Masalah ini bermula sekitar 2 hari yang lalu setelah saya konversi Ubuntu Jaunty ke Ubuntu Netbook Remix. Sebelumnya di Ubuntu Jaunty saya memakai MacOS style misalnya menggunakan dock serta GNOME-global menu. Setelah menyelesaikan proses installasi via Terminal dah telah disempurnakan terdapat sesuatu yang janggal. Saat memakai Ubuntu Netbook Remix modifikasi ini ada yang kurang yaitu saat saya memakai Pidgin Internet Messenger kok menu barnya tidak ada. Saya pun bertanya-tanya apa memang Ubuntu Netbook Remix stylenya seperti itu?? Saya pun cek ulang lagi, GNOME-global menu sudah dihapus dan diganti dengan window picker, main menu Ubuntu telah diganti oleh Go Home applet kok masih saja menu barnya hilang. Penasaran saya tak berhenti di situ, saya mencoba memakai aplikasi Open Office & Opera. Hasilnya mengejutkan karena menu barnya ada!. Lanjut dengan mencoba internet messenger yang lain yaitu Kopete & hasilnya menu barnya ada juga. Kesimpulan saya saat itu adalah mungkin Pidgin saya yang error.

Menu Bar Pidginnya tidak ada tuh!

Proses penyelidikan fenomena menu bar itu pun berlanjut sampai hari ini, dengan segala usaha & doa. Saya pun yakin bahwa peristiwa ini masih ada hubungannya dengan GNOME-global menu.Waktu sore-sore setelah tulis blog saya iseng mencoba mencari solusinya di Google.co.id dengan kata kunci “uninstall gnome-global menu” & saya klik salah satu web yaitu http://magnus-k-karlsson.blogspot.com/2009/02/remove-gnome-globalmenu.html. Lalu saya terapkan di Ubuntu Netbook Remix saya & Alhamdulillah menu barnya keluar. Pidgin Internet Messenger saya pun ada menu barnya😀 . Ternyata memang akar permasalahannya ada di GNOME-global menunya yang masih aktif kendati telah dihapus.

Okey,berikut langkah-langkah memunculkan menu bar yang hilang di PC saya :

1. Tekan Alt+F2 untuk memunculkan jendela run. Lalu ketik gconf-editor lalu Enter

2. Setelah muncul jendela Configurator Editor, kita menuju ke GNOME Setting Daemon. Letaknya di Apps>GNOME_Settings_Daemon>GTK-Modules

Pilih Apps>GNOME_Settings_Daemon>GTK-Modules

Tampak jelas di jendela Configurator Editor tak ada menu barnya.

Terlihat di keterangan sebelah kanan terdapat menu globalmenu-gnome yang aktif ditandai dengan adanya tanda centang. Untuk membuat menu bar kembali muncul hilangkanlah centang tersebut. Seketika muncul menu barnya di Configurator Editornya. Dengan munculnya menu bar di jendela Configurator Editor menandakan kita telah berhasil memunculkan kembali menu barnya, jangan lupa jendelanya di close.

Menu Bar Pidgin muncul kembali

Untuk membuktikan keberhasilan panduan tersebut saya membuka Pidgin Internet Messenger & hasilnya memang menu bar telah muncul. Alhamdulillah usaha saya tidak sia-sia & saya ucapkan terima kasih pada Magnus K Karlsson yang telah menuliskan solusi yang sangat bermanfaat. Semoga bermanfaat!

Sumber

http://www.google.co.id/

http://magnus-k-karlsson.blogspot.com/2009/02/remove-gnome-globalmenu.html

4 pemikiran pada “Solusi untuk Menu Bar yang hilang saat konversi ke Ubuntu Netbook Remix

  1. Wah, terimakasih banyak ya. Alhamdulillah dengan mengikuti langkah2 yg anda tuliskan, menu bar sy bisa muncul kembali ^_^
    Hampir saya ingin menginstall ulang kembali ubuntu sy. Tp untunglah ketemu caranya. Makasih…

    1. Alhamdulillah juga masalah ente terpecahkan😀 . Kejadiannya sama seperti saya waktu itu tapi ane kagak sampe install ulang, update lagi entar😀 . Jangan lupa Boz, pengalaman anda ini tulis juga biar pengguna Ubuntu user yang mengalami kasus yang sama dapat dibantu solusinya😀

Tinggalkan Balasan

