Keindahan desktop Ubuntu tak berhenti pada efek Compiz Fusion atau gonta-ganti berbagai theme. Masih ada cara lain untuk mendongrak tampilan Ubuntu agar lebih keren lagi. Salah satunya adalah dengan membuat animasi pada layar desktopnya. Dekstop Ubuntupun jadi tak membosankan.
Animasi desktop ini sebenarnya file video avi/wmv yang dijalankan dengan aplikasi pemutar video yang ditampilkan di desktop. Di Ubuntu pun ada aplikasi untuk membuat desktop beranimasi ini & salah satunya yaitu A-desk. A-desk ini adalah aplikasi yang dipanggil dengan script (lagi-lagi script😀 ). Aplikasi A-desk ini membutuhkan aplsikasi zenity mplayer serta xscreensaver. Oleh sebab itu sebelum menginstall A-desk ini perlu install dulu aplikasi tersebut.
Langsung saja kita praktekan
-Unduh terlebih dulu a-desk di sini atau di sini. Bedanya bila pada link pertama a-desk ini berukuran sekitar 400MB & termasuk dengan bermacam-macam animasi. Sedangkan pada link ke dua hanya ada satu animasi contoh. Pada kali ini saya memakai a-desk yang 400MB karena lengkap😀 . Proses install pada ke dua link sama saja Bro, hanya berbeda banyaknya animasi

-Jangan lupa untuk install zenity, mplayer serta xscreensaver

-Setelah file a-desk.tar.gz terunduh, ekstraklah file tersebut.

-Masuk ke dalam folder a-desk, lalu install XWINRAP. Sesuaikan dengan jenis Ubuntu anda.

-Lalu klik 2 kali pada a-desk.installer , pilih run in terminal. Muncul jendela install lalu pilih install a-desk. Proses akan berlangsung & anda akan ditanyakan password.

-Setelah installasi selesai, coba klik kanan pada desktop anda & pilih script. Cari a-desk & klik, muncul jendela aplikasi a-desk ini & pilih salah satu animasi lalu klik Ok. Otomatis video animasi pun muncul di desktop anda. Untuk mengembalikan ke posisi semula cukup klik kanan dekstop lalu klik a-desk lagi.

Sayangnya a-desk ini tidak bisa diambil screenshotnya karena gambar videonya berwarna hitam. Untuk menambah video animasinya juga agak sulit, saya sendiri masih mencoba untuk menambah videonya sampai saat ini.

Selamat mencoba Bro😀

Satu pemikiran pada “Install animasi desktop a-desk di Ubuntu Karmic

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s