahkan PPA yang dibuat oleh Damar Riyadi yang di dalamnya berisi tentang aplikasi Blankon Sajadah misalnya tema dari Blankn Ombilin, desktop contextual hingga zekr versi Indonesia. Oh iya, kelebihan desktop contextual pada Blankon edisi Sajadah ini yaitu tampilan wallpapernya berubah-ubah mengikuti jalanya waktu. Mudahnya yaitu pada waktu pagi tampilan wallpapernya berwarna hijau & bila malam akan berwarna gelap & ada bulan sabitnya. Keren pokoknya si Blankon ini ;) .

Untuk memasang tampilan Blankon Sajadah ke Ubuntu Lucid diperlukan juga memasang tema Blankon Ombilin serta gtk2-engines-equinox, untuk selengkapnya silahkan disimak

-pastikan Ubuntu anda terkoneksi dengan internet, jangan lupa buka terminal kesayangan anda. Kemudian kita pasang gtk2-engines-equinox yang telah tersedia di repositori & kita ketik command

sudo apt-get install gtk2-engines-equinox

lalu enter & isi passwordnya juga yah ;) .

-setelah gtk2-engines-equinox telah terinstall, dilanjutkan dengan menambahkan PPA Blankonize dengan mengetik command

sudo add-apt-repository  ppa:tldm217/blankonize

lalu enter  isi passwordnya. Tunggu proses penambahan PPAnya selesai.

-dilanjutkan dengan mengetik command berikut untuk memasang paket-paket Blankon Sajadahnya

sudo apt-get install blankon-contextual-desktop  londe-icon-theme  ombilin-theme  sajadah-contextual-desktop-theme  sajadah-hijau-icon-theme

lalu enter & isi passwordnya. Untuk melihat paket-paket yang akan kita pasang dengan rinci maka silahkan buka Synaptic. Setelah paket Blankon Sajadahnya berhasil dipasang maka kita reboot dulu karena menyesuaikan paket yang telah kita pasang tadi. Tampaklah desktop Blankon Sajadah di desktop Ubuntu kita, bila belum pas seperti iconnya atau desktop-contextualnya maka silahkan anda buka preferensi tampilan.

Adapun bila tampilan desktopnya tidak berubah-ubah maka kita update desktopnya dengan mengetik

blankon-contextual-desktop-update

Demikian langkah mudah mengubah Ubuntu Lucid menjadi Blankon Sajadah, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih pada waroeng-ubuntu serta Damar Riyadi atas sumbangsihnya :D .

Terima kasih .

Memasang Faenza Icon di Ubuntu Lucid

Lagi & lagi saya tak henti-hentinya mengupas tentang tampilan desktop Ubuntu karena memang itemnya sangat banyak serta bagus-bagus lagi ;) . Pada kali ini saya akan membahas tentang pemasangan Faena icon set yang telah tersedia di PPA, adapun saya memperoleh informasi tentang PPA Faenza ini dari omgubuntu.co.uk.

Faenza icon ini adalah set ikon yang tampilannya elegan & cool menurut penilaian saya sendiri. Meskipun masih banyak sekali icon untuk Ubuntu terutama untuk lingkungan GNOME yang berada di gnomelook-org, Faenza ini memiliki highest rated serta favorit banyak pengguna Ubuntu. Oleh karena itu saya pun penasaran seperti apa tampilannya & segera menginstallnya di Ubuntu Lucid saya bersanding dengan tema Macbuntu+Conky.

Untuk memasang Faenza icon via PPA ini juga mudah, karena kita tinggal memasang alamat PPA, mengupdate terus menginstallnya. Adapun untuk rincian langkah-langkahnya yaitu

-hubungkan Ubuntu anda dengan internet & buka terminal lalu ketik command

sudo add-apt-repository ppa:tiheum/equinox

lalu enter, isi password & enter lagi

-dilanjutkan dengan mengupdate paketnya dengan mengetik command

sudo apt-get update

-setelah Ubuntu kita telah terupdate, dilanjutkan dengan menginstallnya. Ketik command berikut lalu enter

sudo apt-get install faenza-icon-theme

kemudian enter. Tunggu sampai installasi selesai.

Bila proses installasi Faenza icon setnya telah rampun maka kita tinggal mengetesnya dengan mengganti icon set Ubuntu kita dengan Faenza icon set. Adapun cara mengganti iconnya menjadi icon Faenza yaitu

-klik kanan pada desktop lalu pilih Ubah latar belakang desktop/change desktop background. Muncul jendela preferensi penampilan, klik pada tab tema. Silahkan pilih pada tema yang anda sukai untuk bersanding dengan Faenza icon ini lalu klik atur/setting. Muncul jendela pengaturan tema, kemudian kita klik pada tab icon. Silahkan anda cari icon bernama Faenza atau Faenza dark, bila sudah lalu klik tutup/close. Perubahan icon di Ubuntu kita akan segera terjadi saat klik icon Faenzanya, silahkan anda nilai sendiri bagus atau tidak ;) .

Di Ubuntu Lucid saya, Faenza icon set ini saya pasangkan dengan tema Macbuntu+Conky. Sehingga akan  terwujud desktop yang minimalis serta yang penting nyaman di mata serta hati saya ;P . Demikianlan ulasan singkat tentang pemasangan Faenza icon set ini, meski memang mudah tapi saya tetap tulis sebagai pengingat karena saya memang agak pelupa orangnya hehehe. Selamat mencoba yak ;) .

Langkah mudah membuat Ubuntu Lucid menjadi seperti Windows 7

Final result Win2.7 Pack

Memiliki sistem operasi Ubuntu yang memiliki banyak tampilan yang indah & keren memang sangat menyenangkan. Apalagi bila kita memodifikasinya satu per satu bagian desktop sesuai keinginan, misalnya untuk iconnya pakai Faenza, tema memakai Ambiance & wallpapernya custom. Akan dihasilkan tampilan desktop yang berbeda dengan pengguna yang lain sehingga kita bisa membanggakan tampilan Ubuntu kita hehhe.

Sebelumnya saya membahas postingan ini ditujukan kepada pengguna yang tidak membenci sistem operasi dari Microsoft yaitu Windows dengan produk barunya yaitu Windows 7. Bagi teman-teman yang termasuk ke dalam jajaran pembenci Windows ini saya harap tidak usak mengikuti tulisan ini karena hanya akan menambah perasaan kebencian yang tiada gunanya.

Pada postingan kali ini saya akam membahas tentang memasang tema Win 2.7 Pack seri terbaru ke dalam Ubuntu Lucid. Seperti yang kita tahu bahwa tema Win 2.7 Pack ini adalah tema yang bisa membuat tampilan Ubuntu anda mirip atau bahkan persis dengan tampilannya Windows 7. Saya akui memang tampilan Windows 7 ini juga sangat manis & keren, oleh karena itu tak salah bila kita membuat salinannya ke Ubuntu kita tanpa membeli produknya ;) .

Untuk memasang tema ini sangat mudah karena di dalam tema tersebut tersedia script untuk menjalankan installasi via GUI secara otomatis. Adapun tema Win 2.7 pack ini bisa di unduh di http://gnome-look.org/content/show.php/Win2-7+Pack?content=113264&PHPSESSID=bbecb6eef9f08472b46e0bc33d7920bd , jangan lupa untuk mengekstrak filenya nanti. Setelah itu tinggal anda masuk ke dalam foldernya  klik 2 kali pada GUIInstall.sh lalu run in terminal. Proses akan berlanjut setelah itu mulai dari pengaturan model temanya, model startmenunya hingga prosesnya nanti selesai & dilanjutkan dengan log out. Saya akui prosesnya memang agak panjang & kompleks, tetapi nanti hasilnya juga memuaskan kok. Sengaja saya tidak memuat langkah-langkah pemasangan temanya karena selain panjang & saya ambil screenshotnya sekitar 17an gambar sehingga sangat merepotkan untuk di upload ;) . Selain itu proses penginstallannya ini juga mudah dipahami oleh pengguna pemula sekalipun karena itu tadi tampilan GUInya sehingga saya memutuskan untuk tidak memuat satu per satu langkah installnya.

Awal installasi isi passwordnya

Demikianlah review singkat tentang pemasangan Win 2.7 Pack untuk Ubuntu, semoga dapat memuaskan dahaga akan kegilaan akan tampilan kendati memakai tampilan sistem operasi Windows. Selamat mencoba yah teman-teman ;)

Memasang Plugins Compiz Unsupported di Ubuntu Lucid

Sebelumnya saya ingin mengatakan bahwa saya menulis postingan ini sebanyak 2 kali karena ada kesalahan saat menerbitkannya & tak sengaja semua tulisannya telah terhapus. Sungguh kecewa perasaan saya karena 1.5 jam menulis hilang begitu saja. Oleh karena itu saya tulis dari awal lagi  & semoga bermanfaat bagi teman-teman.

Memiliki sistem operasi Linux khususnya Ubuntu memang mengasyikan bila di dalamnya telah terintegrasi Compiz Fusion. Tampilan desktop tak lagi membosankan & terlihat lebih keren dengan menggunakan efek Compiz Fusion. Oleh karena itu Compiz Fusion seakan menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna Ubuntu.

Berbagai efek yang tersedia di repositori Ubuntu memang sudah banyak, tinggal kita install saja pluginsnya. Tetapi dari sekian banyak efek Compiz Fusion yang ada di repositori Ubuntu belum termuat plugins unsupported yang memiliki efek sangat bagus semacam efek hujan salju & efek cube atlantis. Efek yang saya sebutkan tadi memang tidak ada dalam repositori Ubuntu, tetapi jangan sedih karena kita masih bisa menambahkan plugins compiz unsupported tersebut di Ubuntu kita. Untuk menjalankan efek ini tentu saja sebelumnya komputer kita telah support Compiz Fusion, kalau tidak support maka anda belum beruntung hehehe ;D .

Compis-Fusion-Plugins-Unsupported

 

Untuk memasang plugins compiz unsupported ini kita memerlukan koneksi internet aktif serta sistem operasi Ubuntu dimana kali ini saya memakai Ubuntu Lucid.  Berikut langkah-langkahnya

- setelah dipastikan Ubuntu telah terkoneksi dengan internet dilanjutkan dengan membuka terminal & ketikan command berikut

sudo add-apt-repository ppa:compiz/ppa

lalu enter, isi password & enter lagi. Pastikan proses ini tak mengalami problem.

- setelah proses di atas telah selesai maka dilanjutkan dengan mengupdate paketnya dengan mengetik command

sudo apt-get update

- bila proses update paket telah selesai kemudian kita install plugins compiz unsupported dengan mengetik command di terminal

sudo apt-get install  compiz-fusion-plugins-unsupported

lalu enter & isi passwordnya. Proses installasi akan berjalan otomatis.

Setelah plugins tersebut telah terinstall kemudian kita buka Compiz Config Settings Manager, kemudian aktifkanlah efek Snow & Cube Atlantisnya. Silahkan anda tekan shortcutnya untuk melihat tampilannya. Apabila efek-efek tersebut berhasil dijalankan maka anda telah berhasil memakai plugins compiz unsupported ini.

Efek Cube Atlantis

 

Demikianlah tutorial singkat ini semoga dapat dipraktekan bagi teman-teman yang berminat hehe.

 

 

Menambahkan Repositori Sabily ke Ubuntu Lucid

Siapa yang tidak tahu distro Linux yang bernama Sabily?kalau belum tahu maka janganlah bersedih, mari kita sama-sama membahasnya di sini ;D . Adalah sebuah distro Linux yang diciptakan dari Ubuntu yang khusus untuk dipersembahkan kepada umat Islam di bumi ini. Dengan kerjasama antara pengembang yang juga seorang muslim telah melahirkan sebuah distribusi Linux yang di dalamnya berisi sejumlah aplikasi serta dengan tampilan bernuansa Islami. Adapun dulunya Sabily ini bernama Ubuntu ME(muslim edition) yang kemudian berevolusi menjadi Sabily karena ada persyaratan bahwa sebuah distribusi turunan tidak boleh mempunyai nama yang sama dengan induknya. Oleh karena itu finalnya bergantilah menjadi Sabily.

 

Tema Sabily di Ubuntu Lucid Ultimate saya

 

Distribusi Sabily ini memiliki catatan rilis yang hampir sama waktunya dengan rilisnya distribusi Ubuntu. Untuk rilis Sabily ini terakhir saat versi 10.04 yaitu Sabily Manarat, sedangkan  Sabily edisi 10.10 insya Alloh akan rilis pada 1 November 2010. Untuk mengetahui berbagai macam konten serta informasi tentang Sabily ini silahkan berkunjung ke http://www.sabily.org/website/ . Di web http://www.sabily.org/website/ tersedia beragam info mulai dari tangkapan layarnya hingga forumnya juga ada.

Pada postingan kali ini saya membahas tentang membuat distro Ubuntu biasa menjadi mirip seperti Sabily baik pada tampilan maupun aplikasinya. Kok tidak sekalian saja menggunakan Sabily agar gak usah ngoprek lagi? tentu saja ada alasan kita tetap memakai Ubuntu , mungkin karena kita sudah terlanjur menginstall Ubuntu di mesin kita atau kita tidak memiliki ISO Sabily untuk kita install. Adapun cara  untuk membuat Ubuntu menjadi seperti Sabily  yaitu dengan menambahkan repositori Sabily yang tersedia di PPA. Pada kali ini saya akan mempraktekan pada Ubuntu Ultimate Lucid kesayangan, berikut langkah yang saya tempuh

- awalnya kita koneksikan dulu Ubuntu kita dengan koneksi Internet, kemudian buka terminal favorit anda lalu ketik command

sudo add-apt-repository  ppa:sabily.team/ppa

kemudian enter, masukan password anda lalu enter lagi. Tunggu prosesnya & pastikan tiada problem

- kemudian dilanjutkan dengan mengupdate paketnya dengan mengetik command

sudo apt-proz update (bagi teman-teman yang tidak memakai apt-proz maka silahkan ganti apt-proz dengan apt-get atau apt-fast)

lalu enter, jangan lupa isi passwordnya. Terlihatlah proses update paket-paketnya di terminal.

- setelah update paket selesai maka kita buka Manager Paket Synaptic  untuk mengetahui berbagai macam aplikasinya. Jujur saja saya tidak hafal dengan aplikasinya yang banyak. Setelah jendela Synaptic terbuka kemudian klik pada bagian Asal (bahasa Inggrinya original kali), lalu cari pada PPA Sabilynya. Terlihatlah beragam aplikasi Sabily di bagian kanan Synaptic mulai dari theme, zekr hingga artworknya siap anda install di Ubuntu. Untuk memasangnya via Synaptic maka teman-teman tinggal beri tanda cek untuk pemasangan pada kotak kecillnya lalu terapkan(apply).

Demikianlah tulisan singkat ini telah selesai, semoga teman-teman berhasil bila mencoba langkah-langkah di atas. Terima kasih ;D .

Membuka Aplikasi dengan cepat & praktis =>GNOME-DO

Tinggal ketik nama aplikasi, GNOME DO yang mencarikan ;D

Bagi pengguna Ubuntu Linux yang bosan menggunakan mouse untuk membuka aplikasi seperti saya maka sangat pantas untuk mencoba aplikasi GNOME-DO ini. Sebuah tools yang sangat fungsional karena perannya untuk menggantikan mouse saat kita hendak membuka suatu aplikasi yang mesti klik sana & sini. Dengan menggunakan GNOME-DO maka kita akan dimanjakan dengan kemudahannya yaitu kita tinggal menekan tombol Super(windows logo)+space  mengetik nama aplikasi yang kita inginkan. Semudah itu kah? tentu saja tidak, untuk menggunakan aplikasi ini kita perlu memasangnya terlebih dulu. Lalu bagaimana cara menginstallnya & bagaimana cara menggunakannya silahkan baca tutorial di bawah ini

-pastikan anda memakai Ubuntu Linux & memiliki koneksi internet aktif. Kemudian buka terminal & ketik command

sudo apt-get install gnome-do

jangan lupa untuk mengisi passwordnya, lalu tunggu sampai proses installasi selesai.

Untuk membuka aplikasi GNOME-DO ini kita pada aplikasi>aksesoris>GNOME DO, muncul gambar GNOME DO di tengah-tengah desktop. Untuk masuk ke setting GNOME-DO maka klik pada anak panahnya & klik preferensi. Di jendela Preferensi GNOME DO inilah kita bisa mengatur agar GNOME DO dapat auto start serta memilih tema yang diinginkan. Sengaja saya tidak tulis secara rinci tentang penyettingannya karena panjang bener deh kalau ditulis :D . Oh iya jangan lupa, shortcutnya pakek tombol super+space lho .

Demikian tulisan gak penting ini telah selesai, semoga menjadikan Ubuntu semakin lekat di hati ;) .