Langkah mudah mengembalikan GRUB pada Ubuntu Jaunty, Sabily Taibah, Blankon Nanggar & Linux Mint Gloria

Pagi-pagi pukul 5:46 AM, setelah bangun dari tidur teringat akan langakah-langkah mengembalikan GRUB pada Ubuntu Jaunty. Sebelum inspirasi itu hilang, dengan segera saya menuliskannya di blog saya. Pada kali ini GRUB bisa hilang karena install Windows pada PC yang menerapkan dual booting. Seperti kasus yang biasa terjadi OS Windowsnya mulai dijangkiti banyak Virus, Intruder, Spyware, Trojan serta Adware yang memuakkan. Dengan install berbagai anti virus pun tidak menyurutkan banyaknya penyakit tersebut. Biasanya langkah yang diambil oleh user yaitu melakukan install ulang pada Windowsnya. Anda jangan tanyakan tentang keaslian Windowsnya, karena posting ini tidak membahas hal tersebut 😀 . Akibat yang terjadi bila install ulang Windows pada sistem dual boot dengan Linux adalah hilangnya GRUB pada komputer. Hal ini terjadi karena pada saat proses install ulang Windows. Windows melakukan proses pengembalian MBR(Master Boot Record) ke posisi awal. Itulah sebabnya GRUB bisa lenyap dari PC. Namun bagi anda pengguna Linux jangan khawatir bila anda mengalami peristiwa ini. Berbagai cara telah tersedia untuk mengembalikan GRUB ini. Pada postingan ini saya akan menjelaskan langkah-langkah mengembalikan GRUB pada Ubuntu Jaunty, Sabily Taibah, Blankon Nanggar serta Linux Mint Gloria. Dari ke semua distro Linux yang saya sebutkan tadi adalah masih satu keturunan dari Ubuntu Jaunty Jackalope/9.04. Langkah-langkahnya pun tidak jauh berbeda karena masih satu angkatan tersebut.

Inilah GRUB yang hilang itu

Baiklah, berikut langkah-langkahnya

1. Siapkan dulu cd distro Ubuntu Jaunty Jackalope bila  memakai Ubuntu Jaunty, serta siapkan cd untuk masing-masing desktop Linux yang telah saya sebutkan tadi.

2. Atur BIOS agar bisa melakukan booting pada CD, lalu jalankan cd Linux anda

3. Setelah memasuki lingkungan desktopnya, kita buka dulu Terminal

4. Pertama kita masuk sebagai rootnya dengan mengetikkan #sudo su

5. Setelah memasuki mode root, selanjutnya kita mencari  root GRUB Windows & Linux anda dengan ketik #find /boot/grub/stage1

Lalu Enter.

6. Setelah melakukan langkah di atas, akan tampil root GRUBnya. Sebagai contoh yaitu

(0,6)>milik Windows

(1,0)>Milik Linux

Karena kita akan menginstall kembali GRUBnya maka ketikkan perintah berikut

#root (1,0) lalu Enter

7. Setelah selesai dilanjutkan dengan menuliskan perintah berikut untuk menginstall GRUBnya

#setup (hd0)

Lalu Enter

8. Proses penginstallan GRUB pun terjadi, bila telah berhasil melakukan proses install akan tertera kata-kata “succes”

9. Lalu keluar dari mode root dengan mengetikkan #exit

10. Restart komputer anda untuk mengetahui keberhasilan langkah-langkah ini

Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar