Tidak semua kartu grafis dapat menjalankan efek Compiz Fusion karena beberapa sebab. Penyebabnya bisa karena VGA itu belum support Compiz atau bisa jadi malah VGA tersebut telah di blacklist oleh Compiz Fusion sendiri karena tidak bisa menjalankan efek tersebut. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui VGA komputer kita siap menjalankanefek Compiz Fusion atau belum.

Cara termudah untuk mengecek efek Compiz Fusion yaitu dengan klik kanan pada desktop>change desktop background>visual effect. Klik pada Normal atau Extra untuk mengaktifkan Compiz Fusion, VGA yang telah support Compiz Fusion maka akan dapat menampilkan efek Compiz misalnya efek Wobbly Windows yang membuat jendela seperti jelly(elastis). Sebaliknya pula pada VGA yang belum mendukung efek ini maka tak dapat memainkan efek Compiz. Adapun untuk VGA yang telah mendukung efek Compiz Fusion ini yaitu VGA Intel, Nvidia serta ATI. Untuk VGA yang belum mendukung efek Compiz Fusion yaitu VGA Sis, Trident serta VIA. Untuk sekedar mengingatkan bila ingin membeli Laptop / PC maka carilah VGA yang support Compiz agar bisa bermain efek ini😀

Cara lain untuk memeriksa support tidaknya komputer kita bisa memakai cara ini yaitu dengan CLI atau menggunakan terminal. Tak sulit kok untuk mempraktekannya, bila tak percaya baca terus tulisan ini😀

– Pastikan Ubuntu anda memiliki koneksi internet baik dari hotspot, dial up ataupun mobile broadband, lalu buka terminal/konsol Ubuntu

– Ketikan di terminal

wget http://blogage.de/files/9124/download -O compiz-check

lalu Enter. Kita akan mengunduh script compiz check

– Setelah script terunduh dilanjutkan dengan memberi hak eksekusi, ketik di terminal

sudo chmod +x compiz-check

lalu enter. Pastikan tak ada error pada pemberian ekssekusi ini

– Kemudian kita jalankan script ini dengan mengetikkan

./compiz-check

lalu enter, proses pengecekan akan terlihat di terminal anda. Bila komputer memang support Compiz Fusion maka tak ada tulisan error-error apapun.

Compiz-check in action!

Sebelumnya saya mengingatkan bahwa sebelum menjalankan script compiz-check ini composition manager harus di matikan terlebih dulu. Karena ada kasus ketika saya menjalankan script ini terjadi warning yang intinya menyuruh saya untuk mendisable fitur composition manager di gconf editor. Untuk mendisable Composition Manager telah saya bahas pada postingan tentang memasang Cairo Dock .

Demikianlah langkah-langkah mengecek Compiz Fusion ini, selamat bagi teman-teman yang memiliki komputer yang bisa memainkan efek ini. Bagi yang belum bisa memainkan Compiz Fusion maka bersabarlah, bila tak sabar maka upgrade saja komputernya😀 .

Sumber http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbthreads.php/topics/36602/1


		

13 pemikiran pada “Mengecek Compiz Fusion di Komputer Ubuntu kita

  1. gan, buat background kyk pnya agan itu gmn?, kok bacground nya bsa dgnti dgn wallpaper? mksudnya bacground yang di atas Gambar awan itu lho, di compiz cube 3D nya, klo pnya saya cma hitam ma putih aj?

  2. gan,compiz ane kenapa y?
    ane dah cek compizna seperti tutorial yg di atas g ada masalah tapi pas di ccsmnya g jalan?
    mohon bantuannya gan,sebelumna makasih atas bantuannya

  3. maaf ni gan ane mau tanya, sebelumnya compiz ane fine2 aja, tapi abis updgrade jadi desktop could not be bla..bla..bla, itu kenapa ya gan?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s