ة ىح خ ه ع غ ف ق ث ص ض

م ن ت ا ل ب ي س ش

ة ى ﻻ ر ؤ ء ئ

Bagi anda yang sering memakai font huruf Arab seperti  di atas untuk aktivitas sehari-hari tentulah sangat penting. Bila anda memakai sistem operasi Windows maka anda perlu install font Arab sendiri. Tetapi di Linux khususnya Ubuntu telah terinstall font Arab sehingga memudahkan kita untuk menggunakannya. Sungguh suatu kemudahan yang kita dapatkan di Linux & suatu kebanggaan bila memakainya untuk keperluan sehari-hari.

Untuk memakai font Arab ini kita sedikit memodifikasinya sedikit kendati font Arab telah terinstall. Modifikasi inipun hany untuk mengaktifkan & menambahkan applet Keyboard agar memudahkan kita saat berganti font ke Alphabethical serta sebaliknya. Tutorial ini ditujukan untuk pemula yang baru mengenal Linux khususnya Ubuntu karena yang sudah mengenal Linux/Ubuntu pastilah mengetahui caranya😀 .

Baiklah kita langsung ke langkah-langkahnya :

1. Klik kanan panel panel atas,boleh di sembarang tempat dan pilih posisi yang bagus lalu klik Add to panel

2. Muncul jendela Add to Panel, cari applet Keyboard Indicator lalu klik Add>Close. Tujuan kita install applet ini adalah untuk mempermudah penggantian font.

3. Setelah klik Add applet Keyboard Indicator tadi otomatis akan muncul applet baru di panel atas sebelah kanan bertuliskan USA(default). Untuk menambah font Arab, klik kanan pada tulisan USA tersebut lalu pilih Keyboard Preferences.

4. Muncul jendela Keyboard Preferences, lalu klik Layouts. Terlihat di bagian Layouts terdapat satu buah bahasa default yakni USA. Untuk menambahkan font Arab klik Add

5. Muncul jendela Choose Layout, terlihat ada gambar keyboard beserta huruf-hurufnya. Untuk menambah font Arab kita pilih opsi by Country lalu pada drop down country cari pilihan Saudi Arabia kemudian klik. Klik Add untuk menambahkannya ke dalam daftar Keyboard Preferences.

6. Pada jendela Keyboard Prefences otomatis akan muncul daftar baru yakni Arabic yang menandai proses yang telah kita lakukan tadi telah berhasil. Lalu klik Close.

7. Proses penambahan font Arab telah selesai, untuk mengganti font dari Alphabethical ke font Arab klik saja tulisan USA di panel atas itu. Otomatis akan berganti menjadi Ara yaitu Arabic. Untuk kembali lagi ke font Alphabethical juga sama caranya yaitu klik saja tulisan tadi. Jangan lupa agar applet Keyboard Indicator tadi tidak berpindah-pindah maka dikunci dulu dengan klik kanan tulisan USA/Ara lalu klik Lock to Panel.

Langkah-langkah ini juga berlaku untuk menambah bahasa dunia lainnya & caranya pun sama persis. Semoga artikel ini bermanfaat & selamat mencoba!

7 pemikiran pada “Mengganti Font Alphabetical menjadi Font Arab

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s