Halo semua, kembali lagi bertemu dengan saya di blog ini setelah sekian lama vakum ngeblog hehehehe. Pada postingan kali ini sembari diiringi lagunya Goodbye Daysnya YUI,saya akan menceritakan tentang pengalaman saya menggunakan sebuah distro Linux turunan Ubuntu Lucyd yang lengkap aplikasinya &  gede banget ISOnya yaitu Ultimate Edition 2.7. Meskipun agak terlambat menggunakan distro ini karena baru bisa menginstall setelah membeli DVDnya dari toko online. Tapi tak apalah, meskipun terlambat tetap memakai Linux & open sourcenya itu.

Saya memakai Ultimate Edition 2.7 di Lenovo G450-9200 karena tergiur akan kelengkapan aplikasinya. Terlebih lagi sekarang saya tak memiliki koneksi internet aktif lagi karena koneksi saya yang dulu pelannya bukan main gan. Tak mau rugi gede, saya cabut saja deh koneksi saya yang dulu itu. Oleh karena alasan tersebut saya tak bisa lagi dengan bebas install aplikasi langsung dari internet seperti saat dulu memakai koneksi S****Y. Ultimate Edition ini termasuk salah satu distro yang siap pakai selain distro Super OS, Sabily ataupun Blankon. Saya pernah memakai distro Super OS, tetapi saya rasa masih lengkap Ultimate Edition ini.

Dengan DVD Ultimate Edition yang saya beli dari juraganlinux.net, saya langsung menginstall Ultimate Edition 2.7 ini di Lenovo G450.  Dengan bekal partisi root 14 GB & home 55  GB, saya berhasil menginstallnya di Lenovo selama 30 menit!. Proses install lama karena paket aplikasi yang dijejalkan ke Lenovo memang banyak bener, dari partisi root yang saya sediakan terisi oleh file sistem sebanyak 9 GB.Untuk catatan, untuk menginstall ultimate Edition ini sediakanlah partisi root minimal 10 GB & memory 1 GB. Mengapa saya memberi catatan memory 1 GB?alasannya karena ada sesepuh saya yang menginstall Ultimate Edition 2.7 ini di Acer dengan memory 512mb & sukses terinjeksi selama 3 jam!sungguh proses install yang lama sekali gan hehehehehe. Tak mengapa bila anda mencoba menginstall Ultimate Edition ini dengan memory 512mb, asal anda sabar hehehehehe.

Mengenai kelengkapan aplikasi pada Ultimate Edition ini tak dapat terbantahkan, saking banyaknya aplikasi membuat saya bingung untuk memakai aplikasi yang saya butuhkan hehehehe. Selain itu dengan tampilan theme yang keren, Ultimate Edition ini juga telah terintegrasi dengan efek Compiz Fusion yang aktif. Bukti bahwa Compiznya sudah aktif yaitu di Lenovo saya telah aktif efek Compiznya kendati saya belum mengaktifkannya secara manual. Sekilas saya baca di ultimateedition.info, Ultimate Edition ini telah menanamkan efek Compiz yang aktif tanpa driver bawaan komputernya gan. Tak heran bila di Laptop Lenovo saya yang berVGA Intel telah aktif Compiznya hehehehe. Tetapi untuk pengguna VGA semacam SIS atau VIA, saya masih belum tahu apakah efek Compiz ini masih tetap berjalan sesuai dengan mestinya😀. Untuk pengenalan hardware terhadap laptop Lenovo G450 juga sangat baik, hanya masalah kecil pada wifi Broadcomnya yang telah solved dengan menginstall bcwl-kernel-source. Untuk multimedia tak ada masalah, Webcam juga sip dengan Cheesenya hehehehe😀

Akhir penilaian saya setelah memakai Ultimate Edition 2.7 ini adalah sangat ready to use bagi pemula Linux seperti saya yang memiliki keterbatasan akan koneksi Internet & radically simple untuk dipakai sehari-hari. Bila anda tak percaya, silahkan anda unduh ISOnya atau beli di toko online & cobalah Ultimate Editionnya hehehehehe😀

12 pemikiran pada “Install Ultimate Edition 2.7 di Lenovo G450-9200

  1. cukup sudah dengan Ubuntu standar. butuh aplikasi? saya mah langsung menuju warnet favorit yang memperbolehkan membaw laptop sendiri! puas-puasin dech install aplikasi yang dibutuhkan via repo lokal yang cepat! huhuy … jadi dech “my own” Ultimate

  2. aku pake hp mini bro, dual os linix mint sama windows. nyoba ultimate edition kok gak bisa diinstall ya bro? eror bro.

    bisa kasih tutorial installnya gak bro?

    1. cara install sih sama aja, ada beberapa kemungkinan kesalahan di
      – ISOnya yg korup, untuk mmengetaui korup atau tidak silahkan cek md5sum & sesuaikan dengan md5sum ISOnya
      – Kecepatan burn yang terlalu cepat saat burn CD/DVD
      – CD/DVDnya yang rusak

Tinggalkan Balasan

