Dulu, saat saya mencoba PCLinuxOS 2009.2 ini saya merasakan keanehan yaitu resolusi layar yang mentok 800×600 pixels. Saat diinstall pun resolusinya masih sama, padahal VGA saya sangatlah mendukung. Saat di setting dengan klik kanan layar lalu klik Configure Desktop>Display memang terlihat hanya sampai 800×600 resolusi layarnya. Saya pun sempaat bingung pada PCLinuxOS ini.

Saya pun menjelajahi setiap aplikasi utilites dari PCLinuxOS sampai akhirnya saya membuka Administration Centernya. Iseng-iseng saya membuka pada bagian tab Hardware>Set up Graphical Server. Di situ tampak informasi tentang VGA komputer kita, pada bagian resolusi saya lihat memang ukurannya 800×600. Lalu saya iseng membukanya barang kali ada size 1024×768 & memang ada resolusi tsb. Langsung deh saya klik resolusi itu & klik Ok. Lalu saya log out dulu PCLinuxOSnya & tampaklah desktop yang tampalinnya sudah pas & tidak terlalu gede seperti waktu800x600, jadi adem deh nih mata.

Demikianlah saya laporkan pengalaman saya saat menyetting display & semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian :D!

Satu pemikiran pada “Setting Display agar menjadi 1024×768 di PCLinuxOS

Tinggalkan Balasan

