Memiliki Laptop yang ada fasilitas wifinya memang asyik, kita bisa numpang berinternet dimanapun tempatnya yang ada titik panasnya(hotpsot). Selain kita bisa numpang gratis(kalo gak di password biasanya free of charge), koneksi internet melalui hotpsot ini juga kencang larinya. Kita pun bisa menjelajahi dunia dengan hanya bermodalkan sebuah Laptop serta duduk manis di sekitar wifi zone.

Tuxcut beraksi dengan AXEL (sumber gambar dari Fakhrul Rijal}

Tak selamanya menggunakan koneksi hotpsot ini bahagia, ada saja kendala yang dihadapi seorang hotspot hunter(pemburu hotspot seperti saya). Di antara cobaan yang akan kita alami bila menumpang koneksi hotspot yaitu :

1. keterbatasan baterai, apalagi bila tempat hotspotnya tidak ada colokan listrik

2. gangguan dari pemakai hotspot yang lain dengan memutus koneksi kita(istilahnya di netcut)

Untuk permasalahan nomor 1 solusinya kita mengisi baterai dulu sampai penuh agar bisa berlama-lama numpang. Tetapi bila baterai anda sudah ngedrop & wifi zone tidak ada colokan listriknya maka solusinya paling beli baterai baru.

Pada permasalah nomor 2 memang kerap kali terjadi pada pemakai hotpsot. Dengan alasan cuek, mereka dengan senang memutus koneksi orang lain dengan tujuan agar koneksinya lebih cepat. Tentulah ini sangat tidak bisa kita terima karena telah mencuri koneksi orang lain tanpa izin.

Sebagai pengguna Linux khususnya Ubuntu patutlah berbahagia karena kita dimanjakan dengan adanya tools untuk menangkal serangan nomor 2 yaitu dari netcut. Dengan tools ini kita dapat menangkal serangan jahat tersebut bahkan kita dapat membalas balik kepada pelakunya. Apalagi kita tahu bahwa linux memiliki peralatan mematikan dalam berinternet maka janganlah main-main dengan kita-kita ini😀 . Sampai lupa, tools ini memiliki nama TUXCUT!

Untuk memasang tools Tuxcut ini kita perlu mengunduh beberapa file karena tools ini tak tersedia di dalam repository. Adapun file pendukung yang harus di unduh yaitu arp-tables. Untuk jelasnya langsung aja kita masuk ke meja operasi

– Kita install dulu paket arp-scan , arptables & dsniff , keduanya ada di dalam repository. Untuk menginstall keduanya bisa ketik di terminal

sudo apt-fast install arp-scan dsniff arptables (bagi pemakai apt-get silahkan ganti apt-fast dengan apt-get)

-Setelah 3 paket telah diinstall maka tinggal kita install saja Tuxcut. Unduh dulu Tuxcut .deb di sini & pilih yang TuxCut-3.2_all.deb. Lalu kita install file tersebut dengan klik 2 kali pada file TuxCut-3.2_all.deb atau bisa dengan mengetikan di terminal

sudo dpkg  -i TuxCut-3.2_all.deb

jangan lupa untuk mengisi password anda lho.

Tak lupa saya mengingatkan bila pada saat proses install TuxCut-3.2_all.deb terjadi masalah seperti kurangnya paket pendukung maka ketikan saja di terminal untuk mengunduh kekurangannya & baru TuxCut-3.2_all.deb nya diinstall😀 .

sudo apt-fast install -f (bagi pengguna apt-get silahkan ganti apt-fast dengan apt-get)

Tadaaaaaaaaaaa!semua proses install telah selesai & kita tinggal membuka Tuxcut dengan mengetikkan sudo tuxcut di terminal atau anda bisa membukanya di aplikasi>aksesoris>tuxcut. Bila tidak ada tuxcut di situ maka anda bisa membuat launchernya sendiri yak😀

Berikut tampilan Tuxcutnya ada di atas, untuk mengamankan koneksi kita tinggal beri centang pada  protect me. Untuk menghajar penjahat netcut tinggal pilih koneksi si penjahat lalu CUT!

12 pemikiran pada “Mengamankan Koneksi WIFI Ubuntu dengan Tuxcut

  1. salam kenal mas…

    artikel diats bgs skli & pgn nyba ni. cma smpe skrg sy g tau gmna carana konek lucid lynx sy k wifi hotspot? detek lgsg ato ad settingn dulu mas? tlg kasi tau carany y? dimikocok 7, bs lgsg detek & konek….(soalnya risih bgt make ni mikocok…walau legally)

    makasih yck….

    1. untuk koneksi wifi tergantung pada chipset wifinya, kalo atheros biasanya sih sudah detek.tetapi kalo chipsetnya broadcom maka perlu menginstall paket2nya dulu.

  2. wah ternyata sama bro ezra..dulu dikampus juga sering “perang cut-cut’an”
    siip bro yogieza..bisa untuk proteksi diri nich tuxcut..

    sedikit info aja, lok mw lihat packet (capa yang download alias yang bikin lemot) bisa instal etherape….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s