Beragam cara untuk mempercantik desktop Ubuntu bertebaran di Internet. Dari hanya sekedar ganti themes, wallpaper hingga memasang dock di Ubuntu. Satu lagi langkah ringan untuk mempercantik Ubuntu anda yaitu dengan menginstall Gnomenu. Gnomenu serupa seperti aplikasi menu biasa, yang membedakan hanyalah bentuknya yang W******S like. Gnomenu ini juga serupa dengan menu kick offnya KDE yang simpel. Tentu saja Gnomenu ini berfungsi sebagai menu aplikasi serta mempercantik desktop Ubuntu anda.

Untuk memasang Gnomenu di Ubuntu Jaunty  perlu kita install sendiri. Dari applet yang disediakan oleh Ubuntu sendiri, Ubuntu idak menyertakan Gnomenu. Maka kita perlu mengunduh Gnomenu di sini. Kita mengunduh Gnomenu gnomenu-2.4.1.tar.gz  yang terbaru lalu simpan di desktop.

-Lalu buka terminal ketik cd Desktop, akan terlihat file gnomenu-2.4.1.tar.gz yang baru kita unduh

-Kita ekstrak dulu file gnomenu-2.4.1.tar.gz dengan cara ketik di terminal tar -xzvf gnomenu-2.4.1.tar.gz lalu enter. Lalu proses ekstrak akan berjalan.

– Hasil ekstrak terbentuk sebuah folder yaitu gnomenu. Lalu kita masuk ke folder gnomenu tersebut dengan ketik di terminal cd gnomenu lalu enter

-Setelah kita masuk direktori gnomenu, ketik perintah sudo make  lalu enter

-Setelah itu ketik sudo make install untuk install gnomenu di Ubuntu. Setelah proses ini maka Gnomenu telah ada di Ubuntu anda

Untuk memunculkan applet Gnomenu ini, klik kanan pada panel atas lalu klik add to panel. Lalu cari Gnomenu di list appletnya & klik add. Gnomenu telah muncul di panel atas anda. Selamat anda telah berhasil memasang Gnomenu ini.

Sumber : klik

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s