Cerita pada mulanya yaitu saya rindu sekali dengan desktop KDE yang indah itu. Terkenang saat dulu masih memakai PCLinuxOS serta Kubuntu KDE version, sangatlah indah dipandang. Berhubung di komputer AMD saya terinstall Ubuntu Jaunty GNOME maka membuat saya semakin merindukan KDE. Untuk mengobati rasa rindu, saya mulai berpikir untuk membuat tampilan Ubuntu GNOME saya menjadi seperti Kubuntu. Dengan semangat tahun 2010 serta Speedy di samping saya maka saya bersama Google pun kerja sama dalam sebuah koalisi yang mutualisme😀 .

Ubuntu rasa Kubuntu

Dengan kata kunci “install KDE di Ubuntu” maka terhampar link web yang membahas tentang sesuatu yang saya cari itu. Di web tersebut dijelaskan cara untuk install berbagai macam desktop dari GNOME, KDE, LXDE, XFCE di Ubuntu. Karena yang saya cari yaitu KDE maka langkah operasi pun dilakukan untuk menanamkan KDE ke dalam GNOME saya. Berikut caranya

1. Pastikan anda terkoneksi dalam jaringan Internet.

2. Lalu buka Terminal lalu ketik

sudo apt-get install kde-desktop terus Enter. Isi password anda lalu Enter

Terlihat bahwa untuk menambah desktop KDE ini perlu menginstall paket-paket yang dibutuhkan. Ketik Y untuk melanjutkan proses install KDE. Perlu diketahui paket-paket yang akan diinstall agak banyak sehingga sangat bergantung pada kecepatan koneksi Internet anda😀 .

Setelah proses installasi selesai muncul sebuah window yang bertanya pada kita apakah akan memakai GDMnya Ubuntu atau Kubuntu. Kalau saya sih memilih GDMnya Ubuntu biar terkesan standar gitu.

Bila semuanya sudah selesai maka tibalah waktu untuk mengetesnya. Berikut cara pengetesannya

1. Tutup semua aplikasi anda karena kita akan Log out

2.  Klik Sistem lalu Log out

3. Setelah Ubuntu log out maka muncul GDM, isi user name serta password & jangan langsung masuk/enter

4. Pada session, pilih KDE sebagai desktop environmentnya. Lalau log in ke Ubuntu kembali.

Terlihat bahwa tampilan loadingnya memakai Kubuntu & setelah masuk maka desktopnya memang benar-benar Kubuntu😀 . Dengan ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kita telah berhasil membuat Ubuntu rasa Kubuntu😀 . Untuk mengembalikan lagi desktop KDE ke GNOME cukup dengan restart komputer anda & GNOME pun kembali tersenyum.

Selamat mencoba!


6 pemikiran pada “Membuat Ubuntu rasa Kubuntu, dijamin segar!

Tinggalkan Balasan

