Saking rajinnya ganti-ganti tampilan desktop saya selalu menginstall tampilan baru yang saya temukan di Synaptic. Rasa penasaran yang begitu tinggi pada tampilan Ubuntu membuat saya gelap mata & space file sistem tinggal sedikit. Hingga suatu saat saya mencoba tampilan baru yaitu e16, sebuah tampilan sederhana yang mirip dengan e17.

e16

Setelah saya sukses menginstall e16 langsung tanpa ampun saya mencobanya & tampaklah desktop yang sederhana, ringan serta segar😀 . Puas bermain-main dengan e16 saya kembali menggunakan desktop GNOME lagi & dari sinilah awal masalah terjadi. Ternyata setelah saya memakai wajah GNOME seperti ada masalah karena panel Ubuntu GNOME tertindih oleh panel dari e16. Seharusnya setelah saya memakai session GNOME tuh panel e16nya gak ikutan nampang. Langsung saja saya sibuk untuk mengembalikan si ubuntu GNOME ini menjadi normal.

Setelah sekian lama ngoprek tak kunjung selesai akhirnya saya menemukan cara untuk membebaskan GNOME dari belitan si e16. Dengan sedikit merubah konfigurasi maka tampilan e16 pun lenyap tak berbekas. Berikut cara yang saya ambil

desktop>gnome>session>requires_components

– tekan tombol alt+f2, lalu ketik gconf-editor lalu enter. Muncul jendela konfigurasi editor

– lalu klik pada tab desktop>gnome>session>required_component. Pada keterangan required_components  di sebelah kanan klik pada window managernya & saya ganti dengan metacity. Sebelumnya di window managernya tertulis e16 & inilah penyebabnya panel e16 ikutan nampang di GNOME saya. Oleh karena penggantian di konfigurasi tersebut maka saya nyatakan telah solved, Ubuntu saya kembali perawan lagi tanpa dibuai oleh e16.

Semoga tulisan kecil ini dapat bermanfaat terutama bagi teman-teman yang mengalami nasib yang serupa dengan saya.  Terima Kasih😀

2 pemikiran pada “Mengembalikan Tampilan Ubuntu Setelah Install e16

Tinggalkan Balasan

