Postingan kali ini saya tujukan pada pemakai Ubuntu yang belum mempunyai koneksi aktif di Komputer mereka. Tak heran bila kita ingin menambah suatu aplikasi Ubuntu maka kita mendownload dulu paket-paketnya di Internet. Beruntuntunglah bila anda memiliki koneksi Internet baik lewat sambungan kabel telepon, mobile broadband atau dari Wifi free maka anda dapat dengan mudah menginstall aplikasi. Lalu bagaimana dengan pemakai Ubuntu yang belum memiliki sarana Internet seperti itu. Hal itu pun pernah saya alami sebelum memakai koneksi Internet Speedy. Sangatlah sulit pada waktu itu bila kita ingin manambah aplikasi dengan keterbatasan Internet. Memang bila anda ingin menginstall aplikasi bisa melalui beberapa cara yaitu :

1. Membeli DVD Repository di toko online, disalin ke harddisk & membuat repo lokal

DVD Repository Ubuntu dari Juraganlinux.net

2. Mendownload paket-paket aplikasi yang dibutuhkan melalui APT-WEB

Kali ini saya akan menjelaskan langkah yang kedua yaitu melalui APT-WEB. APT-WEB ini mempunyai kelebihan yaitu kita mendowload paket yang hanya kita butuhkan. Misalnya kita ingin menginstall aplikasi Inkscape, paket yang dibutuhkan yaitu libmagic & inkscape. Maka kita tinggal mendownload paket tersebut yang besarnya hanya beberapa Kb saja. Menurut saya hal ini sangat menguntungkan karena kita hanya mendownload paket yang kita perlukan & hemat pengeluaran. Paket tersebut bisa anda download melalui APT-WEB, baik melalui warnet atau koneksi kantor. Kerugian menggunakan APT-WEB ini misalnya banyaknya paket yang akan kita download. Misalnya kita ingin install aplikasi Zekr, maka akan terlihat jumlah paket yang banyak sekali. Kelemahan menggunakan APT-WEB yang lain yaitu bila ada salah satu paket yang rusak maka otomatis paket yang lain gagal untuk diinstall. Hal ini terjadi karena setiap paket membutuhkan paket yang lain untuk proses instalasi nantinya. Kelemahan berikutnya yaitu bila kita install banyak aplikasi yang banyak maka menambah biaya pengeluaran karena proses download tersebut. Tapi pengeluaran ini dapat ditutup dengan cepatnya koneksi warnet/kantor anda. Berikut langkah-langkah menggunakan APT-WEB

1. Kali ini kita akan memakai APT-WEB karya Om Fajran yaitu di http://apt-web.dahsy.at/. Klik link tersebut untuk masuk ke halaman webnya menggunakan web browser apa saja.

APT-WEB Om Fajran

2. Setelah keluar halamannya maka anda akan dihamparkan pada tulisan “Which files should  I download?”, Base Distribution, Mirror, Package & Submit.

Base Distribution: basis distribusi Ubuntu yang kita gunakan misalnya kita memakai Ubuntu Karmic Koala

Mirror: yaitu server pusat tempat kita akan mengunduh paket-paket Ubuntu Karmic Koala, misalnya kita menggunakan Kambing UI sebagai mirrornya

Package:nama aplikasi yang akan kita unduh paketnya, misalnya kita mengunduh Inkscape

Setelah selesai mengisi dropdwon & kotak dialog di APT-WEB tinggal kita submit lalu akan muncul alamat URLs paket tersebut.

URL paket-paket Inkscape

3. Untuk mengunduh paket Inkscape tersebut bisa dengan klik kanan lalu pilih save link as atau langsung saja klik URLs tersebut & otomatis akan terunduh.

4. Setelah proses unduh Inkscape selesai maka kita tinggal install paket tersebut dengan klik 2 kali pada masing-masing paket & muncul Gdebi package installer.Klik install package lalu isi password lalu install ke 2 paket tersebut. Dan hasilnya Inkscape berhasil diinstall di komputer kita.

Langkah ini juga berlaku untuk install aplikasi yang lain, berlaku untuk Ubuntu Dapper Drake(6.06) sampai Ubuntu Karmic Koala(9.10) & berlaku untuk mirror di negeri Indonesia. Sebelumnya kita juga patut berterima kasih pada Om Fajran yang telah membuat APT-WEB tersebut, berikut web pagenya.

3 pemikiran pada “Menginstall aplikasi Ubuntu menggunakan APT-WEB

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s