Tak semua pengguna Ubuntu beruntung memiliki koneksi internet & tak semua daerah di Indonesia ada jaringan internet yang memadai. Ada koneksi internet tapi hanya ada di warnet atau hotpsot yang ada passwordnya. Tentu saja hal ini tak mengenakan hati bagi pengguna Ubuntu karena Ubuntu/Linux tanpa internet maka hampa & saya pernah merasakan hal itu. Dengan tanpa koneksi internet kita tak bisa menginstall, update serta upgrade aplikasi. Tanpa koneksi internet pula kita tak bisa leluasa berLinux.

Sebenarnya dari kesulitan tesebut masih ada solusi misalnya dengan menggunakan distro yang siap pakai seperti Ubuntu Ultimate, Sabily, Blankon atau SuperOS. Dengan memakai distro ready to use tersebut maka akan memudahkan kita karena tak usah susah-susah menginstall aplikasi karena memang di dalam distro tersebut telah dibenamkan aplikasi yang penting & dibutuhkan oleh kita. Adapun solusi lain dari kesulitan pengguna Ubuntu yang belum memiliki koneksi internet untuk menginstall aplikasi yaitu dengan mengunduhnya secara manual dari warnet. Ya, dengan mengunduh paket-paket aplikasi yang dibutuhkan lalu kita install di rumah.

http://apt-web.dahsy.at/

Nah, pada kali ini saya akan membahas tentang mengunduh aplikasi beserta paketnya via http://apt-web.dahsy.at/ , silahkan ke tkp

– siapkan uang untuk pergi ke warnet & flash disk yang gede biar muat banyak

– buka web http://apt-web.dahsy.at/ , lalu muncul webnya.

Mari kita perhatikan web http://apt-web.dahsy.at/ ini berisi 3 hal pokok yaitu Base Distribution, Mirror serta Packages. Pada base distribution dikandung maksud adalah basis distribusi Ubuntu kita, apakah Ubuntu kita basisnya ubuntu Jaunty, Karmic atau Lucid. Di bagian Mirror adalah berisi tentang tempat kita mengunduh paket repositorinya, tersedia berbagai pilihan tempat mirror yangterdekat dengan daerah anda. lalu pada textbox Packages adalah tempat kita mengetikkan aplikasi yang akan kita unduh.

Untuk contoh pada kali ini saya akan mengunduh aplikasi permainan Supertux. Sejenis mainan anak kecil yang permainannya seperti  Mario Bross di Nintendo. Saya memilih base distributionnya Ubuntu Lucid karena memakai Ubuntu Lucid, mirrornya pada kambing UI & saya ketikan pada packages supertux. Untuk nama aplikasi tidak boleh salah & harus sama dengan nama aplikasi aslinya. Untuk mengetahui nama aplikasi aslinya bisa dilihat di Synaptic Package Manager. kemudian saya klik Submit & muncul link paket-paket aplikasi Supertux. Untuk mengunduh paket-paketnya bisa dengan klik langsung link berwarna biru itu atau klik kanan lalu pilih save link as.. Sekedar mengingatkan bahwa paket-paket yang terunduh akan berekstensi .deb yang merupakan ekstensi paket keluarga Debian/Ubuntu. Setelah anda unduh semua paketnya lalu tinggal install deh file debnya dengan klik 2 kali, isi password lalu install. Untuk menginstall paketnya harus berurutan misalnya kita menginstall paket ini dulu, paket ini baru install aplikasinya. Memang agak merepotkan sih karena kita seperti dilempar-lempar ke paket sana terus ke paket sini. Memang begitu prosesnya untuk install aplikasi, paketnya kudu urutan😀 .

Ada kelemahan dari menginstall aplikasi via http://apt-web.dahsy.at/ ini yaitu bila ada salah satu paket yang rusak maka paket yang lain menjadi tidak berguna. Saya pernah mengalami hal seperti itu ketika saya sedang menginstall aplikasi avant window navigator ada salah satu file yang tidak mau diinstall. Otomatis dah semuanya menjadi tidak berguna lagi tapi memang itulah resikonya.O iya, web http://apt-web.dahsy.at/ ini diciptakan oleh senior Linux Indonesia bernama Fajran Iman Rusadi. Beliau sekarang sedang berada di negeri Belanda sana untuk meneruskan kuliahnya. Untuk mengetahui profil tentang beliau silahkan berkunjung ke  http://fajran.web.id/ . Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada beliau karena telah membantu kita dalam berUbuntu😀 .

2 pemikiran pada “http://apt-web.dahsy.at/ =>Tempatnya mengunduh paket Ubuntu dengan cepat!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s