Membuat indah Ubuntu tak hanya bermain tema, wallpaper ataupun Compiz Fusion. Masih banyak bagian dari Ubuntu yang bisa dieksplorasi untuk membuatnya tampak menarik. Salah satu organ dari Ubuntu yang bisa dieksplorasi yaitu dengan mengoperasi terminalnya😀 . Lho kok terminal? memangnya bisa yah? . Eit, tunggu dulu. Biar dikata hanya berwujud perintah baris dengan background hitam/putih, terminal ini bisa disulap bim salabim menjadi aplikasi yang terlihat menawan lho di desktop Ubuntu.

Terminal di wallpaper atau wallpaper di Terminal?

Pada kegiatan operasi kali ini kita akan membuat tampilan terminal Ubuntu terlihat menyatu dengan desktop/wallpaper. Mudahnya kita akan membuat terminal yang menempel pada desktop/wallpaper. Tentunya kita masih bisa melihat tampilan desktop/wallpaper & juga bisa mengetikan perintah baris di desktop/wallpaper yang bermuka terminal. Daripada bingung langsung saja ke tkp

– Buka terminal ubuntu anda & siapkan makanan kecil serta kopi buat saya. perlu diperhatikan bahwa saya di sini memakai bahasa indonesia sebagai bahasa default. untuk teman-teman yang memakai bahasa Inggris harap menyesuaikan

– klik File> profil baru. Beri nama profil baru anda misalnya trans(dari kata transparan), bila telah selesai klik Buat. Berikutnya klik pada menu Terminal & pilih profil yang baru anda buat tadi.

– Selanjutnya klik pada Edit>preferensi profil & muncul jendela sunting profil yang bari kita pilih tadi. Berikut daftar perubahan di jendela preferensi profilnya

1. klik tab General hilangkan tanda check pada tampilkan batang menu/show menu bar

2. klik tab Warna/color, hilangkan tanda check pada warna bawaan sistem. Pada drop down skema bawaan pilih yang hitam di atas putih(biar teksnya berwarna hitam)

3. klik tab Latar belakang klik gambar latar transparan & setel hingga nol(backgroundnya transparan beneran)

4. klik tab Gulung layar/Scroll bar, lalu pada drop down Scroll barnya kita pilih disable

Setelah semuanya rampung maka terlihat terminal yang tidak ada menu bar, scroll bar serta mempunyai background yang transparan. Dengan modifikasi terminal seperti ini maka akan tampak terminal akan menyatu dengan wallpaper/desktop anda. Tinggal anda maximize maka desktop anda tampak sebagai terminal yang berukuran besar. Akan lebih elegan lagi bila pada panel atas kita aktifkan tombol sembunyinya dengan klik kanan panel>properties. Pada tab general beri tanda cek pada tombol penyembunyi lalu tutup. Sekarang lihatlah terminal anda tampak di seluruh desktop anda & terlihat berbeda.

Untuk mengembalikan settingan terminal menjadi seperti semula maka aktifkan terminal lalu tekan tombol yang saya tidak tahu namanya yang letaknya di samping tombol ctrl kanan yang bila di tekan keluar menunya lalu pada profil pilih yang default untuk kembali ke profil terminal semula. Untuk menampilkan batang menunya/menu bar maka silahkan tekan tombol yang tadi lalu pih tampilkan batang menu/show menu bar.

Demikian tulisan singkat ini, semoga dapat menjadi inspirasi teman-teman dalam ber Ubuntu😀 .

2 pemikiran pada “Membuat Terminal Ubuntu Menyatu dengan Wallpaper

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s