Bagi penggila berat aplikasi Grafis Corel Draw yang bermigrasi ke Ubuntu maka semestinya mencari aplikasi penggantinya. Banyak aplikasi Open Source tersedia di Ubuntu seperti Inkscape, Skencil atau Inkscape. Kendati performanya memang tak seperti Corel Draw, aplikasi Open Source tersebut patut diperhitungkan juga lho untuk mengolah vektor. Untuk mulai menggunakan aplikasi Grafis yang Open Source semacam Inkscape pun tak sulit, hanya perlu membiasakan lagi.

Masalah muncul bila telah biasa menggunakan Inkscape yaitu mengedit gambar yang bersumber dari Corel Draw yang berformat .cdr. Inkscape ini belum mampu mengolah file dari Corel Draw. Solusi yang sudah pasti yaitu dengan install Corel Draw via WINE atau Crossover, tetapi hal tsb bukanlah solusi yang tepat karena masih menggunakan aplikasi yang Propretiary. Salah satu solusi yang dahsyat yaitu install aplikasi pengolah Grafis SK1 yang Open Source. SK1 ini mampu untuk mengedit gambar yang bersumber dari Corel Draw serta untuk bermain vektor sehingga sangat bermanfaat bila kita mengedit gambar .cdr.

Untuk menginstall SK1 ini kita perlu mengunduhnya dulu di sk1project.org , di repository belum tersedia SK1 ini.  Untuk kali ini saya mengunduh SK1 & SKlibs untuk Ubuntu Karmic 32 bit.

-Setelah deb sK1 & sKlibs terunduh, kita install dulu sk1libs-0.9.1pre-rev905_0ubuntu1_9.10_i386.debnya dengan dobel klik di paket tersebut.

-Install dependensi yang diperlukan oleh sK1 ini di terminal

tcl8.5 8.5.7-1
tk8.5 8.5.7-1
blt 2.4z-4.1
python-tk 2.6.3-0ubuntu1
python-imaging-tk 1.1.6-3ubuntu1
python-reportlab 2.3-0ubuntu1
python-reportlab-accel 2.3-0ubuntu1
python-renderpm 2.3-0ubuntu1
-Lalu install deb sK1-0.9.1pre-rev905_0ubuntu1_9.10_i386.deb dengan dobel klik, proses install akan terjadi Om & selesai dengan sendirinya
-Untuk memanggil sK1 ini bisa lewat terminal dengan ketik sudo sK1 atau buat menu baru di main menunya.
Selamat mencoba Om!

Sumber klik & klik

38 pemikiran pada “SK1, penggantinya Corel Draw di Ubuntu

  1. eh..gue udah nyoba… kren…paling font fontnya aja yang belum kedetek…sma warna nya yang tadinya blur jadi berpetak..its oke lah… cara bukanya di sudo terus yah???

  2. Inkscape yang baru bisa kok buka CDR (versi < X3 kalo nggak salah), tapi ya terbatas, cuma tulisan sama bentuk-bentuk dasarnya saja. Saya pernah coba.

  3. semua sudah saya instal sesuai petunjuk diatas, tapi waktu jalankan sk1 yang muncul SEGMENTATION FAULT, saya memakai dewa linux 3 dan nlankom 5, bagaimana solusinya ? thx

    1. pesan apaan tuh?
      btw untuk informasi perlu diketahui bahwa sk1 belum bisa diinstall ke Ubuntu Lucid ke atas. perlu diketahui juga bahwa Inkscape telah bisa membuka file .cdr.
      terima kasih.

  4. bro. ane udah coba pake sk1 tapi kenapa ya kalo ane buka file corel desain yang ane udah buat di corel malah berubah/ ada bagian desain ane yang ga keliatan ya????

      1. klo bisa sih jika pakai corel cukup gunakan corel saja…, klo mau open source2 open source sekalian, jangan setengah2 capek nanti pas di percetakan (jika ingin mencetak). Klo saya cukup mengandalkan file *.svg (inkscape) kemudian diubah ke file siap cetak melalui Gimp. Klo di percetakan mau diedit lagi bisa bawa Gimp dan inkscape portable USB, klo sudah final, langsung di simpan kedalam bentuk PNG. lalu cetak deh..🙂

  5. ane udah lama pake gimp buat avatar… tapi ane bingung mau pake sk1 atau inkscape buat bikin foto jadi kartun vektor…
    enaknya yang mana gan?
    terima kasih….

  6. saya udah coba di ubuntu precise 11.04, kekurangannya,, entah mengapa nggak bisa bua ngeprint, ikon printnya mati, gak menyala, kalau di klik ctrl+p malah jadi pdf. di pdf pun kalo di print hasilnya g sama dengan dokumen sk1nya, (panjang dan lebar antara hasil print dan di layar berbeda ukurnya)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s