Setelah pada postingan sebelumnya yaitu pembahasan tentang Ubuntu Netbook Remix yang membuat saya penasaran, pada kali ini saya akan menjelaskan cara untuk memiliki Ubuntu Netbook Remix tanpa harus menginstallnya di PC. Kok bisa memakai Ubuntu Remix tanpa menginstallnya??. Pada pembahasan kali ini saya tidak melakukan proses installasi Ubuntu Netbook Remix. Saya hanya memakai Ubuntu Jaunty  & menambah paket-paket yang dibutuhkan untuk membuatnya seperti Ubuntu Netbook Remix. Boleh dibilang kalau kita akan install themenya Ubuntu Netbook Remix. Tutorial ini dilakukan di Ubuntu Jaunty Jackalope, adapun untuk Ubuntu Karmic Koala pun sama karena kita hanya mendownload paket-paket Ubuntu Netbook Remixnya.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Sebelum memasuki proses installasi, dianjurkan untuk mematikan efek desktop Compiz Fusionnya lebih dulu. Karena bila tidak dimatikan bisa menyebabkan crash yang membuat layar tampak kacau. Hal ini telah saya buktikan.

2. Untuk membuat desktop seperti Ubuntu Netbook Remix, kita hapus dulu panel bawah, applet-applet panel atas di hapus & sisakan hanya Tanggal & Notification appletnya saja.

3. Kita akan mulai mengunduh paket-paket Ubuntu Netbook Remix, buka Terminal lalu ketik

sudo apt-get install go-home-applet human-netbook-theme maximus netbook-launcher window-picker-applet

Kemudian Enter, isi password lalu Enter lagi. Setelah proses unduh selesai, restart komputer anda

4. Setelah komputer di restart maka akan muncul tampilan Ubuntu Netbook Remixnya yang cantik. Tetapi itu belum sempurna & masih ada penambahan applet di panel atas.

5. Klik kanan pada panel atas lalu tambahkan applet Go Home, tampilannya seperti Main Menu Ubuntu lalu pindah ke sisi paling kiri & lock to panel. Applet Go Home ini berfungsi untuk kembali ke tampilan utama Ubuntu Netbook Remix.

Go Home Applet

6. Klik kanan lagi pada panel atas lalu tambahkan Window Picker yang berfungsi untuk menampilkan jendela yang kita buka.

Window Picker Applet
Tampilan Sempurna Ubuntu Netbook Remix saya

Penyempurnaan tampilan Ubuntu Netbook Remix di Ubuntu Jaunty selesai & nikmatilah kemudahannya. Untuk  selanjutnya anda bisa explore sendiri, mudah kok. Selamat mencoba😀

Sumber : http://jelajah.web.id/2009/05/revolusi-desktop-dengan-ubuntu-netbook-remix/

7 pemikiran pada “Mengubah Ubuntu Jaunty/Karmic menjadi Ubuntu Netbook Remix

  1. dah pake ne gan,,mantap gan,,

    tapi kalo mau gag pake netboo remixnya gimana y gan???

    bingung gan,,mohon pencerahannya y gan . . matursuwun gan . . .

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s