Siapa yang tak tahu Kubuntu? Keluarga Ubuntu ini terkenal dengan desktop environmentnya yang indah menurut saya yaitu KDE. Denger-denger dari temen, kalau KDE ini agak berat di PC, malah setahu saya KDE tuh ringan. Daripada penasaran, saya cobain aja install Kubuntu 9.04 gratis dari Shipit ntu di PC desktop saya.

Setelah selesai proses install yang sama halnya pada Ubuntu, muncul desktopnya yang bagus banget, indah berwarna biru. Dengan adanya widget, tidak usah pasang Screenlets lagi kayak di Ubuntu, ada Folder view yang transparan, pokoknya mantep. Sebelum Kubuntu, saya pernah lama memakai distro PCLinuxOS. Satu2nya distro yang saya coba langsung mengenali PC desktop saya dengan sangat bagus.

Pada waktu itu saya pakai PCLinuxOS 2009.1 yang masih setia dengan KDE 3.5nya itu. Sudah indah, ditambah dengan fitur yang lengkap misalnya codec yang telah terinstal, compiz fusion yang langsung bisa jalan kalau sudah mengaktifkan efek 3D dan aplikasi software yang seabrek jumlahnya. Kekurangannya pada waktu itu juga yang saya alami pada distro Kubuntu yaitu timbul bunyi frekuensi tinggi yang sumbernya dari VGAcard saya yang speknya yaitu ATIRadeon 256 Mb yang dulu beli seharga Rp. 275.000,00 serta kipas VGAcard yang berputar sangat kencang. Saat mencoba PCLinuxOS,saya memakai PC saya terkena musibah yaitu mati total Motherboardnya dikarenakan matinya listrik PLN.

Daripada saya berdukacita terus menerus, saya pakai aja PC yang satunya lagi punya kakak saya. Saya suntik tuh Hardisk dengan Ubuntu dan Kubuntu 9.04. Adapun spek PC pengganti yang sekarang saya pakai yaitu AMD Sempron 2800 1,6Ghz+DDR2Elixir 512Mb+VGAcard ATIRADEON 256Mb+HD 80Gb+Monitor BENQ 17″ serta Mouse dan Keyboard standart

Masalah Kubuntu 9.04 yang saya coba persis seperti saat memakai PCLinuxOS2009.1 yaitu VGAcard yang berisik banget yang bisa membuat kuping budek. Bukan cuma saya saja yang mendengar, tetapi kakak saya juga dengar bunyi tersebut.

Sebenarnya menyesal juga menghapus Kubuntu karena kecintaan saya pada KDE, tapi daripada kuping saya budek, VGACard rusak karena kerjanya berat ditambah menginstall PCLinuxOS yang gagal karena StartUdevnya lamaaaaa banget maka dengan semangat 87 diputuskan meminang Ubuntu 9.04 dengan cd dari Shipit🙂 tunai!

4 pemikiran pada “Alasan tidak menggunakan Kubuntu 9.04/9.10

Tinggalkan Balasan

