Seperti janji saya terdahulu, pada kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk menambah pembaca Al Qur’an/Qori dari berbagai Syeikh terkenal dari negeri Arab di aplikasi Zekr. Adapun Qori’/pembaca Al Qur’annya yaitu Syaikh Al-Ghamidi, Syaikh Al-Minshawi, Syaikh Al Huzaifi & Syaikh Al Afasyi. Untuk info selengkapnya anda bisa klik di sini. Masing-masing suara Qori ini bisa anda dapatkan dengan cara mengunduh secara cuma-cuma berkas zippnya.

Adapun pembacaan Al Qur’an ini terbagi menjadi 2 metode yaitu

1. Pembacaan secara Offline

Pembacaan secara Offline yaitu kita mendengarkan suara hafalan Qory dengan cara mengunduh berkas zipnya. Pada metode ini kita menggunakan bandwith Internet untuk mengunduh berkasnya.

2. Pembacaan secara Online

yaitu kita mendengarkan suara hafalan Qory langsung dari situs http://www.versebyversequran.com/ & dalam hal ini kita memakai fasilitas bandwith Internet. Metode ini dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki bandwith Internet tak terbatas.

Pada pembahasan kali ini kita akan memakai metode nomor 1 yaitu secara Offline karena menguntungkan sekali. Tetapi dari zekr.org memberikan peringatan bahwa di dalam pembacaan AL Qur’an tersebut mungkin terdapat pembacaan ayat berganda. Hal itu bisa disebabkan karena masalah saat memutar audionya atau keterbatasan pemutar flashnya. Adapun permasalahan ini terjadi pada kedua metode tersebut.

Berikut langkah-langkah menambah Qori di Zekr

1. Buka dahulu aplikasi Zekr anda lalu biarkan saja terbuka

2. Unduh berkas audionya di sini & pilih yang Offline

3. Setelah berkas audionya terunduh(dalam bentuk .zip), lalu ekstrak file zip tersebut ke

/usr/share/zekr/res/audio/Al-Ghamdi

Anda bisa menambahkannya ke Zekr dengan cara klik Tool>Add>Recitation

4. Restart aplikasi Zekr anda

5. Kita bisa mengaktifkan Qori baru dengan cara klik Audio>Recitation Menu

Untuk penjelasan lengkap tentang cara installnya klik di sini. Pada postingan berikut saya akan membahas tentang cara menambah font Arabnya jadi jangan sampai terlewatkan.

Selamat Mencoba!

Sumber Gambar

http://yellow-up-yourlife.blogspot.com/2009/03/ar-rahman-1-13.html

6 pemikiran pada “Menambah Qori’/Pembaca Al -Qur’an di Zekr

    1. Dari Zekrnya sendiri sudah terinstall juga file audionya juga. Dari riset saya sebelum mengganti Qori’nya sudah dapat memutar audio Qur’annya. Untuk file anda yang 30 juz itu sebaiknya anda simpan & bisa anda gunakan bila bosan menggunakan Zekr bisa memakai Rhytmbox atau sebaliknya.

  1. sepengetahuan saya, ke empat Qori’ tersebut sudah include dalam zekr yang ada dalam paket Sabily 10.04-Manarat (Ubuntu Moslem Edition), kalo pengin yang lain gimana, Ustad Sudais misalnya???

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s