Jangan biarkan PC anda di opname😀

Okey Boz, kita ketemu lagi😀 . Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang  virus di Linux khususnya Ubuntu. Adakah virus yang menjangkiti Ubuntu kita?, adakah anti virus yang mujarab untuk virus tersebut?. Mari kita selidiki bersama-sama😀 .

Pada dasarnya virus adalah suatu kode yang dibuat oleh Cracker baik dengan efek yang main-main sampai efek yang menakutkan. Tentu saja virus ini tidak menguntungkan kita bahkan mengganggu aktivitas kita dalam berkomputer ria. Virus sendiri berkembang sangat cepat di komputer sama halnya virus Sars/HIV pada manusia. Terlebih lagi pada sistem operasi Windows virus tumbuh & berkembang subur layaknya rambut di kepala. Virus dapat hidup di sistem operasi komputer melalui celah-celah keamanan yang bisa ditembus. Hal ini bisa diakibatkan karena sistem keamanan sistem operasi tersebut sangatlah rapuh & belum di update dengan yang baru. Memang dengan memasang anti virus bisa melumpuhkan berbagai macam virus tersebut & menangkalnya. Tetapi developer virus itupun juga meningkatkan kemampuan virusnya untuk mempunyai efek merusak yang dahsyat.

Efek Samping adanya Virus😀

Pernahkah anda mengalaminya??
Kalau keluar ini bunyinya "tung"

Lalu kabar tentang adanya virus di Linux apakah benar?. Ya, tepat sekali pertanyaan anda. Di Linux pun yang kita ketahui sendiri bahwa salah satu keunggulannya yaitu bebas dari virus berbagai jenis itu pun masih tetap ada virusnya. Bedanya virus di Windows dengan Linux yaitu virus di Linux hanya untuk proof of concepts atau hanya untuk pembuktian bahwa Linux pun bisa digerayangi virus. Namun dengan segala keunggulan Linux mulai dari sistem keamanannya yang handal & update keamanan secara kontinyu membuat sistem operasi ini tak ada lawan😀 .

Apakah virus di Windows bisa menyerang Linux?. Pertanyaan yang bagus, pada dasarnya virus yang menjangkiti Windows diciptakan oleh Cracker menggunakan sarana program visual basic. Sebuah program untuk menciptakan aplikasi pada Windows. Tentu saja hasil dari penciptaan virus dari visual basic tadi hanya berlaku untuk kelompoknya saja yaitu Windows. Arti kata lain virus versi Windows ini terbaca di Linux tetapi tidak dapat berjalan karena sudah berbeda sistem operasinya. Jawaban dari pertanyaan di atas adalah virus di Windows tidak bisa menular ke Linux. Tentu saja hal itu adalah sesuatu yang sangat membanggakan.

Ada pertanyaan lagi, bagaimana cara menghapus virus Windows di Linux bila memang Linux itu hebat??. Bagus sekali pertanyaannya, virus yang menjangkiti Windows biasanya akan bertengger di suatu tempat yang tidak terjamah oleh anti virus. Misalnya saja bila kita pulang dari warnet ber OS Windows dengan memakai USB Flash Disk sebagai media penyimpanan data. Bila kita lihat di komputer ber OS Windows yang anti virusnya yang belum di update/memang anti virusnya sendiri yang tidak mampu membantai virus itu maka akan menular ke komputer ber OS Windows. Walaupun kita sudah berkali-kali memindai perangkat keras itu seolah-olah bebas dari virus. Tetapi bila kita melihat Flash Disk yang baru kita pakai dari warnet ber OS Windows maka akan terlihat dengan sangat jelas berkas-berkas sampah yang mendiami Flash Disk kita. Saya bisa mengatakan demikian karena saya pernah mengalami hal ini & bukan sekedar teori saja. Lalu bila ada pernyataan bahwa virus di OS Windows tidak akan berkembang di Linux, bagaimanakah cara menghapusnya?? Baiklah, cara untuk menghilangkan virus yang kita contohkan pada Flash Disk itu yakni dengan menghubungkannya dengan komputer bersistem operasi Linux. Setelah Flash Disk itu kita mount, maka carilah file-file yang bukan milik kita & mencurigakan lalu kita tekan Delet pada keyboard. Agar lebih tuntas lagi menghilangkan virus di Flash Disk kita yaitu di jendela explorer di Linux anda(misalnya Nautilus di Ubuntu saya) klik View>Show Hidden Files. Maka akan jelas terlihat file-file yang bersembunyi di Flash Disk lalu segera Delete. Semudah itukah menghapus virus Windows di Linux?, Ya semudah itu😀 .

Virus yang terdeteksi di Konqueror, PCLinuxOS

Bila anda penasaran dengan virus yang telah diciptakan untuk sistem operasi Linux berikut saya tulis listnya:

Kategori Trojan

1. Kaiten-Linux.Backdoor.Kaiten kuda trojan

2. Rexob-Linux.Backdoor.Rexob trojan

Kategori Virus

1. Alaeda-Virus.Linux.Alaeda

2. Bad Bunny-Perl.Badbunny

3. Binom-Linux-Binom

4. Bliss

5. Brundle

5. Bukowski

6.Diesel-Virus.LinuxDiesel.962

7. Kagob a-Virus.Linux.Kagob a

8. Kagob b-Virus.Linux.Kagob b

9. MetaPHOR(Simile)

10. Nuxbee-Virus.Linux.NUxbee.1403

11. OSF.8759

12. Podloso

13. Rike-Virus.Linux.Rike.1627

14. RST-Virus.Linux.RST.a(menginfeksi Mozilla Suite 1.7.6 & Thunderbird 1.0.2 versi Korea di September 2005)

15. Satyr-Virus.Linux.Satyr.a

16. Staog

17. Vit-Virus.Linux.Vit.4096

18. Winter-Virus.Linux.Winter.341

19. Winux(Lindose & PEEif)

20. Wit virus

21. ZipWorm-Virus.Linux.Zipworm

Kategori Worms

1. Adm-Net-Worm.Linux.Adm

2. Adore

3. Cheese-Net-Worm.Linux.Cheese

4. Devnull

5. Kork

6. Linux/Lion

7. Mighty-Net-Worm.Linux.Mighty

8. Millen-Linux.Millen/Worm

9. Ramen worm

10. Slapper

11. SSH Bruteforce

Setelah melihar daftar virus, worm & trojan di atas maka terlihat sudah banyak yang membuat aplikasi sampah itu di Linux. Tetapi lagi-lagi karena sistem keamanan, hak akses root yang berlaku untuk super usernya saja membuat virus-sirus di atas tidak akan berakibat serius.

Melihat berbagai anti virus di Windows, apakah di Linux juga banyak anti virusnya??. Ya, ada banyak anti virus yang dapat kita gunakan di Linux. Ada juga pembuat anti virus untuk Windows juga membuat anti virus untuk Linux. Berikut anti virusnya yang berjalan di Linux

  1. Avast (versi freeware & komersil)
  2. AVG (versi freeware & komersil)
  3. Avira (versi freeware & komersil)
  4. Bitdefender (versi freeware & komersil)
  5. ClamAV (free open source software)
  6. Eset (versi komersil)
  7. F-Secure Linux (versi komersil)
  8. Kaspersky Linux Security (versi komersil)
  9. McAfee Virus Scan Enterprise for Linux (versi komersil)
  10. Panda Security for Linux (versi komersil)
  11. Sophos (versi komersil)
  12. Symantec Anti Virus for Linux (versi komersil)
  13. Trend Micro Server Protect for Linux (versi komersil)

Sungguh banyak sekali anti virus untuk Linux yang juga mempunyai beragam versi. Meskipun sistem operasi Linux tahan banting bila anda masih membutuhkan anti virus untuk berjaga-jaga maka silahkan memilih. Masih kurangkah Linux bagi anda???😀

Sumber Gambar

http://en.wikipedia.org/wiki/Linux_malware

http://zenmoe.blogspot.com

http://www.satelliteinternet.com

http://virus-reviews.com/

33 pemikiran pada “Ada Virus di Linux/Ubuntu? Siapa takut!

  1. gue malahan bikin virus pake FFE, VBVimaker32, virusgen, walrus macro generator *apal euy*

    sekarang udah kapok ah, udah dapet banyak jitakan dari guru, temen, dan sahabat gara-gara ada nickname gue di pirus itu *apa ya? bukan itachi dulu mah*

      1. mau coba? gue bikin pirus pake wine *gada yg curiga*, cari korban *pura-pura pinjem plesdis buat percobaan*, bikin autorun.inf yg mengacu pada firus tersebut, kembalikan, jreeeeeenngggg…

        pas laptopnya dicolokin usb yg terinfeksi virus itu, dia baru nyadar kalo gue nyekokin firus di Linux, (padahal itu virus bujat windus) nah… gue kabur deh bisi digetok ama temen itu :))

      2. ente memang Cracker betulan nih, ane lapor ke Polisi Cyber Crime yah?? Biar ente tahu tindak pidana pasal merugikan kepentingan umum😀 . hahahahahahaha

  2. ada buku petunjuk membuat virus kok… siapa aja bisa membuatnya… (gak akan melanggar hukum klo buat belajar mah) hehehehehe… di wine masih bisa aktif virusnya dan cuman dilingkungan wine… jadi klo pakekk aplikasi berbasis wine tetap bisa terkena virus… tapi gampang tinggal hapus aja folder .wine angus deh semua aplikasi wine yang udah diinstall… mulai lagi dari awal…😀

    oke lagh klo begetoh…

  3. tips aman pake linux… Pakai linux underground yg bukan turunan sapa2… Hehehe… Alias membangun linux sendiri… Oke boz… Ya udah lah klo beg beg begitu tu tu

  4. ada digramedia gan?cari aja? Trus ada juga di toko2 cd… Bahkan kumpulan virus jg ada soalny dulu pernah beli cd hacker… Ampun deh kebuka weduze lgsg kejang2…Atau bisa googling2…🙂

  5. bro, gw mw nanya nih,, tp ga berhubungan ma virus,,
    gw br install OS Linux ubuntu versi 10.04. yang gw mw tanyain:
    1. gimana cara install drivernya, gw pake notebook compaq 515?
    2. gw jg coba hubungkan memory MicroSD via Card reader, tapi ga ke detect di ubuntu. itu solusinya gmn?
    3. apakah bisa di ubuntu diinstallkan software yang berextensi .EXE? klo bisa caranya gmn?
    4. klo untuk distro linux yang bagus buat multimedia, itu pake apa ya gan??
    maaf gan klo gw terlalu banyak nanya, tp gw tertarik ma linux. mohon solusi dari agan-agan semua yang udah expert pake linux…

  6. Untuk yang no. 3, bisa kita install software yang berformat EXE, dengan cara menggunakan emulator seperti Wine. Install dulu Wine-nya trus baru install software EXE-nya.

    Untuk yang no. 4, sebenarnya itu mah tergantung selera ya. Ada yang suka distro Ubuntu, OpenSuse atau Fedora. Setau saya (maaf pemula), masalah multimedia kayaknya tergantung program aplikasi apa yang akan digunakan untuk menjalankannya. Dan baiasanya punya tampilan yang berbeda-beda.

    Maaf ya, ini hanya opini saya saja.

  7. Halo…kawan salam kenal gua ​♍ǟƱ tanya nih,maklum pemula baru ​♍ǟƱ belajar linux, klw cara membuka server fedora gimana ya.ketik perintah apa gitu Ɣªήğ gua tau cuma ip servernya aja,

  8. mudah kok buat virus untuk linux saya punya virus yang berefect menjengkelkan pengguna karena tiap detik muncul pesan info hehehehe

  9. wakakak! pernah buat virus pake VB 2006, di Ubuntu, untuk Windows 7. Efeknya semua layar gak bisa keliatan alias blank putih!
    Tapi tobat! sudah nyebar ke beberapa temen,di getok jadinya.
    Sekarang pakai Ubuntu Natty Narwhal (ubuntu 11.04)

  10. boleh komentar gak ya? klo menurut saya sich, linux seperti memakai SO android, lebih banyak fiture menarik daripada windows, saya lebih suka memakai linux karna lebih ringan dan enteng daripada windows,
    klo soal virus selama ini saya blm ada keluhan di kom saya tentang virus, padahal gak ada satupun anti virus yang saya instal di linux saya,
    tapi untuk tampilan sepertinya windows memang rajanya, tapi saya kapok makenya karena OS windows terlalu rentan terhadap virus,
    sekedar info saya menggunakan dual booting di laptop saya, windows dan ubuntu 11.10, untuk windows saya hanya menggunakan untuk praktek program di kampus, karena banyak program yang di jalankan menggunakan OS windows,
    untuk kedepannya saya ngasi saran bralihlah ke linux, gak mungkin kan kita make OS bajakan terus. untuk beli yang asli isi kantong masih tipis, apalagi klo di terapin razia OS seperti di negara lain. kan bisa kena denda.. salam bloger,

  11. seribu jempol buat linux, walau wktu prtama kali make linux msih blo’on alias kaga ngerti :p tapi setelah belajar terus-terusan lama-lama ngerti pake linux apalagi linux bersifat open source atau terbuka, dan kalau versi linux yang saya pakai adalah ubuntu sabily 11.10

  12. Gak ada 1pun OS yg tahan virus.. Coba liat aja Android yg turunan Linux virusx udah banyak..
    Virus itu bnyak/sdikit trgantung ama pembuatnya, kan yg pke Linux di komputer sdikit jdi Hacker juga malas buat virus di Linux…

  13. tolong. massa kan gw bawa laptop gw ke sekolahan. nah d situ ada temen gw mw minta data. eh ternyata flashdisk nya ada virus nya. memang sih flashdisk dia gak ke baca d laptop gw. tapi setelah1-2jam linux ubuntu gw pas di nyalain selang 1-2 menit lanhsung mati mendadak ;”( gw benci sma firus tolongin gw dong. laptop gw gk bsa nyala nonstop lgi ;”(

      1. saya sudah pake gpart untuk format,,,masalahnya fd nya write protecd trus klo di buka ada tulisan lovely.exe sama yg satunya file.txt….tiap kali di buka slalu aja muncul gan, virus itu ngga bisa di hapus walau sekalipun di format, aq menyerah sudah gan,,ampun yg namanya virus,,,😦

      2. coba diubah write protected agar virusnya bisa eksekusi om di gparted.pasti bisa dihapus di linux itu.
        tapi kalo si om dah delete virus lalu pake win maka virus bisa muncul lagi itu

  14. gan,ane udah lebih dari 3 tahun menggunakan linux.pengalaman ane belum pernak ngalamin adnya linux…yah kalo cuman pop-up web mah biasa tinggal di close aja.scrip dari internet pun bisa di blok karena adanya system admin dari linux,gak bakalan tuh virus masuk di komputer.extensi .exe ataupun .bat gak bakalan jalan di linux
    untuk kebutuhan sehari-hari saya rasa pake linux sudah lebih dari cukup,menegement file,multi media,disain gravis,gaming,progaming dan lain lain. sudah di sediakan dan fasilitas keaman. aplikasi di linux dengan mudah di install masuk dah di ubuntu softwhare center tinggal klik download…instal manual bisa tinggal $make..$./configure..$make install…awal mulai menggunakan linux emang susah gak tau gimana namun banyak dukungan dari temen dan forum yang bisa buat bertanya.hidup memang pilihan namun pillihan mana yg lebih baik. karena saya memilih linux,saya pake distro ubuntu.(just share).Tank’s

Tinggalkan Balasan

