Menurut https://help.launchpad.net/Packaging/PPA Personal Packages Archives atau yang disebut dengan PPA ini adalah pengelolaan arsip paket aplikasi yang dibuat oleh pribadi. Mudahnya yaitu kita dapat membuat suatu source aplikasi/paket kemudian kita menguploadnya ke launchpad.net & launchpad.net akan membuat file binariesnya yang kemudian akan diletakkan pada repositori apt kita. Bila seseorang menginstall aplikasi yang kita buat maka dia akan menerima update paketnya bila kita memang memberi update pada paket kita.

Aplikasi yang tersedia di launchpad.net ini cara penginstallannya sama seperti aplikasi pada Ubuntu. Kita tinggal memasukan apt-repositori ke dalam Synaptic, mengupdate lalu menginstall aplikasinya. Misalnya saya ingin memasang PPA dari Gnomenu, maka saya tinggal menambahkan saja apt repositori yang paketnyaa dibuat oleh team Gnomenu. Saya akui dengan adanya PPA ini kita sangat terbantu dalam memiliki aplikasi yang di support oleh perseorangan yang tidak di support oleh Ubuntu.

Dari sekian ribu PPA yang ada tentulah kita bingung mau mencari aplikasi yang kita perlukan & dimana letaknya. Tak mungkin bila kita masuk ke launchpad.net & mencarinya satu per satu. Misalnya saya ingin mencari PPA dari globalmenu maka kita bisa mengetahuinya lewat search pada launchpad.net. Tetapi itu belum selesai karena kita perlu mengeceknya terlebih dulu mana yang benar-benar PPA globalmenu yang sesuai dengan distribusi kita. Oleh karena hal tersebut pada kali ini saya akan membahas tentang memasang PPA Finder yang berintegrasi dalam terminal. Untuk PPA Finder versi GUI akan saya bahas setelah postingan ini.

ppasearch in action!

– Pastikan anda memakai sistem operasi Ubuntu Linux, untuk OS lain macam Windows atau Macintosh harap menepi dulu. Jangan lupa untuk untuk menghubungkannya dengan internet aktif😀

– Buka terminal anda lalu ketik

sudo add-apt-repository ppa:wrinkliez/ppasearch

lalu enter.

– Setelah proses add apt repositori selesai dilanjutkan dengan mengupdatenya dengan mengetik

sudo apt-fast update (bagi anda yang menggunakan apt-get silahkan ganti apt-fast dengan apt-get)

– Bila proses update selesai maka diteruskan dengan mengetik

sudo apt-fast install ppasearch

lalu enter. Proses install akan berlangsung &  akan selesai dengan sendirinya. Setelah installasi aplikasi ppasearch ini selesai maka dilanjutkan dengan mengujinya

Pada contoh dibawah ini saya akan mencoba untuk mencari PPA Globalmenu. Pada terminal saya ketik

ppasearch globalmenu

lalu saya enter. Kemudian muncul daftar PPA yang berhubungan dengan globalmenu & di bagian bawah terdapat pertanyaan

Which one would you like to install?

PPA globalmenu yang saya cari ada pada list nomor 2, lalu saya ketikan angka 2 lalu enter. Kemudian ada pertanyaan seperti ini

Are you SURE you want to add ppa:globalmenu-team/ppa to your Software Sources? [Y/N]

lalu saya ketik Y untuk memasukan PPA globalmenu ke dalam sumber piranti lunak Ubuntu & isi pasword anda. Kemudian Ubuntu akan melakukan proses eksekusi & meminta kunci gpgnya. Setelah selesai ada pertanyaan
Do you want to update your sources now? [Y/N]
tekan Y untuk mengupdate paketnya.  Proses update akan berlangsung & setelah selesai tinggal kita install aplikasinya dimana saya mengetikkan di terminal
sudo apt-fast install globalmenu
Demikianlah contoh dari saya tentang proses mencari PPA hingga menginstallnya. Semoga dengan adanya paket ppasearch ini semakin membuat pengguna Ubuntu semakin rajin ngoprek selalu.
Sumber : klik di sini

Tinggalkan Balasan

