Bermula saat saya akan membaca file unduhan Laskar Pelangi yang tersedia dalam format PDF serta DjVu. Untuk membuka file PDF novel Laskar Pelangi di PCLinuxOS sudah bisa dengan Kpdf atau lewat Konqueror langsung. Tapi problem muncul saat ingin membuka file Laskar Pelangi yang DjVu, muncul warning gitu. Berbeda sekali saat memakai Ubuntu Karmic yang sudah bisa membuka file DjVu. Mau tak mau di PCLinuxOS ini kita perlu mencari tahu tentang DjVu  writernya.

Langkah pertama untuk mencari tahu tentang DjVu ini yaitu pergi ke Synaptic lalu search DjVu. Ternyata hasilnya ada yaitu paket untuk membaca DjVu file. Untuk menginstalll DjVu writer tersebut maka klik kiri pada kotal kecil di paket DjVulibre & pilih Mark for Installation. Setelah itu muncul peringatan tentang dependensi yang turut serta diinstall. Untuk memulai install klik Apply. Proses unduh DjVu pun berlangsung & akan selesai bila tak tejadi masalah.

Untuk membuka DjVu writer ini bisa kita lihat pada Office>Publishing>DjView3. Untuk membuka file DjVu tinggal klik file>open & terbukalah file Laskar Pelangi saya. Perlu belajar lagi nih di PCLinuxOS, untuk install aja saya masih menggunakan Synaptic😀 . Tak apalah, yang penting terbiasa dulu deh & Selamat mencoba Bro

4 pemikiran pada “Install DjVu viewer di PCLinuxOS 2009.2

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s