Acara rapat yang baru aja usai di kediaman Pak Ari, meninggalkan banyak kisah yang diutarakan oleh member Forum Linux Kebumen ( FoLK ). Adapun FoLK yaitu wadah berkumpulnya pecinta Open Source Software di kota Kebumen sehingga bisa saling Sharing dan menandai tumbuhnya laju pemakai Software yang bebas dan terbuka. Tentang rapat pembentukan FoLK sendiri akan saya ceritakan pada post berikutnya, jadi keep stay tune!

Mereka yang berkumpul adalah Pak Ari ( Ubuntu User kalau tidak salah ) selaku tuan rumah, Anggy Mendadak Dangdut ( Ubuntu 9.10 User, Fajar @Neary ( Mandriva User ) dan saya sendiri ( Ubuntu 9.04 User ). Rapat yang diadakan untuk membuat perkumpulan Open Source software serta persiapan untuk membuat Rilis Party Karmic Koala, Mandriva dan OpenSUSE pada tanggal 15 November besok.

Setelah inti acara rapat selesai, dilanjutkan dengan Sharing tentang Open Source Sofware oleh masing-masing peserta rapat. Topik yang dibahas bermacam-macam yang salah satunya yaitu menyinggung tentang Open Solaris. Saya pun tertarik untuk menyimaknya karena posisi saya di rapat ini adalah sebagai pendengar. Yang saya tangkap dari Sharing tsb adalah Open Solaris adalah Sistem Operasi yang handal juga untuk server, mendengar kata server pastilah berhubungan dengan jaringan, security yang ketat serta CLI ntu. Ditambah pula Open Solaris ini juga menyediakan Free CD bagi yang meminta seperti halnya Shipit Ubuntu. Mendengar perkataan teman saya itu pun membuat saya menjadi penasaran untuk melihatnya.

Langsung saja, dengan Google Chrome saya mencari info tentang Open Solaris. Lewat Google dengan mengetik Open Solaris, Enter dan klik link pertama yang membawa saya ke http://hub.opensolaris.org/bin/view/Main/. Muncul webpage yang bersih karena berwarna putih🙂. Setelah melihat-lihat sebentar, dilanjutkan dengan klik link Free CD🙂 untuk mencoba Request Free CD🙂, dan klik lagi Request Free CD. Terdapat kotak dialog untuk log in terlebih dulu, jelas-jelas saya belum punya akun di situ dan saya buat juga deh akun di Open Solaris ntu. Setelah memenuhu persyaratan yang ada kemudian klik Submit dan cek Email saya di Yahoo untuk verifikasi akun saya tersebut. Alhamdulillah selesai juga dan tinggal menunggu kiriman paket CD Open Solaris dari luar negeri🙂.

Tinggalkan Balasan

