Masih ingatkah teman-teman dengan postingan saya tentang memasang GLX Dock/Cairo Dock di Ubuntu Lucid kemarin? Pada kali ini saya memiliki  solusi untuk membuat  Cairo Dock tampak keren di Ubuntu Lucid dengan window manager Metacity.  Resep ini hanya berlaku bila kita tidak menggunakan efek Compiz atau dengan kata lain kita menggunakan window manager Metacity(sssttt, rahasia lho). Saya sendiri juga memakai window manager Metacity lho, pakai Compiz Fusion boros baterai bang😛

Saat kita menampilkan Cairo Dock di Ubuntu untuk pertama kalinya pasti ada pemberitahuan gitu apakah ingin Cairo Dock ingin start up & apakah kita mengaktifkan composition managernya juga. Resep yang saya jelaskan berlaku apabila saat ada pertanyaan tentang pengaktifan komposisi managernya anda jawab tidak. Hasil dari tidak mengggunakan komposisi manager saat memakai Cairo Dock ini adalah tampilan Cairo Docknya jelek karena terdapat border berwarna hitam. Tetapi bila kita menggunakan window manager Compiz maka hal tersebut tidak terjadi. Dikarenakan adanya border hitam itu membuat tampilan desktop sangat jelek,tentulah kita ingin menghilangkan bordernya itu.

Border hitam muncul bila kita tidak memakai komposisi manager

Berikut langkah-langkah untuk membuat border hitam pada Cairo Dock bila menggunakan window manager Metacity

– tekan tombol alt+f2

– muncul jendela run application, lalu isi dengan

gconf-editor

lalu enter

– lalu klik pada tab apps>metacity>general, pada sebelah kanan dari gconf-editor ini anda cari compositing manager. Berilah tanda centang pada kotak kecilnya, lihatlah bahwa border kehitaman telah lenyap seketika.

Komposisi manager aktif, border hitam pun lenyap

Tadaaaaa!, selesailah permasalahan hell border pada Cairo Dock. Kita bisa melihat deh Cairo Dock bermesraan lagi dengan Metacity😀 .

Satu pemikiran pada “Menghilangkan Border Hitam Cairo Dock di Ubuntu Lucid Metacity

  1. saya sudah mengikuti langkah yg bro kasih . tapi saya mentok pada saat configuration editor nya. saya ga nemuin folder metacity nya bro . gmna ya bro? saya pakai cairo dock juga .

Tinggalkan Balasan

