Masih ingat postingan saya tentang Install Linux Mint di Toshiba Tecra ber VGA Trident?? Meskipun sampai saat ini saya belum mempraktekan langkah-langkah ini pada Tecra teman saya karena sedang dipakai, ada baiknya saya mencatat langkah-langkahnya agar saya mudah mencari artikel ini bila suatu saat terdapat kasus serupa. Adapun artikel ini saya menyalin dari web http://samarinda.linux.or.id/berita/?q=node/90. Berikut solusinya

vga aku pas ta lspci di terminal nampak

01:00.0 VGA compatible controller: Trident Microsystems CyberBlade XP4m32 (rev 91)

dengan informasi vga yang aku milikin aku kebut aja om google buat bantin aku dan ternyata g sia-sia aku bisa nemuin cara buat ngatasin masalah tersebut.

Yang aku lakuin pertama adalah mem-backup file yang bakal aku rubah yaitu :

sudo cp /boot/grub/menu.lst /boot/grub/menu.lst.backup
sudo cp /etc/X11/xorg.conf /etc/X11/xorg.conf.backup

Abis dibackup baru mulai di edit kedua file tersebut

sudo gedit /boot/grub/menu.lst

tambahkan vga=791 pada baris booting awalnya

/boot/vmlinuz-2.6.27-7-generic root=UUID= ro quiet splash vga=791

trus klo di file xorg.conf dituliskan kaya gini

sudo gedit /etc/X11/xorg.conf

Section “Files”
EndSection

Section “InputDevice”
Identifier “Generic Keyboard”
Driver “kbd”
Option “CoreKeyboard”
Option “XkbRules” “xorg”
Option “XkbModel” “pc105?
Option “XkbLayout” “cz”
EndSection

Section “InputDevice”
Identifier “Configured Mouse”
Driver “mouse”
Option “CorePointer”
Option “Device” “/dev/input/mice”
Option “Protocol” “ImPS/2?
Option “ZAxisMapping” “4 5?
Option “Emulate3Buttons” “true”
EndSection

Section “InputDevice”
Identifier “Synaptics Touchpad”
Driver “synaptics”
Option “SendCoreEvents” “true”
Option “Device” “/dev/psaux”
Option “Protocol” “auto-dev”
Option “HorizEdgeScroll” “0?
EndSection

Section “InputDevice”
Driver “wacom”
Identifier “stylus”
Option “Device” “/dev/input/wacom”
Option “Type” “stylus”
Option “ForceDevice” “ISDV4? # Tablet PC ONLY
EndSection

Section “InputDevice”
Driver “wacom”
Identifier “eraser”
Option “Device” “/dev/input/wacom”
Option “Type” “eraser”
Option “ForceDevice” “ISDV4? # Tablet PC ONLY
EndSection

Section “InputDevice”
Driver “wacom”
Identifier “cursor”
Option “Device” “/dev/input/wacom”
Option “Type” “cursor”
Option “ForceDevice” “ISDV4? # Tablet PC ONLY
EndSection

Section “Device”
Identifier “Trident Microsystems CyberBlade XP4m32?
Driver “trident”
BusID “PCI:1:0:0?
Option “UseFBDev” “true”
EndSection

Section “Monitor”
Identifier “Generic Monitor”
Option “DPMS”
HorizSync 28-51
VertRefresh 43-60
EndSection

Section “Screen”
Identifier “Default Screen”
Device “Trident Microsystems CyberBlade XP4m32?
Monitor “Generic Monitor”
DefaultDepth 24
SubSection “Display”
Modes “1024×768?
EndSubSection
EndSection

Section “ServerLayout”
Identifier “Default Layout”
Screen “Default Screen”
InputDevice “Generic Keyboard”
InputDevice “Configured Mouse”
InputDevice “Synaptics Touchpad”
EndSection

Kalau semuanya udah dirubah ama disimpan ya langsung sudo reboot aja kompi kamu dan lihat hasilnya. Aku harep tu monitor udah dipenuhin ama

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

2 pemikiran pada “Langkah setting VGA Trident Microsystem di Toshiba Tecra

Tinggalkan Balasan

