Jangan salah kira lho dengan Dockbarx ini dikira sama dengan dock seperti Avant Window Navigator atau Cairo Dock😀 . Dockbarx ini adalah applet yang menampilkan window yang kita buka, bisa juga disebut dengan Windows list mini. Bagi yang pernah memakai OS W*****S 7 pasti sudah tak asing dengan tampilan Dockbarx ini dikarenakan memang mirip benar dengan Taskbar W*****S 7. Bedanya antara lain Dockbarx ini di bawah lisensi GPL3 & untuk Linux khususnya Ubuntu.

Dockbarx ini sangat cocok digunakan untuk memperindah desktop serta membuat praktis tampilan Windows list di panel bawah. Hal ini sangat menguntungkan bila kita memakai banyak aplikasi maka window listnya pun tak berjejalan gitu😀 .

Wokey, kali ini kita akan install Dockbarx ini di Ubuntu Karmic Koala. Berikut langkah-langkahnya:

-Pastikan Ubuntu Karmic Koala anda terkoneksi dengan koneksi Internet, bagi yang tidak maka ada cara tersendiri nanti

-Buka Terminal Ubuntu lalu ketikan $ sudo add-apt-repository ppa:dockbar-main/ppa

lalu Enter

-Masih di Terminal ketikkan juga $ sudo apt-get update && sudo apt-get install dockbarx lalu Enter

Perintah di atas berfungsi untuk mengupdate paket yang baru serta menginstall Dockbarxnya

-Setelah proses Intall berakhir maka kita tinggal mengetesnya saja Bro dengan cara

1. Remove Windows List yang ada di panel bawah

2. Klik kanan pada panel pilih Add to panel, muncul daftar Add to panelnya.

3. Cari & pilih Dockbarx &  klik Add. Otomatis Dockbarx akan muncul di panel bawah Bro.

Masalah yang mungkin timbul yaitu Dockbarxnya tidak ada dalam daftar Add to panelnya, solusinya silahkan Ubuntunya di log out dulu Bro.  Setelah Dockbarx muncul kita tinggal drag ke arah kiri atau sesuka anda lalu lock agar tidak berpindah-pindah. Untuk mengedit tampilan Dockbarx bisa kita edit dengan klik kanan pada ujung kiri Dockbarx lalu pilih  Properties. Muncul window Dockbarx Preference. Di Dockbarx Preference kita dapat mengedit Theme, Opacify, Popup setting dsb. Tidak sulit kok Bro mengeditnya.

Sekarang waktunya anda mencobanya sendiri lho & tetap semangat!

Sumber klik

11 pemikiran pada “Install Dockbarx di Ubuntu Karmic lho…..

  1. gan, saya dah praktekan satu2 tapi waktu nginstall theme via emerald, ko ga bisa ya, mau enablekan emerald dari compiz maksudnya apa, theme yang saya ga berubah masih sama sebelum install emeerald, mhn bantuannya, thx

      1. fusion icon yang mana bro, fusion icon tu salah satu efek di compiz ato bukan? bisa dijelasin ga langkah2 ganti theme nya, ane penasaran ne, buka emerald tapi ga ad button apply nya, cuma bisa liet theme ny duank, thx b4

      2. itu bukan salah satu efek tapi salah satu piranti untuk ngedit window decorator dsb.install aja deh fusion-icon biar ente paham fungsinya

  2. Mau nanya nih mas, klu kita login dockbarnya gak mau muncul kenapa kira2 ya. Ini terjadi setelah sehabis update ubuntu… ini baru terjadi 2 har belakang ini…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s