Satu lagi distro yang membuat saya semakin jatuh hati pada Linux, terlebih distro Linux ini yang pertama kali dapat menampilkan efek desktop/Compiz Fusion di komputer desktop saya. Adalah PCLinuxOS, distro Linux yang membuat saya gembira setelah mencoba Blankon Meuligo pada masa itu. Sebuah distro yang saya kenal dari Internet & tertarik dengan mottonya yaitu Radically Simple yang membuat penasaran. Tak salah bila PCLinuxOS ini menjadi distro Linux ke 2 setelah Blankon Meuligo yang harus saya miliki & coba.

Awalnya saya browsing distro Linux di warnet, setelah melihat-lihat sekilas saya baca ada distro Linux yang namanya saya kira penggunaannya untuk PC desktop kendati memang distro Linux memang diperuntukkan untuk PC desktop juga. Setelah membaca detilnya memang PCLinuxOS 2009.1 ini memang benar-benar Radically Simple betulan. Selain karena memang aplikasinya lengkap, multimedia yang bisa langsung play serta yang paling hebat yaitu sudah terintegrasi dengan efek desktop yaitu Compiz Fusion itu. Saya sendiri melihat efek desktop pertama kali dari mata saya sendiri yaitu saat mengikuti kursus gratis satu hari yang diadakan oleh PCLinuxOS 3D di Jakarta. Sungguh membuat saya ngiler saat melihat efek desktop yang sangat bagus di PC presentasi yang diinstall PCLinuxOS 3D. Makanya PCLinuxOS menjadi target saya nantinya.

Usaha untuk memiliki PCLinuxOS 2009.1 KDE ini pun juga tak mudah. Kendalanya pun sama seperti kendala saat ingin memiliki Blankon Meuligo dulu. Kebetulan di daerah sekitar saya ada warnet yang baru buka  tetapi belum launching. Saya pun ingin mencoba mengunduh sendiri PCLinuxOS 2009.1 ini dengan keyakinan mungkin koneksi warnet baru ini cepat koneksinya. Dengan bermodal Internet Download Manager saya mengunduh PCLinuxOS 2009.1 ini dari UGM, tanpa diduga kecepatannya lebih dari 100kbps. Karena saat itu saya online sendiri karena warnetnya masih sepi, maka dengan waktu 2 jam lebih sedikit saya berhasil mengunduh PCLinuxOS 2009.1 KDE & segera membakarnya ke cd. Hatipun riang gembira😀 .

Esoknya  setelah cd PCLinuxOS 2009.1 KDE berada di tangan, saya langsung mencobanya via live cd di komputer saya yang lainnya. Komputer saya yang diinstall Blankon Meuligo sedang koit karena terkena dampak mati listrik PLN. Setelah booting & masuk ke desktopnya, terhamparlah PCLinuxOS 2009.1 KDE yang indah. Dengan warna dominan biru & bentuk yang berbeda dengan GNOME membuat PCLinuxOS ini memiliki ciri khas tersendiri. Selanjutnya mencoba aplikasi Multimedia & hasilnya semuanya berfungsi dengan baik seperti Blankon Meuligo. Untuk aplikasi yang lain seperti aplikasi Grafis,Office,Internet tak masalah. Bahkan Gamesnya sendiri banyak banget jumlahnya!😀 . Selanjutnya yang paling ditunggu-tunggu yaitu penampilan efek desktop atau Compiz Fusion. Dengan sedikit setting sedikit pada Displaynya dengan mengganti ke posisi 3D di Control Settingya pun sukses dijalankan. Berhasilnya menjalankan Compiz Fusion ini ditandai dengan tiadanya peringatan eror saat klik posisi 3D tersebut. Saya berpendapat seperti itu karena saat saya coba di Ubuntu Hardy Heron dulu gagal karena driver VGAnya belum mendukung. Pada PCLinuxOS ini saya simpulkan bahwa VGA telah didukung dengan baik. Selanjutnya untuk menguji kebenaran tentang Compiz Fusionnya saya  membuka satu aplikasi & menggeser-geser windownya. Hasilnya yaitu sukses, window terlihat seperti bergoyang-goyang saat digeser-geser karena efek Woobly Windowsnya, Itulah kebahagiaan yang sudah saya tunggu lama dari Linux dengan Compiz Fusionnya. Untuk selanjutnya untuk menyetting Compiz Fusionnya juga mudah karena sudah dilengkapi dengan Compiz Config Settings Manager sehingga mudah untuk membuat efek-efek lainnya. Untuk dekstopnya sendiri juga keren, dengan KDE serta Emerald membuatnya semakin indah saja. Tambahan seperti Superkeramba untuk monitoring komputer juga tersedia. Memang simpel banget tuh PCLinuxOS !

Kesimpulan  setelah mencoba PCLinuxOS 2009.1 KDE ini adalah sangat hebat & keren. Selain aplikasinya yang lengkap juga memiliki keindahan desktop yang khas kendati sama seperti KDE pada distro Linux lainnya. Inilah distro Linux ke dua yang membuat saya gembira setelah Blankon Meuligo. Karena sekarang saya memakai Ubuntu Jaunty serta keterbatasan harddisk maka belum bisa mencobanya lagi. Mungkin bila saya ada sedikit space harddisk yang kosong saya bisa membuat dobel dengan Ubuntu Jaunty. Dan sekali lagi PCLinuxOS is Radically Simple!

Sumber Gambar : google.com

8 pemikiran pada “PCLinuxOS 2009.1, Keren Banget tuh!

Tinggalkan Balasan

