Alkisah saya sedang bermain-main dengan dekstop LXDE, mulai dari mencoba aplikasi LXDE, PCman File Manager hingga mengganti desktop gitu. Saat mengganti-ganti wallpaper bawaan LXDE, terdapat pilihan untuk mengaktifkan klik kanan mouse agar keluar menunya saat klik kanan di desktop. Saya pun tergelitik rasa penasaran & mengaktifkan opsi tersebut. Setelah melihat efek yang dihasilkan ternyata bila klik kanan dektop tidak muncul lagi pilihan Change Desktop Setting melainkan muncul menu LXDE gitu. Menurut saya tampilan tersebut menjadi tidak menarik karena saya berpikir bila ingin mengubah wallpapernya maka tidak bisa sementara bila klik kanan tidak muncul Change Desktop Settingnya😀 . Dari sini permasalahan pun muncul Bro, sampai semalaman saya mencari  settingan untuk mengembalikan klik kanan tersebut. Dengan hanya bermodal try & eror pun menjadi eror betulan karena saya belum  menemukan solusinya di Ubuntu LXDE. Sementara itu saya pun turut mencari solusinya via Google, dari forum LXDE, Ubuntuforums hingga PCLinuxOS LXDE pun saya singgahi. Hingga larut malam pun saya belum menemukan solusinya Bro😀 .

Terbersit keinginan untuk install ulang desktop LXDEnya, tetapi saya urungkan karena hal itu bukanlah solusi melainkan jalan terakhir bila sudah buntu. Saya pun bertanya pada teman-teman seperjuangan Linux, ada yang menyarankan agar membuat user baru. Lagi-lagi saya urungkan karena kegagalan ini karena hal kecil & tidaklah perlu sampai membuat user baru. Pada keesokan harinya  setelah bangun tidur tepatnya, saya pun mulai perang lagi. Dari masing-masing forum saya menemukan celah untuk mengembalikan klik kanan ini. Saya melihat pada salah satu postingan di Ubuntuforums, kasusnya sama dengan saya yaitu kehilangan akses klik kanan pada desktop sehingga bila mengganti backgroundnya tidak bisa. Akhirnya jawaban ditemukan, salahsatu peserta forum memberikan solusi yang kemudian saya coba & berhasil mengembalikan klik kanan Ubuntu LXDE saya😀 . Memang dari sekian banyak postingan di Ubuntuforums, masih sangat langka menemukan postingan tentang LXDE ini. Tetapi syukurlah saya temukan kasus yang sama seperti saya alami beserta solusinya.

Berikut langkah mengembalikan klik kanan desktop di Ubuntu LXDE, mungkin juga berlaku bagi distro Linux lain yang memakai desktop LXDE

1. Pada awalnya bila kita klik kanan desktop maka akan muncul menu Desktop Settings seperti ini

Lalu saya centang opsi Show menu provided by WM when desktop is clicked. Setelah klik OK maka bila klik kanan pada desktop akan muncul seperti ini

Terlihat bahwa bila kita ingin mengubah wallpaper pada desktop tidak ada opsi Desktop Settings seperti mulanya.

Untuk mengembalikan lagi settingan klik kanan ini bisa memakai langkah ini yaitu klik pada PCMan File Manager(Explorernya LXDE). Lalu klik Edit>Prefences, muncul jendela Preferences. Lalu klik pada tab Dekstop lalu hilangkan tanda centang pada Show menu provided by WM when desktop is clicked. Setelah selesai klik Ok, untuk mengetesnya klik kanan pada desktop & klik kanan telah kembali seperti semula😀 .

Langkah lainnya untuk mengembalikan klik kanan ini yaitu via Terminal. Buka Terminal  lalu ketik pcmanfm –show-pref=2 lalu Enter. Seketika itu maka akan muncul jendela Preferences, maka anda tinggal klik Tab Desktop lalu hilangkan tanda centang pada Show menu provided by WM when desktop is clicked. Klik Ok untuk mengakhirinya, silahkan coba klik kanan pada desktop maka menunya telah kembali normal😀

Akhirnya permasalahan ini telah teratasi kendati mulanya sangatlah rumit untuk mencari solusinya😀 . Syukurlah telah ada forum yang telah membahas masalah tersebut & saya semakin suka dengan forum semacam ini. Semoga dengan menulis langkah-langkah mengembalikan lagi klik kanan pada desktop LXDE khususnya Ubuntu juga dapat membantu teman yang bernasib sama seperti saya😀 .Selamat mencoba! .

Sumber: Klik di sini

9 pemikiran pada “Mengembalikan Klik Kanan Mouse di Ubuntu LXDE

      1. Kalo buat ngunci panel gimana bos?soalnya mw di pake klien warnet jdi panelnya biar gak berubah oleh user yang gak sengaja klik kanan di panel.Thanks

  1. Untungnya di PClinuxOS ada lxde control centernya gan… jadi agak lebih mudah… bagaimana dengan compiz… sudah bisa diaktifkan belom… klo di pclinuxos bisa di ubuntu juga bisa…😀

  2. Kebetulan saya juga mempunyai pengalaman yang sama seperti Mas Yogieza, saya juga pusing cari jalan keluarnya.. dan kebetulan menggunakan cara seperti yang ditulis mas Yogieza tidak bisa, pusing kan ??!! Di pcmanfn menu edit-preferences tidak ada tap Desktop.

    Saya lalu iseng, buka terminal (lxterm) kemudian ketik :
    $ pcmanfm –help

    nah.. tampaklah opsi –desktop-pref, lgsg saja coba :
    $ pcmanfm –desktop-pref

    gubraakk.. !! ternyata sakti.. lgsg muncul Preferences-nya !! lega rasanya.. hehehe..

    Semoga yg kebetulan mempunyai masalah yg seperti yg saya alami bisa terbantu dengan informasi ini.

    😀

  3. haha, kasusnya sama kayak ane di zorin os lite,,,
    karena pusing akhirnya install ulang padahal baru di install😀
    (pemula linux yg baru sehari install ngutak-atik dan gubrakk!!)
    Ya, habis gmana lagi mau cari jawaban di google gak bisa konek, modem gak ke detect, install wvdial malah error -_-

    Sekarang ganti ke zorin os core dan lebih enak walaupun pakai GNOME😀

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s