Pernahkah anda mengalami Booting PCLinuxOS 2009.1 KDE yang sangat lama ?Bila iya, maka anda senasib dengan saya karena pernah mengalami hal semacam ini yaitu PCLinuxOS 2009.1 KDE tidak bisa boot ketika hendak dijalankan Live CD/hendak menginstall. Saat proses booting berlangsung, terlihat pada Bar Booting yang berada di bagian kiri bawah atau tekan Esc untuk Verbose mode/text mode pada bagian setelah scan VGA yaitu Start UDev tidak jalan. Proses bootingnya berhenti pada bagian tersebut sehingga mau tak mau kita harus merestartnya. Adapun sebab berhentinya StartUdev belum saya ketahui sampai sekarang🙂.
Karena penasaran banget, saya pun coba live cd lewat Virtual Box di Ubuntu 9.04. Dan hasilnya proses booting berjalan dengan lancar tanpa kurang apapun dilihat dengan Verbose Mode. Aneh bin ajaib, itulah kesan saya saat itu. Apanya yang kurang y? perasaan saya sudah mencolokkan jack listrik pada stop kontak dengan baik, sudah mandi 3 kali sehari, dan rajin ke warnet waktu itu.
Dengan semangat 87 lagi,saya pun mencoba lagi dengan prinsip trial & error. Saya mencoba satu persatu menu pada tampilan boot dari modexvesa, console mode dsb. Alhamdulillah, setelah mencoba satu persatu dan berulang kali merestart PC, booting lancar setelah memilih opsi Safeboot. Pilih Safeboot kemudian Enter dan tekan Esc untuk Verbose mode, terlihat proses StartUdev berjalan,Cihuyyyy dan sukses masuk jendela login menyusul tampilan Desktop PCLinuxOS dan menginstalnya. Tanpa disadari semudah itu solusinya walaupun sebelumnya pusing2 dahulu hehehehe🙂. Semoga bermanfaat dan gali terus kretifitasmu yang tiada batas!:-)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s