Ceritanya bermula saat teman saya membeli modem CDMA yaitu Venus VT12 dengan kartu Flexi. Setelah teman saya mencobanya di PC dengan sistem operasi Windows katanya koneksinya lambat. Teman saya pun tertarik untuk memakai Linux, mungkin agar koneksinya bisa lebih cepat lagi. Tentu saja saya menyanggupi permintaan teman saya tersebut. Tepat setelah ba’da Isya tadi saya telah dijemput & saya menyiapkan cd Linux Mint Gloria serta Flash Disk yang berisi settingan wvdial Venus VT12. Tak lama saya pun menyuntikan Linux Mint ke dalam PC berspek Intel Centrino 1.8 Ghz serta 1 Gb RAM. Dengan space harddisk yang disediakan oleh teman saya yaitu 10 Gb, saya  mengambil 8,5 Gb untuk root serta sisanya untuk swap. Langkah installnya pun mudah sampai akhir & semuanya berjalan sempurna. Tugas pertama berhasil dilaksanakan.

Modem CDMA Venus VT12

Melanjutkan tugas berikutnya yaitu menghubungkan PC ke Internet menggunakan modem CDMA Venus VT12 dengan kartu Flexi. Rencana saya yaitu menggunakan settingan wvdial yang telah ada panduannya dari Pak Ari. Karena ada info dari teman saya bahwa di Linux Mint Gloria tidak terinstall wvdial, saya pun mendownload paket-paketnya dari APT-WEB nya Om Fajran dengan basis Ubuntu Jaunty & sukses terinstall di PC teman saya. Setelah berhasil install wvdial, selanjutnya mengedit wvdial dengan cara sudo gedit /etc/wvdial.conf di terminal. Lalu saya edit dengan settingannya Pak Ari yaitu

[Dialer flexi]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = AT+CRM=1
Modem Type = Analog Modem
Boud = 230400
Modem = /dev/ttyUSB0
ISDN =0
Dial Command = ATDT
Phone = #777
Username = xxxxxxxx@free
Password = telkom

lalu saya simpan & close.

Langkah berikutnya yaitu test settingan wvdial tadi dengan cara ketik #sudo wvdial flexi . Hasilnya sesuai dengan panduannya & terkoneksi ke Internet. Namun ada yang mengganjal di pikiran saya yaitu koneksi Flexi kok lelet banget dibandingkan dengan koneksi Flexinya Pak Ari dengan modem yang sama. Saya pun bertanya kepada teman saya tentang Flexinya & dia menjawab bahwa dia mengambil paket yang Rp. 15.000,- per minggu. Saya bandingkan dengan paket yang diambil oleh Pak Ari yaitu Rp. 50.000,- per bulan, saya pun bertanya-tanya apakah hal ini berpengaruh terhadap kecepatannya??. Selanjutnya saya pun berpikir apakah ada kesalahan  dalam settingan wvdialnya?? apabila terjadi kesalahan pada wvdialnya pastilah tidak dapat terkoneksi ke Internet setelah sudo wvdial flexi di Terminal. Untuk sementara saya anjurkan teman saya untuk memakai Linux Mint dengan koneksi seadanya itu sambil saya cari tahu info tentang settingan ini.

Hasil wvdial

19 pemikiran pada “Install Linux Mint Gloria & setting modem Venus CDMA VT12 di PC teman

  1. Agak panjang juga ya…

    Kalau saya di OpenSuSE pakai modem Pantech PX-500 dengan MOBI unlimited, langsung jalan tanpa ngutak-atik apa pun lagi. Untungnya sih bisa jalan terus🙂

    1. beneran tuh gak modif apapun??langsung terkoneksi Internet saat modem dicolokan. Kalau di Linux Mint ini saya memakai cara wvdial yang praktis saat menghubungkan dengan Internet. Hanya saja caranya yang sedikit ribet. Tapi jadi tambah pengalaman lho😀 . Terima kasih atas infonya ya!

      1. VT12 dah terpasang dan jalan, sekarang tinggal Lifeview TV Tuner nya masih bisu klo gambarnya dah bagus ……

  2. great tutor sobat…..tapi ada yg tau configure modem VT80n ga’? aku pake debian lenny…1 s/d 3 detik pertama detect.. abis tu nga lagi.. ada solusi ga ya?
    thankyou.

  3. klu pakai linux pclinuxos 2010 dgn menggunakan flexi dan hp modem cdma nokia 2280 gmn ya….sy dah cb menggunakan smart d1200p jg gak bisa konek keterangan modem modem not responding trs…caranya gmn ya???

  4. vt 18 itu plug n play alias tinggal colok drivernya jln sendiri dan kecepatannya 3.2 Mb/s, ane punya vt 21 cuma 230.4 Kbps, skrg lgi coba vt 80n anehnya kalo dikomputer bisa tapi kalo dicolokin ke laptop acer nggak kebaca …gimana ya…?

Tinggalkan Balasan

