Setelah sukses menginstall Guake Terminal & menjajalnya maka muncul problem yang tak diduga. Saat saya reboot Ubuntunya maka Guake Terminal pun lenyap di apllet atas kanan. Melihat kejadian ini saya pun berpikir betapa repotnya bila kita selalu klik Aplikasi >Aksesoris>Guake Terminal pada setiap kali menghidupkan PC. Saya pun masuk ke window Preferencenya Guake untuk melihat apakah ada settingan untuk mengenablekan start upnya.

Saya kaget bukan kepalang karena pada Prefencenya tak ada settingan untuk start up program. Tak seperti aplikasi lain semisal GNOME Do yang menyertakan settingan start upnya. Dengan semangat menggebu-gebu saya pun mulai mencari solusinya. Setelah saya berkelana dari berbagai forum  & teman-teman akhirnya saya menemukan solusinya. Solusi tersebut datang dari guru saya yaitu Frijal yang namanya sudah sangat kondang di negeri ini😀 . Dengan wejangan yang diberikan kepada saya maka saya langsung ke TKP & Alhamdulillah berhasil membuat Guake Terminal ini selalu hidup setiap kali booting PC😀 .

Berikut langkah-langkahnya

-Untuk membuat Guake Terminal ini auto start up,  silahkan klik Sistem>Preferences>Startup Application. Muncul window Startup Application Properties.

-Lalu buat  program start up Guake Terminal dengan cara klik add lalu muncul window Add Startup program

-Pada window Add Startup program lalu ketikan

Name=Guake Terminal

Command=guake

Comment=terserah diisi atau tidak

lalu klik Save

-Muncul list baru Guake Terminal yang baru kita buat tadi & menandakan kita telah selesai membuat Guake Terminal Auto Startup

Untuk membuktikannya silahkan reboot PC anda, terlihat apllet Guake Terminal selalu ada di panel atas.

Adapun saya menemukan command di Startup Preferences tadi memakai saran dari Frijal. Sebelumnya saya sangat bingung saat membuat sendiri program startupnya karen commandnya tidak tahu. Mau di browse juga tak tahu dimana file eksekusinya. Berikut langkah dari Frijal dalam menemukan Commandnya

-Kita menuju ke Guake Terminal via Aplikasi>Aksesoris>Guake Terminal & jangan di klik kiri.Klik kanan pada menu Guake Terminal tersebut lalu pilih Add this launcher to panel lalu muncul launcher Guake Terminal di panel atas.

-Lalu pada launcher Guake Terminal tersebut klik kanan lalu pilih Properties. Muncul window Launcher Propertiesnya.

Terlihat di propertiesnya nama berikut commandnya lalu kita salin ke window Add Startup Program Guake Terminalnya. Itulah langkah dari Frijal & terima kasih teruntuk beliau seorang😀 .

Demikian langkah-langkah membuat Guake Terminal Startup serta langkah mendapatkan command dari Frijal. Selamat mencoba😀 !

3 pemikiran pada “Membuat Guake Terminal auto start up di Ubuntu

Tinggalkan Balasan

