Salah satu resep rahasia para pengguna Ubuntu Linux dalam mendongkrak keindahan dekstopnya yaitu dengan memasang Globalmenu. Sejatinya Globalmenu ini sama fungsi & tampilannya juga mirip dengan tampilan Macintosh, oleh karena itu tak salah bila gelar Mac like akan disematkan bagi pengguna Globalmenu ini. Adapun pengertian mudah Globalmenu yaitu letak menubar pada setiap jendela aplikasi pindah pada panel atas Ubuntu, semoga teman-teman dengan pengertian yang saya maksud😀 . Untuk memiliki tampilan Global menu ala Mac ini bisa dengan memasangnya via PPA. Itu adalah cara yang biasa ditempuh untuk memasang Globalmenu, tetapi saya kemarin baru melihat cara baru untuk membuat tampilan seperti Globalmenu tapi tidak memasang Globalmenu. Oleh karena itu saya menjuluki cara ini cara yang licik hehehehe . Cara yang akan kita pakai ini tidak menggunakan PPA melainkan hanya menginstall 3 paket tambahan, lalu menyetting panel atasnya sedikit.

Okey cukup, langsung saja ke tkp yak

– pastikan anda memakai OS Ubuntu Linux, bukan Kubuntu, Xubuntu ataupun Lubuntu.

– koneksikan dengan internet & buka terminal  dan ketik command ini

sudo add-apt-repository ppa:ppa:canonical-dx-team/une

lalu enter, isi dengan password lalu enter lagi.

setelah proses di atas selesai dilanjutkan dengan mengupdate paketnya dengan menulis command

apt-fast update

lalu enter, kemudian ketik perintah di bawah ini untuk memasang paket yang kita perlukan

apt-fast install appmenu-gtk  indicator-appmenu  indicator-applet-appmenu

lalu enter, isi password & saksikan proses installnya dengan tetangga terdekat  :D . Oh iya bagi pemakai apt-get silahkan anda ganti apt-fast dengan apt-get yah.

– setelah ketiga paket tersebut telah terinstall maka selanjutnya kita pindah target ke panel atas Ubuntu. Klik kanan pada panel atas Ubuntu>masukan ke panel>masukan Indicator applet appmenu, seketika Globalmenu gadungan ini langsung muncul di panel atas tadaaaaaaaaaa!.  Berikut gambar yang saya ambil ketika membuka abiword, menubarnya pindah ke panel atas tuh😀 .

Dengan munculnya Globalmenu versi 2 ini maka selesailah juga tulisan ini. Semoga teman-teman yang mencoba langkah-langkah di atas akan sukses dengan hati senang. Terima kasih😀 .

8 pemikiran pada “Indicator Applet Appmenu : Penggantinya Globalmenu di Ubuntu

  1. salam kenal. Mas aku coba trik diatas ternyata gagal hasilnya sbb :
    djuhdie@ubuntu:~$ sudo apt-get install appmenu-gtk indicator-appmenu indicator-applet-appmenu
    [sudo] password for djuhdie:
    Reading package lists… Done
    Building dependency tree
    Reading state information… Done
    E: Couldn’t find package appmenu-gtk

    saya pake lucid dan untuk tampilan menambahkan macbuntu 10.04+screenlets, apa ini berpengaruh?mohon pencerahannya thaxs

    1. ohhh, terima kasih banget atas koreksinya.
      solusinya akan saia tulis nanti malam, so tunggu yah😀
      eh kelamaan, saia tulis aja juga di sini.
      saya lupa karena paket tersebut tersedia dalam PPA yang saya benar2 lupa kapan menaambahkannya, tahu2 pas install dah jadi. jadi untuk menginstall ketiga paket tersebut kita perlu menambahkan ppa ini di software sources. buka terminal lalu ketik
      sudo add-add-repository ppa:canonical-dx-team/une
      dilanjut dengan mengupdatenya.baru kemudian install ketiga paket tersebut.
      sekali lagi terima kasih atas koreksinya😀

  2. mas, tdi saya sudah berhasil install appmenu sesuai panduan di atas..,
    tetapi, ketika sya klik kanan di panel atas>masukkan ke panel.., koq dlam dftar tdak mncul “indicator applet appmenu”…????
    mhon pncerahannya untuk mengaktifkan appmenu nya..,

  3. saya sudah install dan tidak ada malsah dalah proses installasi namun sedikit kendala pada saat saya membuka firefox, thunderbird & oo writer manu masih tetap ada di halaman aplikasi tidak pindah ke atas ya..

    untuk atasi itu gimana ya mas togi

    salam kenal mas🙂

    1. memang bener bahwa globalmenu/appletmenu tidak mempan di beberapa aplikasi seperti forefox dll.saya bernah baca kalo tidak salah di omgubuntu.co.uk ato webupd8.org ada cara untuk membuat globalmenu aktif pada firefox.silahkan googling yak, soalnya saya lupa gak bukmak.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s