Wokey, setelah berhasil dengan sukses menginstall Karmic, next step yaitu mengaktifkan koneksi internet yang saya miliki. Berbekal ilmu dari Ubuntu Jaunty, saya langsung menuju Network Connection untuk mengedit DSL. Dari awal memang sudah terhubung ethOnya, tetapi saya belum mudeng menyetting DNS, Submask & Gateway. Saya memilih cara lain yaitu melalui DSL, tinggal add & mengisi user name serta password maka jadi kalau di Jaunty.
Kenyataanya, setelah memastikan user name & password berkali2 tetap not offline bila di klik DSLnya. Sayapun mencari tahu tentang koneksi Speedy di Ubuntu Karmic & memang kasus serupa terjadi pada Karmic User yang lain. Malah sudah ada yang melaporkannya pada launchpad agar bug ini dapat dipecahkan. Baru tahu saya bahwa kegagalan koneksi Speedy adalah bugnya Ubuntu Karmic.

Tak mau lama2 termenung, saya berinisiatif memakai cara terakhir yang sangat ampuh🙂 , kay dukun aja ya? Ya, ini juga saya terapkan di Ubuntu Jaunty juga karena kalau melalui DSL, setiap menghidupkan PC selalu mengkliknya. Tentu saja hal itu merepotkan sekali. Setelah googling sesaat, barulah saya mengetahui solusinya. Kalau tak salah ingat saat itu saya membaca blognya Pak Rustamhaji. Thanz buat beliau🙂 . Adapun caranya yaitu lewat PPPOECONF. Detilnya saya tidak tahu, yang penting konek saja  :) .

Berikut langkah2nya.  Buka terminal Ubuntu Karmic & masuk sebagai Root. Bila sudah, langsung saja ketik ppoeconf & Enter. Muncul tampilan ppoeconf seperti pada gambar..

dsl1Terlihat ada 2 device ethernet yaitu ethO yang sudah aktif & vboxnetO. Karena device ethernet sudah dikenali maka kita pilih Yes & Enter. Selanjutnya proses pengumpulan data ethO  berlangsung otomatis.

Setelah itu muncul kotak dialog bila konfigurasi /etc/ppp/peers/dsl-provider akan di edit, maka kita membuat back up filenya. Kalau saya sih tidak membuat back upnya karena saya buru2 jadi langsung Enter hehe🙂. Bila telah selesai terus Enter. Berikut picnya

dsl2Selanjutnya muncul Popular Options yang intinya apakah Ubuntu Karmic akan mengkonfigurasi file & mengubah setingannya dengan tepat sesuai izin anda tentunya. Berikut picnya

dsl3Muncul lagi dialog yang bertujuan agar kita mengisi user name Speedy kita. Perlu diingat jangan samapi lupa sehuruf pun. User name itu diakhiri dengan @telkom.net karena pernah kejadian saya berkali2 setting karena gagal trus. Setelah googling baru tau kalau ada tambahan @telkom.net xixixixi. Ketahuan bodohnya ney🙂 . Setelah itu press Enter & ini picnya

dsl4Setelah Enter muncul dialog yang intinya agar kita mengisi password Speedy yang telah diberi oleh Telkom. Jangan kaget bila tidak muncul tanda bintang *. Setelah itu Enter & berikut picnyadsl5Okey, selanjutnya terdapat dialog yang intinya terdapat rekomendasi untuk memilih alamat provider secara otomatis yang dilakukan oleh Ubuntu Karmic. Sesuai rekomendasi kita tekan Enter & untuk langkah selanjutnya tinggal yes aja lalu Enter

Untuk langkah berikutnya tinggal klik OK atau yes hingga selesai.

Tinggalkan Balasan

