Sebelumnya saya minta ma’af karena telah posting artikel tapi belum jadi. Harap maklum karena ada kendala yaitu semangat mengetik saya lagi turun jadi rehat dulu begitu.

Pada postingan ini sesuai judulnya yaitu saya melakukan operasi pada Laptop Toshiba Satellite L510 yang telah terinstall Windows & dalam keadaan baru. Sperti yang anda ketahui bahwa Laptop ini adalah Laptop yang terkenal akan ketangguhannya sehingga saya sendiri pun heran akan harga belinya yang mencapai Rp. 6.000.000,- . Dengan spek yang sangat wah untuk ukuran saya makan tak memerlukan waktu yang lama untuk menginstalkan Linux ke dalamnya. Tetapi karena di dual boot dengan Windows maka saya hanya memakai 20GB dari 320GB harddisk dengan pertimbangan karena hanya untuk menghapus virus Windows saja sehingga tak membutuhkan space harddisk yang besar. Walaupun dipakai hanya untuk menghapus virus maka tak apalah karena itu juga untuk sosialisasi Linux kepada masyarakat juga.

Pilihan distro Linux yang dipakai jatuh pada Linux Mint Helena yang segar kendati pada awalnya hendak memakai Sabily Gaza sebagai pilihan saya. Akan tetapi saat saya menjalankan Sabily Gaza via live cd seperti ada yang rusak tampilannya, entah ada yang rusak saat proses burn  atau memang aslinya begitu. Ditambah lagi saat saya menuliskan keyboard layout saat hendak install Sabily kok ada yang aneh yaitu mengetik huruf M kok jadi tanda koma. Setelah bertanya pada teman telah diketahui bahwa keanehan saat mengetik karena Sabily memakai default keyboard dari negara Perancis!!!!. Karena sudah terlanjur install Linux Mint & telah di update paket-paketnya maka Sabily Gaza pun ditangguhkan.

Proses operasi penyuntikan Linux Mint Helena pun dilakukan, dengan berbekal Linux Mint edisi Main Universal+koneksi Speedy maka berjalan dengan sukses. Dengan space harddisk sebesar 20 GB, saya pun hanya membuat partisi root  & swap saja mengingat keterbatasan space tersebut. Langkah demi langkah install pun mulus dijalani oleh Toshiba Satellite ini dah berhasil berintegrasi mulus dengan Windows. Untuk proses selanjutnya yaitu penambahan codec multimedia, aplikasi tambahan dengan bantuan Speedy saya & menggunakan sudo pppoeconf maka Toshiba Satellite pun bebas terbang ke dunia maya. Singkat kata semua komponen Laptop tersebut telah terdeteksi dengan baik oleh Linux Mint, sungguh Laptop yang bagus.

Tapi sayangnya saya tidak mengambil gambarnya karena ketiadaan kamera sehingga saya hanya menyertakan gambar Laptop dari Google saja. Sekali lagi Linux telah saya sebarkan, menunggu pasienn selanjutnya😀 .

12 pemikiran pada “Install Linux Mint Helena di Toshiba Satellite L510

  1. kepada forum linux saya pengen nany saya kan pengen belajar ubuntu akan tetapi laptop saya yang toshiba satellite l510-s4017b di instal ubuntu seringgal pada saat mask ke program ubuntu itu knp oia ada lagi adakah ubuntu yang mendukung laptop toshiba satellite l510-s4017b saya klo y tolong y dikirimin sistem operasi ubuntu y…

      1. permisi……mo nanya ….utk ubuntu tetep gk bisa ya di instal ke L510???? udah aku coba beberapa kali gk bisa sih. mungkin ada solusi?

  2. iy Ubuntu 10.10 baik yg Bit 32 dan 64 tidak bisa diinstal ataupun cuma live CD di Toshiba L510

    trmasuk juga Linux Klixs 2008 dan 2010 juga tidak bisa di Toshiba tersebut cs saya udah coba tu Burningan CD / DVDnya di Laptop Axioo, Laptop Acer, Compaq PC dan IBM PC semuanya mulus cuma di Toshiba aja yg Mancet ditengah jalan…

Tinggalkan Balasan

