Masih teringat saat masih SD dulu saat mengetahui alat permainan berbentuk kotak dengan 2 joystick yang ada kasetnya gede & dimainkan melalui layar televisi. Itulah konsol game bernama Nintendo yang masih eksis hingga saat ini. Pada waktu masih kecil dulu sangat terpesona melihat kotak ajaib ini, apalagi bisa menggerakan objek di TV. Setiap hari selalu bermain di tempat tetangga yang punya Nintendo itu meskipun hanya sekedar melihatnya saja. Melihat permainan tetangga pada waktu itu juga sudah sangat senang sekali, jarang-jarang kita ikut bermain karena yang punya juga sedang asyik. Permainan Nintendo yang saat itu sedang digemari yaitu Soccer, Super Mario Bross, permainan seekor Tupai(lupa namanya), Mortal Kombat & lainnya. Yang paling berkesan bagi saya yaitu permainan anak kecil yang aktivitasnya menyundul bata yang keluar uangnya serta menginjak-injak musuhnya yaitu kura-kura & kurcaci kecil serta mengambil koin uang😀 . Itulah game Super Mario Bross yang sangat melegenda hingga sekarang. Sungguh masih ingat dulu karena sangat ingin bermain Super Mario Bross dkk, merengek-rengek Bapak untuk membelinya walaupun tidak dikabulkan sampai suatu saat Bapak pinjam Nintendo temannya. Sungguh bahagia sekali saat itu. Imbasnya rajin bermain Nintendo saat itu yaitu saya memakai kacamata😀 . Tentu saja mata saya minus karena mata saya dihajar jutaan kali refleksi cahaya TV.

Super Mario Bross sedang beraksi

Saat sudah besar sekarang dengan usia 22 tahun pun masih ingin bermain Super Mario Bross lagi. Karena saya memakai Linux khususnya Ubuntu dalam kehidupan sehari-hari maka saya pun mencari info kesana kemari tentang Mario & Luigi ini. Super Mario Bross versi Linux/Ubuntu ini pun saya temukan, hanya berganti nama bukan lagi Super Mario Bross tetapi SuperTux. Lho,kok SuperTux namanya??. Begini, karena simbol Linux adalah pinguin bernama Tux & aplikasi permainan ini juga dibuat oleh pengembang Linux maka namanya tentu saja SuperTux😀 . Hebatnya lagi di Ubuntu telah tersedia aplikasi SuperTux ini di dalam repositorinya. Sehingga untuk menginstall cukup dengan buka Terminal lalu ketik

Sudo apt-get install supertux

lalu Enter, isi password anda lalu Enter lagi. Proses installasi berjalan secara otomatis. Bila telah terinstall SuperTuxnya, anda bisa buka di Aplikasi>Games.

Opening SuperTux
Denah Perang SuperTux
Siap menembak & mengambil uang

Cara bermainnya mudah, sama seperti Super Mario Bross yaitu menyundul bata & menginjak musuh. Perbedaannya dengan Super Mario Bross yaitu pada layout tempatnya yang sangat berbeda, tokoh pemainnya bukan Mario Bross bersaudara lagi melainkan Tux si pinguin serta tokoh musuhnya juga berbeda. Adapun untuk memainkannya dengan keyboard seperti saya silahkan tekan spasi untuk melompat, panah kanan kiri untuk maju mundur serta tekan shift untuk menembak bila telah mendapatkan bunga merah😀. Dengan memainkan SuperTux ini serasa kembali ke masa kecil tetapi dengan sistem operasi yang hebat😀. Bagi anda yang mempunyai masa kecil seperti saya tak salah bila mencoba permainan ini di Linux khususnya Ubuntu. Selamat bersenang-senang😀 .

Sumber http://www.gamespot.com/pages/forums/show_msgs.php?topic_id=26754964

8 pemikiran pada “Mengenang Super Mario Bross di Ubuntu

  1. ya monggo gan gak ad yang ngelarang pakek devel-devel kok… hehehehehe…. klo bisa support developernya juga gan…🙂 jadi biar gamenya tambah sempurna…

    hehehehe.. ya wes lah nek ko koyo ngo no no no…

    jowo boys… ahahhhahaha…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s