Kembali  saya ngoprek Ubuntu lagi dengan ditemani lagu Happy Linenya YUI yang indah betul gan hehehehe . Seperti yang telah kita ketahui yaitu wallpaper pada desktop komputer memang sangat andil dalam membuat indahnya desktop komputer Ubuntu kita. Dengan tampilnya wallpaper yang kita suka membuat semakin betah berUbuntu berjam-jam hehehehe. Kendala yang muncul biasanya karena banyaknya wallpaper yanng kita suka membuat kita ingin selalu menggantinya setiap hari, bahkan setiap 10 menit!. Tentu saja sangat merepotkan karena kita menggantinya lewat klik kanan background lalu change background setting, cara manual yang tidak efisien gan. Tapi jangan khawatir gan karena di Ubuntu kesayangan kita ini kita dapat melakukan penggantian wallpaper secara otomatis dengan menggunakan aplikasi yang hebat. Aplikasi pengganti wallpaper tersebut yaitu Wally, sebuah aplikasi ciptaan Antonio Di Monaco a.k.a sin(x) ’76.

Aplikasi Wally yang hebat ini telah ada di repositori Ubuntu sehingga untuk menginstallnya bisa dilakukan via Synaptic Package Manager, Ubuntu Software Center atau via terminal. Wally ini mempunyai berbagai keunggulan selain sebagai pengganti wallpaper yaitu menduukung berbagai format gambar semisal JPG,SVG,TIF dsb serta kita dapat menggunakan sumber wallpaper/gambar dari Flicker, Picasa, Yahoo dan lain-lain. Aplikasi Wally ini juga mendukung berbagai desktop environmenst seperti GNOME, KDE3, KDE4, XFCE4 dan lain-lain. Kelemahan aplikasi ini menurut saya yaitu tidak tersedianya pilihan bahasa Indonesia sebagai bahasa mukanya hehehehehe.

Okey, dah cukup reviewnya & lanjut ke tkp :

– Install dulu Wally melalui terminal, Synaptic Package Maanager atau Ubuntu Software Center.

– Setelah Wally terinstall, kita buka Wally ini di Aplikasi>Other>Wally. Muncul tampilan splash Wally bergambar seorang Laki-laki & Perempuan sedang tiduran di umpukan jerami gan .

– Untuk membuka tampilan Wally ini kita klik kanan icon Wally di panel kanan atas. Lalu kluk Settings untuk pengaturan selanjutnya.

-Di jendela settingan Wally tampak jelas fungsinya, kita bisa memilih berbagai sumber wallpapernya, menentukan menit pergantian wallpapernya & sebagainya gan. Pokoknya tidak sulit kok untuk memahami settingan Wally ini.

– Untuk selanjutnya anda sendiri yang menyettingnya sesuai dengan imajinasi anda, bagus tidaknya wallpaper nanti ada pada imajinasi anda sendiri gan hehehehe

Selamat mencoba!

12 pemikiran pada “Membuat Wallpaper Ubuntu berganti secara Otomatis dengan Wally

  1. gan ada gak animasi wallpaper yang ganti2 sesuai waktu/jam kayak di android ??? jadi kalo malem wallpapernya jadi keadaan malem n seterusny

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s