Toshiba Tecra M1+Ubuntu Jaunty Jackalope

Dengan semangat yang membara menjelang pergantian tahun, pada posting kali ini saya akan berkisah tentang perjuangan menyuntik Linux ke dalam Laptop Toshiba Tecra M1 1600. Adapun tempat kejadian ada di kediaman rumah saya sekitar seminggu yang lalu kalau tidak salah ingat😀 . Spek Toshiba Tecra M1 nya yaitu 40 GB harddisk, 512 MB RAM, Prosesor Intel Centrino 1,6 Mhz, CDROM, LAN/Wifi & 15″ monitor.Bermula dari masalah teman saya yang baru saja memasang koneksi Internet Speedy pada Laptopnya. Tapi entah kenapa koneksinya pelan banget larinya. Teman saya sendiri memakai sistem operasi Windows & sudah dua kali memanggil teknisi Telkom untuk mengatasi problem tersebut. Setelah memanggil teknisi untuk kedua kalinya, koneksi teman saya itu tetap saja pelan bila melakukan browsing internet. Saat saya cek di rumahnya dengan menggunakan live cd Ubuntu Karmic Koala koneksi Speedy bisa terjalin & loadingnya pun cepat. Berbeda dengan pernyataan teman saya bila memakai Windows yang katanya loadingnya lama bener. Untuk penyakitnya sudah terdeteksi & itulah cerita pada awalnya.

Resolusi Layar mentok 800X600

Karena saya memakai Ubuntu untuk melakukan kegiatan Internet sehari-hari, maka saya pun menawarkan untuk menyuntikkan Ubuntu ke dalam Laptop Tecranya. Karena kita sama-sama memakai Speedy maka setingannya pun tak berbeda kecuali pada user name & password Speedynya😀 . Adapun saya memang tak mahir menggunakan Windows sehingga saya langsung menawari memakai Ubuntu langsung utnuk mengatasi masalah Internetnya. Singkat cerita Laptop Tecra teman, langsung saya bawa pulang untuk operasi lanjut. Dengan berbekal CD Ubuntu Jaunty & Karmic serta koneksi Internet saya, operasi pun terjadi. Dengan harddisk sebesar 40 GB yang telah berisi Windows, saya cek lewat jendela Nautilus bahwa sisa space harddisk pada partisi C tinggal 5 GB & space 4 GB di partisi D. Melihat fakta tersebut saya pun berpikir bagaimana install Ubuntu dengan space yang sangat mepet. Akhirnya dengan keputusan yang pelik akhirnya saya install Ubuntu Jaunty di partisi D dengan menggunakan Wubi sehingga 4 GB space harddisk sudah memuat / & swapnya. Saya tidak menggunakan Karmic Koala karena saat saya koneksikan ke Speedy melalui pppoeconf hanya sukses saat setting pertama. Untuk koneksi Internet setelah Laptop di restart gagal & terjadi berulang kali. Saya juga mencoba menggunakan Linux Mint, tetapi pada proses bootingnya sangat lama & diputuskan untuk memakai Ubuntu Jaunty.Akhirnya  Saat Install Ubuntu Jaunty pun telah selesai & saya mendapati bahwa resolusi layar hanya 800X600! Saya pun mencari tipe VGAnya dengan lspci & terlihat bahwa VGA ini sangat asing bagi saya yaitu Trident Microsystem .

Hasil LSPCI, VGAnya Trident Microsystem

Oke, setelah mendapati resolusi layar yang tidak sempurna, maka saya pun berpikir untuk menghubungkan dulu Laptop ini ke Internet. Saya pun memakai cara yang mudah yaitu lewat setting DSL. Tinggal buat DSL baru, ketik user name & passwordnya maka Alhamdulillah Laptop ini berhasil terbang ke dunia maya. Saya pun mencoba untuk online dengan membuka situs Plurk & Facebook. Kesimpulannya untuk problem koneksi Internet di rumah saya terselesaikan. Selanjutnya untuk masalah resolusi layar yang tak sempurna saya itu sudah berGoogle ria sampai dini hari & belum mendapati solusinya. Pada esok paginya saya mengembalikan Laptop Tecra pada teman saya masih dengan resolusi yang tak penuh berhubung Laptopnya mau dipakai segera untuk online. Saya pun setting Laptopnya sebentar di rumah teman saya agar terkoneksi & Alhamdulillah lancar jaya. Untuk problem VGA saya sudah menemukan solusi untuk mengatasi VGA Trident namun belum saya praktekkan karena Laptopnya sedang dipakai oleh teman saya. Untuk solusi VGA Trident bisa klik di sini.

Tinggalkan Balasan

