Bermain dengan Linux khususnya dengan Ubuntu tak lepas dari CLI(Command Line Input) atau terminal. Selain menggunakan tampilan GUI yang indah, CLI ini juga mempunyai daya tarik sendiri lho. Selain lebih simpel pengoperasiannya, menggunakan CLI juga lebih simpel karena tak melulu menggunakan tetikus untuk mengoperasikan komputer. Salah satunya yaitu memutar mp3, sebuah file audio berekstensi mp3 yang umum dipakai oleh manusia di dunia. Bila kita ingin memutar file tersebut kita bisa memakai berbagai aplikasi GUI(Grapichal User Interface) seperti Amarok, Rhytmbox atau Exaille. Selain lebih mudah menggunakan aplikasi pemutar mp3 yang saya sebutkan tadi juga cara pemakaiannya juga simpel karena tinggal klak-klik mouse. Namun ada lagi cara yang diperuntukkan bagi pengguna Linux yang haus akan tantangan yaitu memutar mp3 dengan CLI😀 . jadi bagi yang tidak terlalu suka dengan tampilan terminal yang serba hitam putih maka tak salah untuk sekedar mencobanya😀 .

Adapun untuk memutar mp3 ini kita bisa memakai terminal biasa, Guake, Yakuake atau Terminator. Sembarang terminal bisa kita pakai kok untuk bermain mp3 via console based. Untuk memainkan mp3 via terminal dibutuhkan sebuah paket yang bernama xmms2. Xmms2 adalah sebuah aplikasi media player Server/client yang juga ada tampilan GUInya & mirip seperti Winamp kalau di Windows😀 . Untuk memakai Xmms2 via terminal kita perlu menginstall dulu xmms2 via terminal, Synaptic atau Ubuntu Software Center. Setelah terinstal Xmms2nya maka kita tinggal menuju ke terminal untuk bermain sejenak😉 .

Sebelum lebih jauh masuk ke dalam dunia serba hitam Xmms2 ini kita perlu membaca dulu keterangan tentang aplikasi ini. Silahkan ketik man xmms2 lalu Enter & muncul tulisan dengan format Bahasa Inggris lho, mau tak mau kita menerjemahkan sendiri ke dalam Bahasa Indonesia😀. Ditulisan tersebut terdapat berbagai petunjuk pemakaian semisal mulai dari cara untuk play, membuat playlist hingga untuk menambahkan file ke dalam playlist. Setelah cukup membaca panduannya lanjut ke langkah berikutnya bos😀 .

Secara default xmms2 ini tergantikan oleh aplikasi bernama nyxmms2, terbukti pada saat ingin menggunakan perintah xmms2 muncul sebuah pemberitahuan via cli yang intinya sebagai berikut

This program is deprecated and will be replaced by nyxmms2.

Consider setting runnycli to ‘true’ in config file to get future behaviour

(or set iknowoldcliisdeprecatedandwillgoaway to ‘true’ to hide this warning)

The config file is located at:

/home/yogieza/.config/xmms2/clients/cli.conf

Solusi dari masalah tersebut yaitu kita menggunakan nyxmms2 untuk aplikasinya sebagai pengganti xmms2 atau kita mengikuti kemauan dari terminal yaitu mengedit runningcli menjadi true yang lokasinya ada di home/yogieza/.config/xmms2/clients/cli.conf . Bila kita menggunakan nyxmms2 maka tak ada bedanya dengan xmms2, hanya saja kita saat menggunakan aplikasi ini kita mengetik nyxmms2 sebagai awalnya. Dan juga bila kita mengedit settingan xmms2 dengan mengedit runningclinya menjadi true maka perintah untuk memakai xmms2 adalah xmms2.

Untuk tutorial kali ini saya akan memakai nyxmms2 dulu karena yang telah siap pakai, untuk xmms 2 juga langkahnya sama dengan nyxmms2.

Kita lanjut lagi untuk bermain di terminal dengan langkah-langkah sebagai berikut

  • Buka aplikasi Terminal kesukaan anda baik Guake, Yakuake ataupun console yang lain.
  • Untuk masuk ke dalam xmms2 ini maka kita perlu mengetikan kode nyxmms terlebih dulu di terminal.
yogieza@yogieza-laptop:~$ nyxmms2
Welcome to the nyxmms2 shell!
Type ‘help’ to list the available commands and ‘exit’ (or CTRL-D) to leave the shell.
xmms2>

Dengan melihat keterangan di atas berarti kita sudah masuk ke dalam xmms2 prompt.

Selanjutnya kita akan membuat playlist baru, dalam hal ini saya akan membuat playlist bernama YUI  karena memang isinya adalah lagu-lagunya mbak YUI😛. Untuk membuat playlist YUI saya ketikan di terminal & masih dalam prompt xmms2

xmms2> playlist create YUI

lalu Enter. Setelah itu untuk mengecek playlist yang baru kita buat tadi dengan mengetikan di terminal

xmms2> playlist list

lalu Enter. Tampak di terminal saya ada 2 playlist yaitu yang Default & YUI.

xmms2> playlist list

* Default

YUI

Lalu saya akan mengaktifkan playlist YUI dengan cara mengetikan

xmms2> playlist switch YUI

lalu Enter. Untuk melihat apakah playlist YUI telah aktif maka saya mengeceknya dengan

xmms2> playlist list

lalu Enter. Terlihat tanda bintang pada playlist YUI yang sebelumnya tanda bintang ada di playlist Default.

xmms2> playlist list

Default

* YUI

Selanjutnya tinggal kita add lagunya, dalam hal ini saya tidak masuk di prompt xmms2 karena sulit. Lebih mudah menambahkan lagu dengan memakai prompt biasa gan.  Berikut langkahnya

-Keluar dari prompt xmms2 dengan ketik exit atau tekan ctrl+D

-Masuklah ke direktori lagu yang anda inginkan, dalam hal ini lagu YUI terletak di direktori Musik saya.Berikut ilustrasinya

yogieza@yogieza-laptop:~/Musik$ nyxmms2 add ~/Musik/YUI/

lalu Enter. Seketika maka lagu yang terletak di folder YUI akan masuk semua ke dalam playlist YUI saya. Tetapi bila kita hanya menambah lagu tertentu maka bisa mengetikan nama lagunya di prompt xmms2. Mudahnya saya akan gambarkan dengan memasukan lagunya YUI yang berjudul Goodbye Days, Happy line serta Skyline.
yogieza@yogieza-laptop:~/Musik/YUI$ nyxmms2 add Good-bye\ Days-Yui.mp3 YUI\ -\ Skyline.mp3 YUI_-_Its_happy_line.mp3
lalu Enter. Daftar lagu yang masuk adalah yang telah saya pilih di dalam folder YUI. Hal yang sama juga kita lakukan bila kita ingin menambah lagu yang lainnya
Masuk lagi ke shell xmms2 dengan mengetik di terminal nyxmms2 lalu Enter
Selanjutnya kita tinggal mengecek apakah lagunya memang benar sudah masuk ke playlist dengan cara mengetikan di terminal
xmms2>list
lalu Enter. Maka akan tampaklah list lagu yang baru kita masukan yang menandakan kita berhasil menambah lagu.
Kemudian untuk memainkan lagunya kita mengetikan di shell xmms2
xmms2>play
lalu Enter. Seketika musi akan diputar & urutan pertama lagu akan mengalun.
Untuk memberhentikan lagu kita mengetikan di shell xmms2
xmms2>stop
Untuk mempause lagu kita mengetikan di shell xmms2
xmms2>pause
Untuk melompat ke lagu lain misalanya saya akan memainkan lagu yang berada di urutan ke 6 maka  kita mengetikan di shell xmms2
xmms2>jump 6
lalu Enter. Terlihat bahwa tanda anak panah di dalam list lagu xmms2 berpindah ke urutan nomor 6 gan.
Untuk menghapus lagu yang tidak diinginkan misalnya saya akan menghapus lagu nomor 10 maka kita mengetikan di shell xmms
xmms2>remove 10
misalnya saya akan menghapus lagu nomor 1 sampai 5 maka di shell xmms2 saya ketikan
xmms2>remove 1-5
Misalnya saya akan menghapus lagu nomor 11, 13 & 15 maka di shell xmms2l saya ketik
xmms2>remove 11 13 15
Selanjutnya saya ingin memindah lagu nomor 5 ke urutan nomor 1 maka saya ketikan di shell xmms2
xmms2>move -p YUI -a   1  5
Keterangan=
-p  YUI=playlist yang aktif
-a          = menempatkan urutan lagu secara otomatis
1           = nomor urut lagu tujuan
5          = nomor urut lagu tujuan
Untuk info lengkap silahkan ketik move -h di shell xmms2
-kemudian saya ingin membesarkan suara di angka 60 maka saya ketikan di shell xmms2
xmms2>server volume 60
Saya ingin melihat status lagu yang sedang aktif adalah dengan mengetikan di shell xmms2
xmms2>status
Misalnya saya ingin menghapus playlist YUI maka kita harus menon aktifkan dulu playlist YUI dengan mengaktifkan playlistnya ke playlist yang lain. Berikut gambarannya
xmms2>playlist switch Default
Saya mengaktifkan playlist Default karena saya ingin menghapus playlist YUI. Baru kemudian saya bisa menghapus playlist YUI
xmms2>playlist remove YUI
Demikian gan, saya menyampaikan fungsi xmms2 yang penting & yang sering saya pakai saja. Untuk info lengkap silahkan ketik di shell xmms2
xmms2>help
Semoga tulisan ini yang saya buaat secara ringkas & mudah dapat bermanfaat bagi teman-teman dengan tanpa maksud menggurui. Tidak mengharapkan es cendol melainkan ingin share sesuatu yang mungkin ada manfaatnya gan.  Hidup CLI!

5 pemikiran pada “Memainkan Musik dengan CLI(Command Line Interface)

Tinggalkan Balasan

