Di berbagai distro Linux seperti PCLinuxOS atau Ubuntu tersedia daftar Repository untuk mengunduh paket-paket softwarenya. Pilihan server Repositori pun banyak sehingga kita bisa memilih server yang dekat dengan tampat kita. Semakin dekat server Repositori dengan tempat kita maka akan semakin cepat proses pengunduhannya. Tentu saja sangat menguntungkan kita bukan?

Di PCLinuxOS sendiri daftar server Repositori memang banyak bila kita lihat di Synaptic Package Managernya. Kebanyakan server-server tersebut berada di luar negeri sana, terbayang bila proses pengunduhan paketnya pun lambat. Setelah menelusuri berbagai mirror yang ada di negeri kita yaitu dari kambingui serta repo UGM, saya memilih repo UGM karena memang tersedia Repositorinya serta lebih dekat dengan tempat saya. Beruntunglah saya memakai repositori dari UGM ini di PCLinuxOS saya.

Untuk menambahkan repositori dari UGM ini silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini
– Pastikan PCLinuxOS anda terhubung dengan Internet
– Buka Synaptic Package Manager & isi password rootnya
– Klik settings>repositories, muncul jendela repositoriesnya.
– Hilangkan centang pada repositori yang aktif di Synapticnya lalu klik New. Pada bagian bawahnya muncul URI, Distribusion & Section
– Silahkan anda buka http://repo.ugm.ac.id/pclinuxos/apt/pclinuxos/ untuk mengetahui edisi repositorinya PCLinuxOS. Di situ terlihat bahwa ada 2 repositori yaitu edisi 2007 & 2010. Pada kali ini saya memakai edisi 2010. Silahkan anda klik pada edisi 2010 & terlihat direktorinya.
– Kembali pada jendela repositories tadi, lalu pada masing bagian isi pada kotaknya berdasarkan data dari web repo UGM tadi lalu klik Ok. Jangan lupa untuk memberi tanda centang pada repo UGM agar aktif, kemudian klik Reload

URI = http://repo.ugm.ac.id/pclinuxos/apt/
Distribusion = pclinuxos/2010
Section(s)=games kde4 main nonfree special updates

Bila ingin memakai edisi 2007 maka diisi
kotaknya berdasarkan data dari web repo UGM tadi lalu klik Ok

URI = http://repo.ugm.ac.id/pclinuxos/apt/
Distribusion = pclinuxos/2007
Section(s) =extra gnome kde kde4 main nonfree

Setelah klik Reload maka otomatis PCLinuxOS akan mengupdate paket repositorinya & menandakan bahwa kita berhasil membuat repo UGM di Synaptic kita. Untuk menggunakan repo dari KambingUI pun caranya sama, untuk melihat daftar indeksnya silahkan klik di sini. Bedanya pada bagian URI isi dengan ftp://kambing.ui.ac.id/pclinuxos/apt/ .
Usailah tutorial ini & semoga bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba!

Satu pemikiran pada “Menambah Repositori UGM di PCLinuxOS 2009.2

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s