Sebagai pengguna Ubuntu yang baik hati & tidak sombong, tentunya kita tahu bahwa untuk menginstall aplikasi memerlukan koneksi internet untuk mengunduh paket-paket di dalam repositori. Kecepatan mengunduh paket ini ditentukan oleh jauh dekatnya sumber repositori serta kecepatan koneksi kita. Semakin dekat letak repositori/mirrornya maka semakin singkat pula proses mengunduhnya. Begitu pula dengan semakin cepatnya koneksi internet kita maka semakin kilat saja waktu mengunduhnya.

Bagi yang mempunyai koneksi pas-pasan seperti saya(maksudnya pas cepat ya cepat.pas lambat ya lambat) serta bagi yang ingin mempercepat lagi proses unduh repositorinya maka sangat rekomended untuk memasang piranti ini. Piranti tersebut yaitu apt-fast, pengganti dari apt-get yang menggunakan axel untuk mengunduh paketnya. Asal kita tahu axel adalah downloader linux yang terkenal akan kecepatannya dalam mengunduh data & bersaing ketat dengan Prozilla(juga downloader). Bukti dari memakai axel memang sangat jelas sekali bang, saat saya masih memakai apt-get untuk menginstall, mengupdate serta mengupgrade paket di hotspot terdekat hanya tembus 80 kbps. Tetapi setelah saya mencoba apt-fast & saya lakukan kegiatan mengupdate,upgrade serta install maka tembus kecepatan sampai 115 kbps di hotpsot yang sama. Oleh karena bukti ini saya berani memberi rekomendasi untuk memasangnya tanpa ada jaminan😀 . Bahkan menurut author apt-fast mengklaim bahwa apt-fast jauh lebih cepat 26 kali dari apt-get. Sungguh suatu klaim yang dahsyat bang😀 .

Upgrade dengan apt-fast tembus segitu

Tak afdol bila hanya menceritakan kehebatan apt-fast saja, berikut cara installnya di Ubuntu Lucid. Langkah ini juga dapat dilakukan oleh Karmic serta Maverick user.

-Pastikan Ubuntu anda terkoneksi dengan internet serta siapkan kopi untuk saya😛

-Buka terminal anda lalu ketik

sudo add-apt-repository ppa:tldm217/tahutek.net

lalu enter. Muncul prosesnya bang & tunggu sampai selesai

-Masih di terminal terus update dengan mengetik

sudo apt-get update

-Setelah proses update selesai diteruskan dengan menginstallnya dengan mengetik

sudo apt-get install apt-fast

Proses install akan berlangsung & tunggu sampai selesai. Bila installasi telah rampung maka silahkan anda coba mengupdate dengan apt-fast update , mengupgrade dengan apt-fast upgrade atau menginstall dengan apt-fast install. Silahkan anda nilai sendiri perbedaannya dengan apt-get biasa.

Tak lupa saya mengingatkan bahwa saya tak mengharapkan es cendol, murni ingin share dengan teman semua tanpa bermaksud menggurui. Akhir kata selamat mencoba!

Sumber http://www.webupd8.org/2010/08/you-can-now-install-apt-fast-from-ppa.html

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s