Ada kejadian menarik saat saya memakai utility Conky yaitu autostartnya memakai cara yang tidak biasa. Biasanya bila ingin membuat suatu aplikasi bisa autostart maka bisa dengan mudah membuatnya di Autostart Application di Sistem>Preferensi>Startup Application. Tetapi saat saya menambahkan Conky pada list start upnya dan mengisi commandnya dengan conky masih belum bisa muncul saat start up. Dari sinilah dimulai petualangan untuk membuat conky takluk di start up Ubuntu.

Dengan bekal semangat & koneksi internet ala kadarnya saya mencari informasi untuk membuat conky terlihat saat proses start up & tertambatlah saya di ubuntuforums.org. Di salah satu thread yang juga membahas tentang cara membuat conky autostart di dekstop GNOME Ubuntu, terdapat cara yang berbeda. Perlu dibutuhkan script lagi untuk membuat conky hidup & survive. Berikut solusi yang saya pakai dari contekan forum tadi & tentunya langkah ini bisa dipakai bila anda memakai conky beneran di desktop GNOME

1. bukalah gedit anda dimana untuk membuat ini saya memakai aplikasi gedit. Setelah gedit terbuka lalu ketik sebagai berikut

#!/bin/bash
sleep 10 && conky;

setelah itu simpan di home anda & beri nama .conky_startup.sh

Gedit .conky_startup.sh

2. setelah scriptnya tersimpan & pastikan terletak di home anda. untuk memastikan bahwa script .conky_startup.sh ada di home bisa dengan membuka nautilus anda lalu tekan ctrl+h untuk melihat file yang tersembunyi. Cari & temukan script yang baru kita buat & bila ada berarti scriptnya sudah benar ada di home Ubuntu anda.

Buka nautilus lalu ctrl+h untuk melihat hidden file

3. kita perlu membuat script .conky_startup dapat dieksekusi dengan cara membuka terminal lalu ketik

sudo chmod a+x .conky_startup.sh

4. kemudian buka Startup Application, lalu tambahkan list baru. Isi name terserah anda(kalau saya sih conky), isi commandnya dengan sh .conky_startup.sh lalu simpan.

Waktunya untuk mencoba, log out Ubuntu anda atau reboot.  Keberhasilan cara ini akan terbukti bila tampilan conky muncul secara otomatis, bila conky belum muncul berarti masih ada yang belum benar kali gan hehehe.

My Simple Conky

Demikian cara-cara untuk menghidupkan conky secara otomatis, semoga berkenan untuk dipraktekan bila anda membutuhkannya gan. Tak mengharap es cendol & menerima transfer pulsa (lho????).

5 pemikiran pada “Membuat Autostart Conky di Ubuntu Ultimate 2.7/Lucid Lynx

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s