Hormaaaaaat GRAK!(telapak tangan juga hormat). Itulah sebaris command voice saat kita melakukan upacara bendera hari senin saat kita sekolah dulu. Sungguh suatu sikap menghormati bangsa negara ini yang sangat membanggakan(serius, mata saya berkaca-kaca menulis ini). Pernah sahabat saya beberapa waktu yang lalu memposting status di Facebook yang mempertanyakan kenapa kita harus membela negara?pada saat itu saya dengan cepat langsung memberi komentar tanpa basa-basi yaitu karena anda hidup, makan & berkediaman di dalamnya. Sungguh saat itu semangat saya akan loyalitas terhadap negara ini berkobar terpecut komentar saya sendiri. Ya loyalitas, itulah sesuatu yang patut kita berikan pada bangsa ini. Bukan hanya devisa, penghargaan atau pemberantasan tikus-tikus kantor saja yang diterima oleh ibu kita. Melainkan pula sikap loyal kepada negara ini juga sesuatu yang sangat sangat penting. Pernah saya membaca ungkapan orang bijak di kaskus, ungkapannya yaitu bangsa Indonesia adalah harimau tidur. Saya sangat percaya akan ungkapan ini karena sesiapa saja yang membuat marah macan Indonesia niscaya akan menerima terkaman cakarnya kendati berhadapan dengan beribu nuklir & gertakan sambal. Sungguh saya cinta sekali kepada negara Indonesia!(mata saya kembali berkaca-kaca lagi).

Kembali ke dunia Linux lagi, tak hanya di dunia sana semangat akan loyal kepada negara ini dipupuk. Di dalam mesin berprosesor ini pula kita bisa memerdekakan kebebasannya dengan menggunakan Ubuntu. Jangan pernah lagi mesin komputer kita terjajah dengan piranti lunak yang berbayar tinggi, berlisensi dengan jaminan yang buruk. Mari kita ambil pengalaman dari kisah kemerdekaan Indonesia & kita praktekan pada komputer kita ini.

Ubuntu Indonesia

Untuk mengIndonesiakan Ubuntu kita bisa memulai dengan memakai bahasa default bahasa Indonesia. Kendati hanya perubahan kecil dengan mengganti bahasa tetapi itu juga disebut dengan bentuk loyal kepada bangsa ini. Dengan memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa tatap muka untuk kegiatan sehari-hari tentulah hal yang memudahkan bagi pengguna awam seperti saya ini. Kendati ada yang bilang bahwa dengan memakai bahasa Indonesia menjadi bingung dalam berUbuntu maka tak mengapa. Kiranya dengan pembiasaan diri memakai bahasa ini dalam kehidupan sehari-hari juga akan mengurangi kebingungan itu. Dengan memakai bahasa Indonesia pula kita membuktikan bahwa saya,anda & teman-teman bangga sebagai prajuritnya😀 .

Berikut langkah-langkah memasang bahasa Indonesia ke dalam mesin Ubuntu kita

– Buka Synaptic Package Manager, pada kotak search ketik dengan Indonesia. Muncul daftar paket yang berhubungan dengan Indonesia termasuk bahasanya.

lalu beri tanda centang pada paket-paket berikut ini

1. languange-support-writing-id

2. kde-l10n-id(bagi pengguna desktop KDE)

3. languange-support-id

4. languange-pack-id

5. languange-pack-kde-id(untuk pengguna KDE)

6. languange-pack-gnome-base

7.languane-pack-id-base

8. languange-pack-gnome-id-base

9. languange-pack-kde-id-base

10. openoffice.org-l10n-id

Jika perlu centanglah semua paket yang menerjemahkan ke bahasa Indonesia, setelah itu klik pada Terapkan/Apply untuk menginstallnya. Setelah semua paket penting di atas telah terinstall maka kita tinggal menyettingnya di Dukungan Bahasa/Languange Support di sistem>administrasi>dukungan bahasa/languange support.

Indonesia in Synaptic

Setelah jendela Languange Support terbuka klik pada tab bahasa. Lalu buatlah posisi bahasaIndonesia berada di posisi atas dengan mendragnya.  Klik juga pada tab text, pilih juga di dalam drop downnya bahasa Indonesia & terapkan ke seluruh sistem. Lalu keluar bila telah selesai & log out dulu agar sistem beradaptasi.

Tadaaaaa!Ubuntu kita memakai bahasa Indonesia baik sebagai tatap mukanya sampai menu di Open Office juga memakai bahasa ini. Sungguh suatu hal yang membanggakan bagi kita selaku penghuni Ubuntu Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s