Lenovo G450-4362

Malam Minggu 2 Desember 2010, kembali saya mengingat pengalaman saya dalam menginstall Linux di Laptop teman. Pertama kali saya mendapat mandat untuk menginstall Linux bermula dari sebuah sekolah Madrasah Aliyah(MA) yang baru membeli Laptop Lenovo G450-4362 berkekuatan Intel Dual Core T4300 2.1 Ghz, 1024 MB DDR3HDD 160 GB, DVDRW, Intel GMA X4500, Modem/Lan/Wifi/14.1″ LCD, Bluetooth, Speaker serta Webcam seharga Rp. 4.800.000,-. Awalnya teman saya itu meminta kepada saya untuk menginstallkan Windows Vista ke Lenovo G450, tetapi saya sarankan untuk memakai Linux saja yang lebih bagus dengan berbagai keunggulannya. Singkat kata saya pun memboyong Lenovo G450-4362 ke rumah untuk menjalani operasi lanjut. Dengan bermodal koneksi Internet Speedy saya ditambah cd Linux Blankon, Ubuntu Jaunty Jackalope serta Sabily Taibah operasi pun terjadi. Dengan spesifikasi Laptop yang sangat bagus sekali, proses installasi pun sangat ringan & cepat. Pada tahap pertama operasi saya memakai Ubuntu Jaunty sebagai sistem operasinya serta penambahan berbagai aplikasi yang dibutuhkan.  Esok harinya saya menyerahkan pada teman saya karena pertimbangan segera dipakai. Pada akhir minggu kemudian saya pun memboyong kembali untuk melakukan penyempurnaan di sana-sini. Tak disangka-sangka saya malah berniat mengganti Ubuntu Jaunty dengan Blankon Nanggar, saya lakukan penggantian sistem operasi ke Blankon dengan pertimbangan memakai produk Indonesia serta desktopnya yang mudah dimengerti selain menggunakan Bahasa Indonesia. Proses penggantian pun terjadi & sekali lagi saya mulai segalanya dari awal. Setelah dirasa cukup, saya pun mengembalikan Lenovo tersebut ke teman saya. Pada minggu berikutnya saya membawa pulang Laptop itu lagi karena saya meminjam cd Sabily Taibah bonus INFOLINUX milik Pak Ari. Saya berpikir inilah distro yang pas untuk sekolah Madrasah Aliyah yang bernuansa Islami. Dan lagi-lagi saya mengoperasi ulang Lenovo itu untuk membenamkan Sabily Taibah ke harddisk Lenovo itu.

Lenovo G450-4362 bertenaga Sabily Taibah

Setelah selesai menginstall Sabily Taibah serta ditambah dengan berbagai penyempurnaan, saya pun turut serta menginstall Windows lewat Virtualbox. Hal ini saya lakukan dengan pertimbangan karena guru-guru yang belum tahu sama sekali tentang Linux bisa melakukan perkenalan sedikit demi sedikit walaupun masih tergantung dengan Windows. Segalanya saya atur sedemikian rupa sehingga tak tampak bila Sabily Taibah mengandung Windows. Dengan bangga saya menyerahkan Laptop tersebut kepada teman saya & menjelaskan bahwa bila di dalam Linux ini juga telah terinstall Windows untuk berjaga-jaga bila mereka kaget dengan Linux. Hari demi hari pun berlalu tak ada kabar lagi mengingat Laptop tersebut sudah saya setting sempurna. Kejadian menggemparkan pun terjadi, sekitar 3 minggu saya tidak menanyakan kabar Lenovo berLinux itu & saat saya tanyakan kepada teman saya tentang kabar Laptopnya bahwa telah diinstall ulang WIndows Vista full bajakan. Perjuangan selama ini pun telah hilang seiring hilangnya buih di lautan. Betapa mirisnya Sabily Taibah saya telah dibabat habis. Tak habis pikir, saya pun bertanya pada teman saya itu tentang alasan install ulang dengan Windows Vista. Lagi-lagi alasan biasa terucapkan, teman saya berujar bahwa guru-guru keberatan memakai Linux karena tidak terbiasa memakainya. Teman saya pun disuruh untuk install ulang di toko komputer dengan biaya Rp. 85.000,-. Wow, sungguh biaya yang ter amat mahal bila dibandingkan dengan saya yaitu free cash & free support center.Sungguh kenyataan yang sangat pahit setelah melihat guru-guru itu menjadi manusia konsumtif yang hanya ingin segalanya mudah. Padahal jelas-jelas saya sudah install Windows ke dalamnya, tetapi yang menyedihkan teman saya tidak memperlihatkan Windows di dalam Linux ke guru-guru. Akhirnya saya pun pasrah dengan keadaan ini toh saya memperoleh keuntungan dengan tidak lagi memperhatikan Laptop itu lagi. Sekali lagi kemalasan menghambat kemajuan suatu individu disertai budaya konsumtif yang sudah berakar.

Budaya malas+konsumtif harus segera dihabisi untuk kemajuan bangsa

17 pemikiran pada “Install Sabily 9.04/Taibah di Laptop Lenovo G450-4362

  1. Ass.Wr.Wb…

    Salam kenal sebelumnya🙂
    ane numpang nanya (maaf kalau gak ada relevansi dgn tulisan di atas) , saya mempunyai laptop lenovo G450 dan dah ane install linux mint 7 tp ada masalah yaitu webcam nya gak terdeteksi…

    mungkin ada solusinya ?

  2. kalo linux yang mirip windows vista, distro apa ya…mengingat sama dengan anda, saya dimintai tolong untuk install OS buat laptop punya anak-nya teman kantor.kemudian office-nya pake apa yang mirip dengan office microsoft mengingat si pemakai masih bangku sekolah.wassalam..

    1. hmmm,kalau saya sih pakek blankon aja dah yang berbasis Ubuntu.sudah memakai bahasa indonesia, lengkap pula tuh aplikasinya.untuk membuat tampilannya seperti windows vista atau 7 sudah banyak bertebaran berbagai cara di google Om😀 .untuk officenya mah pakek open office, hampir mirip kendati berbeda sedikit😀

  3. mas saya punya lenovo g450 9200 udah tak install win 7, saya pengin install sabili 10.04. dulu udah saya coba di virtualbox tapi tampilan layar sabili tidak penuh. sebabnya apa mas? kalo dibuat dual booting caranya gimana mas? deteksi webcam di win 7 pake apa?

    1. wah, ada pemakai Lenovo juga nih😉 . Masa tampilan Sabily idak penuh di desktop Lenovo? cara mengetesnya jangan lewat virtualbox dong, langsung saja di tes via live cd atau live usb. Saya rasa Sabily ini pasti support di Lenovo anda ;P

    1. perlu diketahui enaknya memakai gnu/linux salah satunya yaitu kita tidak memerlukan lagi driver windows karena driver perangkat komputer sudah tertanam secara default di kernel linux. adapun bila di cd/dvd linux belum tersedia drivernya maka kita bisa mengunduh driver yang dibuat untuk linux.
      sebagai contoh saya memasang distro Linux blankon di leptop lenovo saya & selesai installasi semuanya bekerja dengan lancar perangkat hardwarenya. saya tidak perlu install driver vga atau soundcard karena memang di distro blankon telah tersedia drivernya, semoga membantu🙂

  4. Dulu saya pernah lihat di e lifestyle metro tv tentang linux sabili,dan saya sangat tertarik(padahal sama sekali gak ngerti komputer,maklum biasa pegang cangkul).namun ada profesi yang mengharuskan saya menguasai komputer(hanya buat file2 dokumen office).jadi saya berniat beli netbook eee pc 1015px,apa bisa diinstall linux sabili?mohon bantuannya.

    1. setahu saya semua varian linux bisa dipasang di semua komputer baik server maupun desktop dengan berbagai arsitektur. apalagi untuk komputer seperti netbook bermerk asus yg terkenal saya pikir bisa dipasang sabily deh. teman saya juga ada yg pakai netbook itu & dipasang multi OS Linux & lancar jaya kok.
      dicoba saja kakak, kata orang you will never know until you try it😀

  5. thanks bgt mas,tp ada lg ni,sama gak sabili dgn blankOn sajadah?kenapa linux yg dari info yg saya baca dari browsing punya banyak keunggulan tapi kalah populer dari os jendela?

    1. sabily sama blankon sama2 memakai kernel linux,yg membedakannya yaitu repositorinya yg dikembangkan oleh masing developernya. blankon memiliki gudang repositori yg isinya berbeda dg repositorinya sabily.
      mulai sekarang linux sudah mulai populer kok kakak, contohnya smartphone android yg memakai kernel linux hehe. memang untuk PC linux masih belum banyak dipakai di indonesia dikarenakan linux berkembang melalui internet sedang koneksi internet di indonesia sendiri tidak merata di semua daerah & mengakibatkan kurang terkenalnya linux di masyarakat.
      CMIIW

  6. awalnya dulu saya jg pkai windows. dr xp, vista, black vista, vista extreem, vista ultimate, sampai pd win7. saat teman saya menanamkan paksa ‘kubuntu’ di lenovo g460 saya, tak saya jamah hehe. kemudian saya dikenalkan lg oleh teman saya pembawa ‘wabah’ linux itu dg mint 10 julia. saya mulai penasaran, tanpa tahu isinya apa saya langsung minta dinaikkan mint 11 katya. eh lahdalah kebablasan jatuh cinta sama si katya. skrg saya murni pkai linux. bahkan saking keranjingannya, si win7 saya dampingkan dg mint 11, zorin 5, dan pear os. hehe 4 os dlm 1 laptop. operasi linux dan segala instalasinya mulai saya kuasai berkat wabah itu. windows yg lemot itu..lewattt..
    mas punya masukan ragam linux cantik lainnya mungkin? saya ingin coba dan coba lg..

    1. wah, sepertinya kakak lebih banyak tahu daripada saya nih😀 . saya aja hanya pakai sabily saat ini sedang kakak multiOS hehhe. cobain pclinuxos,sabayon, fedora,pocilinux, linpus, mandriva dll. banyak bgt distro linux yg cantik, silahkan tengok distrowatch untuk distro linux yg terbaik

Tinggalkan Balasan

