Mengganti GRUB2 dengan GRUB Legacy di Ubuntu Karmic

Walaupun terlihat sadis, pada kali ini saya membantai GRUB2 bawaan Ubuntu Karmic & menggantinya dengan GRUB Legacy. Adapun saya mengganti GRUB2 karena beberapa alasan yaitu GRUB2 sangatlah mudah error dengan munculnya grub rescue. Error tersebut terjadi bila mati listrik tiba-tiba & keluarlah warning tersebut. Untuk mengembalikan lagi caranya pun agak ribet sehingga membuat kapok. Alasan lainnya yaitu GRUB2 sulit diedit seperti menambah list distro Linux. Peristiwa ini saya temui saat saya menambah PCLinuxOS di komputer saya. Saya sudah update grubnya & saat masuk ke PCLinuxOSnya tidak bisa. Adapun untuk mengedit GRUB2 tak semudah seperti mengedit GRUB biasa, ada caranya sendiri Bro. Lagi-lagi karena keterbatasan kemampuan saya maka saya nyatakan untuk angkat tangan pada GRUB2 & meminang kembali GRUB biasa 😀 .

Untuk mengetahui info tentang GRUB2  silahkan baca di sini. Untuk menguninstall GRUB2 silahkan baca di sini. Baiklah, langsung saja ke TKP

Pastikan komputer memakai Ubuntu Karmic & terkoneksi dengan Internet. Lalu buka Terminal

– Di terminal ketik perintah di bawah ini untuk membuat salinan file & folder GRUB2

sudo cp /etc/default/grub /etc/default/grub.old
sudo cp -R /etc/grub.d /etc/grub.d.old
sudo cp -R /boot/grub /boot/grub.old
- Menghapus GRUB2
untuk menghapus GRUB2nya ketik perintah di bawah ini di terminal
sudo apt-get purge grub2 grub-pc
- Menginstall GRUB Legacy
setelah GRUB2 hilang maka kita install GRUB Legacynya dengan ketik perintah di terminal
sudo apt-get install grub
- Setelah GRUB Legacy terinstall maka kita update GRUBnya untuk mengadaptasikan dengan sistem yang ada dengan mengetik
sudo update-grub
pada saat mengupdate GRUBnya ada pertanyaan untuk membuat menu.lstnya, ketik y untuk membuat menu.lst
- GRUB telah terinstall, selanjutnya kita tinggal menanamkannya ke MBR dengan cara ketik
sudo grub-install /dev/sdX

jangan lupa sdXnya menyesuaikan dengan susunan HD anda
Selesailah tahapan untuk installasi GRUB Legacynya, bila tak ada kesalahan pasti akan berfungsi tuh GRUBnya. Untuk melihat gambar proses installasi GRUB saya bisa dilihat gambar di atas.
Selamat mencoba & semoga sukses Bro 😀

4 tanggapan untuk “Mengganti GRUB2 dengan GRUB Legacy di Ubuntu Karmic

Tinggalkan komentar