Halo semuanya bos, kembali lagi di blog ini😛 .

Setelah berhasil menginstall distro istimewa Ultimate Edition 2.7 yang juga turunan dari Ubuntu 10.04 ini, kembali saya menyetting Ultimate ini agar berjalan mulus di Lenovo G450. Memang distro Ultimate ini memang sudah lengkap dalam hal Aplikasi serta pengenalan haardware yanglebih baik. Tetapi yang terjadi di Leptop Lenovo G450 saya ini masih memerlukan sedikit settingan agar berjalan sempurna. Salah satunya yaitu mengatur koneksi wifinya agar bisa terjalin dengan koneksi hotspot.

Kendati chipset saya telah terdeteksi yaitu Broadcom BCM4312 dengan mengetik lspci di terminal, kok masih belum terkoneksi hotspot. Setelah saya selidiki di Synaptic ternyata paket driver broadcom telah terinstall & belum konek juga. Kemudian saya menuju Hardware Driver untuk meyakinkan keberadaan driver ini & ternyata memang tidak ada isinya alias belum terdeteksi drivernya. Ditambah lagi saya belum pernah menemui masalah Wifi Broadcom seperti ini sebelumnya karena saat saya memakai PCLinuxOS, wifinya sudah konek dengan lancar.

Saya mengingat sesuatu bahwa untuk mengaktifkan wifi berchipset Broadcom maka perlu diinstall paket patch, dkms, fakeroot & satu lagi saya lupa nama paketnya. Lalu saya bertanya pada master saya yaitu Radithtux yang memberi solusi untuk menginstall paket bcmwl-kernel-source. Taraaa! Itulah paket yang saya maksud yaitu bcmwl-kernel-source & dengan segera saya mengunduh paket tersebut di packages.ubuntu.com atau bisa juga di apt-web.dahsy.at. Untuk paket lain semacam Patch, DKMS & Fakeroot terlah terinstall secara default di Ubuntu Ultimate Edition ini😀. Setelah terunduh bcmwl-kernel-sourcenya langsung saya install debnya, kemudian saya menuju Hardware Driver untuk mengecek apakah dirver Broadcom ini telah aktif & hasilnya aktif bos heheheheh 😀 . Belum selesai masalah bila belum mencoba langsung dengan koneksi wireless, saya pun numpang koneksi di STIE PUTRA BANGSA Kebumen & hasilnya konek 😀 .

Demikianlah langkah-langkah saya dalam mengaktifkan wifi Broadcom di Lenovo G450, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian yah😉.

32 pemikiran pada “Setting Wireless Broadcom BCM4312 Lenovo G450 di Ubuntu Ultimate 10.04

      1. iya kejadian nya sama dengan saya, tp ngga cuman di ubuntu sja di os tetangga juga masalah, untuk konek ke wifi nya susah banget..moga posting agan jd solusi buat sya..hatur nuhun..

  1. broadcom yang baru emang rada nyebelin:mrgreen: … untung ini ubuntu, coba kalau slackware … beruntung laptop adikku yang HP Compaq broadcomnya enggak nyusahin … mungkin versi lawas kali yah😛 … kalau lappie daku lancar jaya terus, soalnya laptop centrino … aman … 100 % support linux:mrgreen:

  2. Tapi maaf neh, laptop Lenove G450 khan? Ubuntu 10.04 itu sama rilisnya dengan PCLinuxOS 2010 Final. Kenapa di pecel udah detek ya? Jadi inget waktu make Wenduz wkkkkkk. Nyari driver trus dikompilasi lagi.

  3. bro, kalau pake ThinkPad Edge konek wifinya susah..

    pake wifi radar yg da di UE 2.7 trus acquiring IP address (DHCP) lama bageeet…

    gimana tuh???

    bantu donk,,, thanks before

  4. saya buka “Hardware Drivers”-nya saja gak ada yang keluar tuh sama sekali..

    mas, kalo ngecek broadcom/bukan lewat mana tuh ya?? aku asli newbie nih…

    detek sih wifi-nya,tapi pada saat mau konek kesalah satu jaringan wifi kok
    permintaan IP address (DHCP) lama banget. apa wajar?

    trus fakeroot, cmwl-kernel source itu ngaksesnya bagaimana…????????

    1. untuk mengecek chipset wifi silahlan abang ketik lspci di terminal, cari pada bagian Network Controller.
      untuk paket patch , dkms , fakeroot serta bcmwl-kernel-sources itu diperlukan untuk mengaktifkan driver broadcom. paket2 tersebut di unduh melalui apt-web(bagi yang offline) atau langsung di synaptic(via wired).bagi yang mengunduh via apt-web tinggal di install dengan cara mengklik dobel pada paket deb tersebut.
      kalo belum puas boleh tanya lagi😀

    1. hmmm,
      coba abang pakek kernel terbaru, caranya saat upgrade kan ada tuh ugrade kernel.kali aja bug yang ada telah fix dengan adanya kernel baru.saat ini kernel terbaru yaitu kernel 2.6.32-24-generic
      saia belum pernah pegang leptop ber wifi intel, jadi belum ada gambaran jelas bang. kalau ingin di bahas lebih jauh, mending ke sini aja bang http://ubuntu-indonesia.com. banyak nanti temen2 yang ikut bantuin😀

  5. patch,dkms,fakeroot,sudah diinstal smua.kalau bcmwl-kernel-sources tidak ada, yang ada hanya bcmwl-modaliases. Modaliases for the Broadcom 802.11 Linux STA driver.

    1. oww, maap bang saia lupa nulis tadi. kalau paket tersebut yang abang install tuh untuk chipset wifi broadcom😀 .berhubung punya abang pakek intel, paket tersebut tidak diperlukan karena memang beda penggunannya😀

      1. btw saklar wifi lenovonya sudah pada posisi on serta berada di hotspot area?
        seharusnya ketika semua paket telah terinstall serta driver di hardware drivernya telah aktif maka konek dengan hotspot tuh

      2. hehe ya saya udah cek saklar on, di bios jg on, jelas dit4 kerja saya ada hotpsotnya😀
        selain pake Wireless Radar pake apa ya om? dulu pernah pake apaaa gitu depannya ‘W’

      3. hmm, kok aneh yak.saya pernah ada kasus saat wifi saya disable di windows(dual boot).di ubuntu pun tidak konek sama sekali.baru setelah saya enable kembali wifinya di windows baru bisa konek di ubuntu.
        mungkin maksud ente wifishark yah?

Tinggalkan Balasan

