Sebelumnya saya minta maaf dulu kepada teman-teman karena tutorial ini berlaku bagi pengguna  laptop karena menggunakan baterai😀 . Entah aneh atau tidak saya mengira bahwa icon pemberi tahu keadaan baterai terlihat malu-malu. Maksudnya yaitu ketika kita menyetrum baterai & ternyata sudah full maka si icon baterai tersebut menghilang tanpa pamit. Memang sih memang dari defaultnya kalau sudah full maka akan menghilang, tetapi kalau ingin memunculkan icon baterai terus memang ada settingannya di power management.

Yang saya soroti dari kasus ini adalah bahwa tidak ada pemberitahuan bila baterai full. Tentu saja bila ada pemberitahuan baterai sudah full maka akan membantu kita dengan cepat mengetahui kalau baterai laptop telah penuh. Memang sih kita bisa melihat icon baterai untu mengetahui penuhnya baterai, tetapi bagaimana kalau kita terlalu acuh untuk melihat ke panel untuk sekedar melihat icon baterai karena sibuknya aktivitas kita?

Pada kali ini saya akan menjawab dari kasus tersebut yaitu dengan memasang notifikasi penuhnya baterai yang sedang kita setrum. Dengan adanya notifikasi membuat kita lebih mudah & cepat untuk mengetahui penuhnya baterai. Bagi yang ingin memiliki notifikasi  tersebut silahkan baca langkah-langkah berikut ini

– tekan tombol alt+f2 , lalu enter. Muncul jendela konfigurasi editor yang akan kita jelajahi.

– carilah pada  apps>gnome-power-manager>notify. Lalu beri tanda centang pada fully charged yang artinya kita mengaktifkan notifikasi flly charged.

Notifikasinya gede tuh😛
Gconf Editor, apps>gnome-power-manager>notify

Bila langkah telah selesai lalu close jendela geconf editornya. Untuk melihat kinerja notifikasi ini anda bari bisa melihatnya ketika sedang menyetrum baterai tentunya. Bila baterai sudah penuh maka akan muncul deh pemberitahuannya😀 . Memang Ubuntu memudahkan manusia dalam berkomputer deh😛 .

Satu pemikiran pada “Memasang Notifikasi Baterai Penuh di Ubuntu Lucid

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s