Sebagai pengguna Linux khusunya Ubuntu pastilah tahu bahwa fitur yang satu ini memang tiada duanya. Fitur yang diperuntukan untuk membuat tampilan desktop tampak indah & menawan adalah Compiz Fusion. Fitur yang tersedia untuk kartu grafis yang sudah support akan bisa bekerja total. berbagai efek yang belum pernah kita jumpai di OS tetangga akan terlihat mencengangkan di sini. Mulai dari efek desktop kubus, hujan hingga seperti jelly yang mantul-mantul pun ada. Tak berlebihan bila saya menyebutnya PERFECT!.

Salah satu efek yang akan saya jelaskan yaitu efek animasi pada Compiz Fusion yang disebut dengan Magic Lamp.Kok disebut dengan lampu ajaib?karena efek ini menampilkan efek seperti keluarnya jin dari dalam lampu ajaib seperti di fim Aladdin itu. Si Jin lucu akan keluar dari dalam lampu setelah digosok-gosok lampunya dengan bentuk tubuh yang melengkung-lengkung. Begitulah kira-kira tampilan efek magic lamp pada Compiz Fusion. Efek magic lamp yang ada di Compiz Fusion biasanya memiliki jumlah gelombang/lengkungan 3 buah. Itu jumlah default yang diatur oleh Compiz sendiri lho. Jadi misalnya kita meminimize/maximize jendela maka akan tampak lengkungan 3 buah. Tapi ada lagi efek lain dari magic lamp ini yang dinamakan Genie. Efek magic lamp yang tampilannya terlihat seperti payung gitu. jadi apabila kita meminimize/maximize jendela maka tidak akan  tampil lengkungan gelombang & tampil seperti bentuk payung. Dengan efek tambahan Genie maka Compiz Fusion kita akan semakin lengkap deh efeknya. Dari pada hanya membayangkan, ayo kita langsung praktekan untuk melihat hasil yang nyata.

Efek Genie Magic Lamp

-Untuk mempunyai efek Genie, pastikan komputer Ubuntu anda memang telah mendukung Compiz Fusion. Bila komputer anda tidak mendukung maka bersabarlah . Lalu nyalakan Compiz Fusion anda dengan cara klik kanan pada dekstop>change dekstop background>visual effect>extra

lalu kita aktifkan fitur animasi di compiz config settings manager di sistem>preferensi>compiz config settings manager. klik tab Minimize Animation & pastikan animasinya memakai magic lamp.

-Setelah langkah di atas selesai, selanjutnya kita unduh script genie di sini & file terletak di direktori Unduhan(karena saya memakai bahasa pengantar bahasa Indonesia). Buka terminal & masuk ke direktori download dengan cara ketik di terminal

yogieza@yogieza-laptop:~$ cd Unduhan/
yogieza@yogieza-laptop:~/Unduhan$

– Script yang baru kita undah kemudian kita berikan hak agar bisa tereksekusi dengan cara mengetikan di terminal

yogieza@yogieza-laptop:~/Unduhan$chmod a+x genie_compiz – radithTux

– Pastikan proses pemberian hak eksekusi tiada masalah, lalu lanjut dengan mengeksekusi scriptnya dengan cara ketik di terminal

yogieza@yogieza-laptop:~/Unduhan$sudo   ./genie_compiz – radithTux

muncul proses penyalinan berkas gitu di terminal yang menandakan sudah selesai.

Kemudian kita menuju ke compz config settings manager>animation> effect settings. cari pada tab magic lamp lalu kita buat menjadi nol pada Magic Lamp Max Wave.  Lalu kita lanjut ke tab Minimize Animation, pastikan efek minimizenya memakai magic lamp bang. Lalu kita buat durasi magic lampnya menjadi 600 agar jalan animasinya lambat. Setelah itu lalu tutup, kita langsung bisa melihat animasi Genie ini. Kalau efek Genie belum muncul mungkin perlu di log out dulu atau ada proses yang belum benar berjalan.

Compiz Config Settings Manager

Demikianlah tutorial kecil ini semoga bermanfaat bagi teman-teman. Tidak mengharap cendol & menerima kiriman wesel (lho?) .

Sumber http://radithtux.blogspot.com/2010/09/cara-mudang-pasang-genie-efek-pada.html

6 pemikiran pada “Bermain efek Genie di Compiz Fusion Ubuntu Lucid Lynx

  1. Di Kalteng ga ada yg jual pertamax. Lho apa hubungannya? :-)) Maksudnya Compiz ga jalan di laptop Axioo ane, dan ane ga pake Ubuntu. doh

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s