Sekitar Pukul 14.00 siang, teman SMA datang ke rumah untuk menginjeksikan Linux ke Laptop Acer Aspire 5315 miliknya. Teman saya pengen install Linux setelah saya berulang kali menawarkan untuk menginstallkan pada Laptopnya. Berikut picnya.

Selesai install Linux Mint

Adapun spesifikasi Laptop temen saya yaitu Intel Celeron 2.13 Ghz, 512 Mb RAM, 120 Gb HD, LAN/Wifi/Webcam/Modem serta 15″ WXGA. Setelah teman saya memberi mandat untuk menyuntik Laptopnya dengan obat Linux, saya mulai bingung untuk memilih distro yang cocok untuknya. Bagi pemula seperti teman saya sebaiknya diberi distro yang mudah pemakaiannya & lengkap aplikasinya. Ditambah juga dengan koneksi internet saya yang lambat meskipun untuk single komputer. Setelah lama menimbang akhirnya saya memilih Linux Mint sebagai obatnya. Mengapa saya tidak memilih menggunakan Ubuntu saja??, saya tidak menggunakan Ubuntu karena mengingat keterbatasan internet saya serta waktu yang lama karena kita install banyak aplikasi. Sedangkan saya memilih Linux Mint karena aplikasinya yang lengkap & siap pakai dari aplikasi Office, Grafis & Multimedia. Dengan memakai Linux Mint edisi Gloria, saya lebih banyak menghemat waktu karena dengan tersedianya aplikasi siap pakai sehingga saya bisa memberikan penjelasan pada teman saya.

Cara installnya pun mudah seperti umumnya install Ubuntu dengan partisi yang berdampingan dengan OS Windows yaitu 90 Gb untuk Windows & 30 Gb untuk Linux Mint. Untuk Linux Mint sendiri partisinya saya atur 28 Gb untuk / & sisanya untuk swap. Dari proses masuk BIOS, meresize partisi Windows, Install Linux Mint sampai akhirnya restart setelah selesai proses install maka berhasillah kami memasukan Linux Mint ke dalam sangkarnya. Setelah itupun saya mengecek seluruh bagian-bagian tubuh Mint & kekurangannya hanyalah pada Compiz Fusionnya. Dengan VGA Intel 965 yang di black list oleh Compiz ternyata saya tidak bisa mengaktifkan desktop ekstra di Appearence. Kebetulan juga karena hari juga sudah sore saya pun menyudahi oprek desktopnya, mungkin bisa lain kali. Tanggapan saya terhadap Acer Aspire 5315 ini adalah Laptop yang bagus & mempunyai monitor yang luas yaitu 15″ serta Linux Mint yang sangat memudahkan pemakai Linux pemula.

Zoom

Tinggalkan Balasan

