Siapa yang tidak menginginkan desktop yang indah, tiap hari ganti themes sesuka hati ditambah dengan Desktop Effects ?  Siapa yang tidak bosan yang hanya melihat desktop yang itu itu saja ?Hanya di Linux lah kita bisa berbuat brutal pada desktop kita hihihihi🙂. Bila kita ingin memiliki desktop yang indah maka kita bisa memulai dari mengganti Themes, Icons, Window Border dan sebagainya.

Pada kali ini saya melakukan praktek pada Ubuntu Karmic Koala saya. Pertama kali saya memodifikasi pada bagian window border. Window border, apaan tuh? Window border secara mudahnya yaitu bingkai pada window/jendela aplikasi. Nih contohnya, kelihatan bordernya yang berwarna hitam transparan.

border


To the point. Pada Ubuntu Karmic Koala secara default sudah terinstall pengubah theme/window border yaitu GTK. Cara yang saya tempuh kali ini menggunakan Emerald. Emerald adalah salah aplikasi pengganti window border yang terkenal pada desktop KDE. Darimana saya tahu dari KDE? saya pernah memakai PCLinuxOS yang terinstall di dalamnya. Caranya sangat mudah tinggal klik window border yang diidamkan & langsung ganti tuh bordernya.

Okey, pertama kali kita harus menginstall Emerald dulu. Bisa dengan cara sudo apt-get install emerald atau lewat Ubuntu Software Centre dan cari yang namanya Emerald Theme Manager. Pilih install, ketik password & pilih authentic untuk menginstallnya. Setelah terinstall Emerald, kita perlu mengganti Window Decoratornya dari GTK ke Emerald. Caranya adalah dengan klik Fusion Icon. Setelah muncul applet compiz,  klik kanan, cari tab select window decorator & pilih Emerald. Bila belum menginstall  Fusion Icon maka perlu menginstalnya dulu dengan cara sudo apt-get install fusion-icon atau lewat Ubuntu Software Center & cari Compiz Fuson Icon.

Selanjutnya kita bisa mencari Mbak Emerald di System>Preferences>Emerald & muncul window Emerald.Nih picnya!.
emerald
Terlihat menu yang mudah dipahami, bila ingin menambah koleksi windownya pilih Import. Ingin setting themesnya di Edit Themes,pokoknya mudah. Ingin ganti window decorator tinggal klik theme yang disukai & tralaalala langsung berubah🙂 .

4 pemikiran pada “Mengganti window border dengan Emerald

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s