Halo halo halo, kembali lagi di sini bos. Pada kali ini saya akan membahas tentang cara install emoticon YM! Yang lucu itu ke dalam Pidgin Internet Messenger 2.6.6.

Berawal saat saya memakai Pidgin sebagai internet messenger di Ubuntu Ultimate Edition 2.7, saat saya sedang chat dengan rekan lain memakai akun YM!. Saya merasa tidak puas dengan emoticon bawaan yang kaku karena bukan animasi, berbeda sekali dengan YM bawaan Windows yang emoticonnya sudah bergerak-gerak gitu. Dulu saat saya memakai Ubuntu Karmic dengan mudahnya saya install emoticon originalnya YM!, tetapi di Pidgin 2.6.6 ini saya merasa kesulitan untuk menginstallnya karena saat saya masuk ke dalam Preferencesnya Pidgin tidak tersedia langkah installnya di situ. Berbeda sekali saat saya memakai Pidgin dulu, untuk install emoticonnya tinggal klik install. Di sinilah saya mulai ngoprek Pidgin.

Dengan bantuan search engine Google serta modem Huawei+Flash pinjaman, saya mulai mengetik kata kunci “how to install emoticon in pidgin 2.6” & enter. Muncul berbagai link yang menjelaskan tentang cara untuk menginstall emoticon YM! Di Pidgin. Saya klik salah satu linknya & saya langsung praktekan lalu hasilnya sukses bos😀. Adapun cara yang saya pakai yaitu sebagai berikut :

  1. Pastikan anda memakai distro Linux, khususnya Ubuntu & keluarganya.
  2. Unduh dulu emoticonYM! di sini yang berekstensi tar.gz, lalu ekstrak file tersebut dengan cara klik kanan extract here. Muncul folder hasil ekstraknya
  3. Masuk ke dalam Nautilus dengan cara ketik sudo nautilus di terminal lalu enter. Masukan password root anda & enter. Muncul jendela Nautilusnya, lalu kita ambil folder hasil ekstrakan file emoticon tadi yang biasanya terletak di direktori Download. Kita ambil folder tersebut dengan cara klik kanan>cut.
  4. Lalu masuk ke direktori home anda & klik view>show hidden files di Nautilusnya. Cari file .purple lalu enter untuk masuk ke dalam file .purple. Lalu kita paste folder emoticon ekstrakan tadi di situ, setelah selesai lalu kita klik reload di toolbarnya & close nautilusnya
  5. Buka aplikasi pidgin anda & masuk ke dalam preferencenya Pidgin. Di jendela preferencenya Pidgin kita klik tab themes, muncul berbagai setingan untuk pengaturan themes serta emoticonnya. Pada bagian smiley themes kita klik panah drop downnya, cari nama emoticon yang baru kita install tadi lalu close
  6. lalu kita test emoticon YM! tadi dengan cara chat dengan rekan yang menggunakan akun YM! & klik emoticonnya. Tadaaaaa, emoticon YM! akan muncul bila langkah installnya benar😀 .

Demikianlah langkah-langkah yang saya lakukan untuk menginstall emoticon YM! di Pidgin 2.6.6. Apabila rekan-rekan mempunyai cara yang lain bolehlah share dengan saya juga yah hehehhehe. Selamat mencoba dah!

Satu pemikiran pada “Install Emoticon YM! Di Pidgin 2.6.6

Tinggalkan Balasan

